Kamar Tidur Yang Sesuai Feng Shui

Tips Menyewakan Rumah – Pernahkah kalian mendengar online marketplace bernama Airbnb, AiryRoom, Nida Room dan semacamnya yang mungkin akhir-akhir ini banyak kita lihat dan dengar di internet maupun televisi? Jika online marketplace yang kita tahu biasanya menjual barang-barang rumah tangga, alat elektronik, kosmetik dan sebagainya, marketplace yang kami sebutkan tadi menawarkan jasa akomodasi penginapan, menghubungkan antara pihak yang ingin menyewa sebuah tempat dengan pihak yang ingin menyewakan tempat tinggalnya bisa berupa menyewakan rumah, apartemen, maupun kamar pribadi saja. Bagi kamu yang punya rumah yang tak ditinggali, punya apartemen yang kadang dihuni kadang tidak, dan ingin mendapatkan income atau pemasukan meski saat rumah tak ditinggali, kamu bisa memanfaatkan online marketplace ini.

Bagaimana cara menyewakan rumah, apartemen maupun kamar pribadi? Untuk melakukannya, kamu bisa mendapatkan informasinya dan mendaftarkan diri melalui website marketplace pilihanmu, kemudian tinggal ikuti ketentuan mereka. seperti menyertakan foto, lokasi, dan sebagainya. Setelah tergabung dengan marketplace tersebut, saat menyewakan rumah nanti tentunya ada berbagai pertimbangan yang membuat rumahmu laris disewa orang. Biasanya, pada marketplace tersebut menyediakan pilihan semacam rating dan review berupa tulisan orang yang pernah menyewanya untuk menilai seberapa bagus rumah tersebut. Nah, agar rumahmu laris disewa, dan minim akan review negatif, ada hal yang perlu dipersiapkan.

Perlukah benar-benar memperhatikan review negatif konsumen? Jawabannya adalah sangat perlu, karena seringkali review negatif didapatkan hanya karena kesalahpahaman antara pemilik rumah dengan penyewa padahal review negatif sangatlah merusak rating rumah yang disewakan. Namun, hal ini bisa dicegah. Jika ingin mendapatkan banyak review baik, penting untuk membuat tamu kalian sebagai prioritas utama. Artinya, hal ini erat kaitannya dengan ekspektasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan penyewa. Untuk memenuhi ekspektasi tersebut ada beberapa kunci untuk melakukannya, berikut informasinya :

Berkomunikasi
Ilustrasi Berkomunikasi | Gbr : Pinterest 

Komunikasi
Perlihatkan secara detail dan akurat mengenai informasi rumah yang kamu sewakan misalnya layanan yang tersedia seperti wifi, dekat dengan toko, ada tempat tidur tambahan, dan sebagainya. Dengan informasi detail, orang yang akan menyewa tak perlu repot-repot menjelajahi review secara rinci untuk menemukan apa yang sebenarnya mereka cari.

Kamu bisa juga mencantumkan foto sederhana terkait pemandangan jalan sekitar rumahmu untuk menunjukkan dimana rumahmu berada. Kalau perlu, tanyakan apakah akan check-in sendiri atau perlu dibantu untuk mengelilingi rumah, sambil mengenalkan fasilitas yang tersedia di rumah tersebut. Jika memungkinkan, buatlah sedikit percakapan dengan tamu untuk mengungkapkan apa yang menarik di sekitar rumah, bagaimana transportasi maupun layanan publik lain disekitarnya.

Jaga Kebersihan
Ketahuilah, tamu yang menyewa rumahmu bisa berasal dari latar belakang dan kebutuhan yang berbeda-beda, mungkin awalnya ingin memilih hotel namun karena berbagai hal akhirnya memilih rumahmu dari online marketplace yang menyediakannya. Terkadang justru hal inilah yang menjadi ekspektasi mereka saat tinggal dirumahmu. Mereka mengharapkan kebersihan rumah setara dengan kebersihan di hotel. Untuk itu, pastikan rumahmu selalu bersih dan tidak berbau. Jika memungkinkan, siram juga tanaman disekitar rumahmu, bersihkan jendela dari debu. Cek juga dapur dan kamarmandinya. Pastikan sebelum dipakai oleh tamu, dirumahmu tak terdapat peralatan mandi dan piring kotor bekas pakai yang belum dibersihkan.

Selimut Ekstra Bagi Penyewa Rumah di Online Marketplace
Selimut Ekstra Bagi Penyewa Rumah di Online Marketplace | Gbr : Pinterest  

Fasilitas Ekstra
Fasilitas tambahan yang tak biasa mungkin akan membuat tamu lebih terkesan misalnya dengan menambahkan ekstra selimut, bahan/bumbu masakan dasar di dapur, dan sebagainya. Jika hal-hal seperti ini belum terpikirkan lakukanlah mulai sekarang. Hal seperti ini terkesan sepele namun membekas pada tamu karena merasa diperhatikan dan cukup bisa dibilang sebagai “investasi” karena berefek pada konsumen mendapat kesan baik dari rumah kita, yang secara otomatis berimbas pada review baik pula pada online maketplace-nya yang tentunya bisa dilihat oleh siapa saja yang nantinya akan menyewa rumahmu.

Jika kamu tak yakin apa yang harus ditawarkan, kamu bisa melakukan penelitian kecil-kecilan dengan cara menanyakannya pada tamu sebelumnya. Dengan menerima masukan tamu sebelumnya lalu identifikasikan sendiri faktor apa yang penting untuk ada di rumahmu ini, harapannya rumahmu akan laris disewa.

Menyewakan Rumah Apartemen Kamar Pribadi di Online Marketplace
Gunakan jasa cleaning servis bila memungkinkan
Gbr : Pinterest
 

Gunakan Jasa Ahli
Melibatkan jasa profesional adalah cara paling mudah untuk memastikan rumahmu sesuai keinginan tamu. Terutama untuk kamu yang sibuk dan tak sempat merawat rumah yang disewakan, jasa profesional dapat melakukannya dengan lebih detail. Misalnya kamu bisa menyewa jasa cleaning service dan semacamnya bila memang diperlukan. Namun, pastikan biaya jasa tadi sebanding dengan income yang kamu terima saat rumahmu disewa nanti.

Semakin banyak review positif yang kamu dapatkan tentunya semakin sering permintaan sewa rumah yang akan kamu terima. Namun meraih hal ini tentunya butuh waktu dan usaha yang ekstra. Tak ada salahnya mencoba hal diatas kan?

Terima kasih telah membaca artikel Tips Menyewakan Rumah di Online Marketplace. Jika Kamu ingin bangun rumah untuk disewakan kembali ke online marketplace seperti diatas, atau untuk tujuan lainnya, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.