Renovasi Rumah Bagian Kamar & Dinding Atap di Jogja Reka Persada

Terkadang saat sudah lama tinggal di sebuah rumah, seseorang juga bisa merasa bosan dengan tampilan eksterior rumahnya (fasad). Ada berbagai cara untuk meningkatkan tampilan rumah, dan sebenarnya proses tersebut bisa menjadi rumit jika renovasi yang akan dilakukan tidak hanya sekedar mewarnainya dengan warna cat baru.

Masalah terbesar yang sering kali orang lakukan biasanya disebabkan oleh ketidaktahuan akan memulainya dari mana. Ada banyak kemungkinan yang bisa dilakukan dan bila minim informasi, kamu tak tahu akan sebanyak apa biaya yang harus dikeluarkan dan akan seberapa berpengaruhnya terhadap hasil akhir dari tampilan rumahmu nantinya.

Sebelum mulai merenovasi fasad rumah, tanyakan pada dirimu sendiri beberapa pertanyaan berikut :

Apa yang tak kamu sukai dari rumahmu?

Jangan melihat hal ini secara keseluruhan rumahmu, karena hal tersebut akan membuatmu tidak fokus dan bisa menghabiskan banyak biaya. Sebaliknya, coba lihat hal-hal kecil yang mungkin tak kamu sukai, misalnya apakah pemasangan plafon terlalu tinggi atau terlalu rendah? Apakah kamu tak suka dengan kusen jendelanya? Apakah batu alam di dinding luar malah mengurangi keindahan karena kotor? dan sebagainya.

Apa yang kamu suka dari rumahmu?

Adakah elemen yang bisa kamu ubah? Atau sebaiknya dibiarkan saja karena sangat menyukainya? Misalnya kamu suka dengan taman rumahmu yang indah, suka bentuk dan gaya rumahmu dan tak ingin mengubahnya.

Style seperti apa yang kamu ingin dapatkan?

Mencari referensi dari internet kemudian mengumpulkannya menjadi satu adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan. Jangan takut bila gambar-gambar referensimu cukup banyak, setidaknya nanti kamu akan tahu seleramu akan mengarah kemana. Mintalah bantuan jasa desainer rumah untuk berkonsultasi dengan referensi gambar-gambar yang kamu sukai tadi.

Bagaimana cara mengubah hal yang sudah dimiliki menjadi hal yang kamu inginkan?

Perlu keterampilan khusus untuk melakukan hal ini, untuk itu sebaiknya gunakan jasa profesional. Pada akhirnya, tujuanmu adalah ingin memaksimalkan poin plus pada rumahmu, sementara itu mengubah, menyembunyikan atau menyamarkan hal-hal yang tak kamu suka pada rumahmu itu, lalu memadukannya dengan style baru yang kamu inginkan. Hal utama yang perlu diingat disini adalah tiga prinsip ini :

  • Fokus : Buat satu titik fokus pada tampilan rumahmu. Jangan terlalu banyak ornamen/penghias dan juga warna.
  • Seimbang : Pastikan fasad rumah seimbang secara visual. Tidak berarti harus simeris, namun kamu bisa membuatnya seimbang dengan memadukan warna dan material yang kamu pilih.
  • Pengulangan : Ulangi warna, material dan bentuk pada keseluruhan desain. Coba setidaknya 2 elemen di tiap warna/material yang kamu gunakan, dan gunakan maksimal 3-4 warna pada total untuk keseluruhan rumah.

Berikut ini beberapa contoh dari proyek renovasi Reka Persada yang menerapkan beberapa poin diatas :

Before After Renovasi Rumah
Contoh 01 : Setelah & Sebelum Renovasi | Proyek Reka Persada

Contoh 01 : Pada proyek renovasi rumah diatas pada bagian Before (Sebelum Renovasi), terlihat atap bagian teras menggunakan material kayu dan terlihat sudah lapuk, kemudian direnovasi dan menggunakan cor beton lalu diberi variasi batu alam pada dindingnya seperti yang terlihat pada bagian After. Tiangnya tetap menggunakan warna putih seperti pada dinding lamanya agar seimbang.

Fasad Rumah Setelah Renovasi Rumah Dinding Atap di Jogja Reka Persada
Contoh 02 : Setelah Renovasi | Proyek Reka Persada
Sebelum Renovasi Rumah Bagian Kamar & Dinding Atap di Jogja Reka Persada
Contoh 02 : Sebelum Renovasi | Proyek Reka Persada

Contoh 02 : Untuk rumah diatas, selain renovasi pada bagian dalam rumah, fasad rumah juga direnovasi yaitu pada bagian teras yang dicor atapnya, serta ditambah dinding teras yang awalnya tidak ada, kemudian dibuat dinding dengan kaca berwarna hitam. Kemudian pada bagian pagar oranye diganti dengan warna hitam dan diberi plastik fiber.

Sumber : domain.com.au (dengan tambahan)

Terima kasih telah membaca artikel Tanyakan Hal Ini Sebelum Renovasi Fasad Rumah. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.