Renovasi Dapur & Kamar Mandi Kantor

Cara termudah untuk mendesain kamar mandi adalah berkonsultasi dengan ahlinya. Akan tetapi melakukan hal ini sepertinya perlu pertimbangan lagi karena biaya yang harus dikeluarkannya tentu tidak murah, terlebih konsultasi ini diluar biaya proses renovasi. Untuk itu, hal pertama yang harus kamu lakukan ketika merencanakan kamar mandi adalah bagaimana akan menggunakannya. Kamar mandi adalah satu ruangan yang paling sering digunakan dalam sebuah rumah. Penghuni rumah terkadang perlu menggunakan kamar mandi dalam waktu yang bersamaan pula, yang artinya hal ini bisa memicu “persaingan” dalam rutinitas harian keluargamu jika kamu tak merencanakannya dengan benar. Sebaiknya ketahui dulu apa yang harus kamu lakukan dan faktor apa yang akan berpengaruh pada desain kamar mandi rumahmu. Mengetahui hal itu tentu akan mempengaruhi desain kamar mandimu nantinya misalnya terkait material apa yang kamu gunakan dan dimana kamu memakainya. Berikut ini 4 faktor utama yang akan berpengaruh terhadap desain kamar mandi rumahmu :

Letak

Posisi kamar mandimu secara relatif akan berpengaruh pada seberapa efisien dan bermanfaatnya ruang ini. Idealnya, kamar mandi terletak di dekat ruangan lain dimana air dipergunakan disana misalnya dekat dapur atau ruang cuci pakaian. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah penempatan sistem pemipaan, dimana sebaiknya letaknya tak terlalu jauh, terutama jika kamu akan memasang sistem air panas. Sistem pemipaan yang berdekatan tentu akan lebih efisien dan juga biayanya lebih murah.
Lokasi lain yang cocok bagi penempatan kamar mandi adalah di dekat kamar tidur agar mudah digunakan. Misalnya jika kamu terbangun di tengah malam dan ingin ke kamar mandi, kamar mandi di dekat kamar tidur tentu akan mempermudahmu.

Shower Kamar Mandi
Shower Kamar Mandi | Gbr : Proyek Reka Persada

Ukuran dan Layout

Berapa banyak ruang yang kamu punya akan berpengaruh juga pada penentuan kamar mandi. Ukurlah kemudian gambar sketsa kasar akan seperti apa layout dan bentuknya. Pastikan juga untuk menggambar posisi seperti apa pintu akan dibuka-tutup karena jika sudah terpasang pintu luar, kemudian tiba-tiba ganti pintu bukaan dalam belum tentu juga hal ini bisa dilakukan.

Jika ingin menambahkan ruang khusus shower (biasanya dengan pintu kaca), artinya kamu harus menyediakan ruang minimal 900mm x 900mm di dalam kamar mandi. Kecuali jika kamar mandimu memang didesain berukuran besar, kamu tinggal meletakkan ruang shower di bagian sudut.

Jika kamu ingin kamar mandi dengan shower namun tak punya ruang yang cukup besar, pasanglah shower diatas bak mandimu, dan jika kamu ingin menambahkan meja rias dan perlengkapan lainnya, pastikan kamar mandimu berukuran lebih besar lagi.

Kamar Mandi Dengan Toilet Duduk
Kamar Mandi Toilet Duduk Cocok Untuk Orangtua | Gbr : Proyek Reka Persada

Jumlah penghuni

Dalam sebuah keluarga terkadang kebutuhan kamar mandinya berbeda-beda. Misalnya rumah yang penghuninya terdapat lansia tentu berbeda kebutuhannya dengan kamar mandi yang hanya untuk satu penghuni saja. Untuk itu, pertimbangkanlah hal ini. Rumah dengan penghuni yang banyak akan lebih baik memiliki kamar mandi lebih dari satu di tempat yang berbeda.

Space Khusus Disediakan Untuk Shower Room
Space Khusus Disediakan Untuk Shower Room | Gbr : Proyek Reka Persada

Biaya dan waktu

Tak hanya uang yang perlu kamu persiapkan, tetapi juga waktu. Berapa banyak uang yang akan kamu keluarkan, tentunya hal ini berbeda tiap orangnya. Yang perlu diperhatikan adalah mengubah/merenovasi kamar mandi jika tak terkontrol dengan bijak akan menyebabkan biaya yang membengkak.

Pertimbangannya misalkan apakah kamu perlu menggunakan lantai marmer, jika kamu bisa mendapatkkan tampilan seperti yang kamu bayangkan hanya dengan keramik berdesain serupa? Pemikiran seperti ini harus kamu pikirkan bila tak mau biaya renovasi kamar mandi membengkak dari perkiraan awal.

Jika kamu membangun rumah baru dengan kamar mandi tentunya, masalah waktu tentu tak menjadi kendala. Namun jika penambahan kamar mandi adalah tindakan renovasi maka pastilah kamar mandi lama tak bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu. Artinya kamu tentu harus mencari kamar mandi alternatif. Jika kamu terpaksa harus menyewa kamar mandi tetangga atau terpaksa tinggal di kontrakan, artinya biaya ini harus masuk ke anggaran pengeluaranmu.

Semakin cepat waktu renovasi tentu semakin baik, tetapi dalam beberapa kasus kamu setidaknya harus menunggu 1 hingga 2 minggu. Pastikan pekerjaan renovasi dilakukan dengan benar daripada cepat-cepat namun proses renovasinya tak rapi.

Terakhir, pastikan kamu sudah yakin benar dengan apa yang kamu inginkan sebelum memulai renovasi. Mengubah rencana setelah pekerjaan renovasi telah dimulai akan membutuhkan biaya tambahan yang tak sedikit. Usahakan pekerjaan renovasi sesuai batas waktunya.

Sumber : build.com.au/how-plan-your-bathroom | dengan banyak penyesuaian

Terima kasih telah membaca artikel Tips Merencanakan Renovasi Kamar Mandi. Jika Kamu ingin bangun rumah dengan style industrial, bangun, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

One Thought on “Tips Merencanakan Renovasi Kamar Mandi”

  • Terimakasih info dan artikelnya, sangat bermanfaat sekali. Ditunggu artikel menarik selanjutnya, kunjungi juga website kami https://jasaarsitekjogja.com/
    sukses selalu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.