Tips Merapikan Pakaian

Renovasi Sendiri – Renovasi rumah terkadang tak terhindari untuk dilakukan. Saat kamu ingin merenovasi rumah dengan sekedar mengecatnya, melakukannya sendiri terkadang justru menghabiskan banyak waktu, melelahkan dan terkesan lebih mahal. Mengapa? Merenovasi rumah memang beresiko menghabiskan uang lebih banyak dari seharusnya karena meski di website maupun beragam sosial media, melakukan DIY (Tutorial mengenai suatu hal yang bisa dilakukan sendiri dirumah) terkesan mudah yang akhirnya kamu tergoda untuk memilih melakukan renovasi sendiri, padahal sebaiknya dilakukan profesional malah bisa lebih murah.

Tips dari melakukan renovasi rumah adalah ketahui dulu dimana batasanmu. Kamu tak perlu melakukan renovasi rumah secara total hanya untuk membuat rumah terlihat sangat berbeda. Bahkan beberapa perbaikan sederhana yang kamu lakukan dalam waktu singkat juga bisa membuat rumahmu menjadi lebih indah. Misalnya melakukan renovasi sendiri sepulang kerja di sore hari secara bertahap. Melakukan hal itu tak akan menghabiskan banyak waktu dan banyak biaya. Contoh renovasi sederhana yang bisa kamu lakukan antara lain :

Rapikan Lemari & Isinya Renovasi Sendiri
Rapikan Laci/Lemari & Isinya | Gbr : lauraofpembroke.com

Menata laci/lemari

Lihat di sekeliling rumahmu, beberapa dari kita mungkin punya banyak lemari yang tak dimanfaatkan secara maksimal. Padahal di beberapa sudut rumah masih terdapat barang-barang yang tak beraturan. Misalnya charger handphone, kunci, dan berbagai macam barang yang membuat rumah terlihat berantakan.

Meskipun kamu mungkin tak bisa menyisakan waktu beberapa hari/minggu untuk bersih-bersih rumah secara keseluruhan, hanya sekedar merapikan laci meja atau lemarimu, dan meletakkan semua pada tempatnya sudah cukup membantu membuat rumahmu lebih baik karena lebih rapi & bersih. Tetapi, pastikan juga untuk membuang barang-barang yang sudah tak kamu butuhkan dari laci lemari tersebut.

Menambahkan Partisi Kayu Cat Hitam Pada Area Masuk Rumah
Menambahkan Partisi Kayu Cat Hitam Pada Area Masuk Rumah | Gbr : Proyek Reka Persada

Hiasi area masuk rumah

Pintu depan rumahmu adalah hal pertama yang tamu perhatikan tentang rumahmu dan tentunya area ini cukup mudah dirapikan saat tak punya banyak waktu. Misalnya dengan mengecat pintu rumah dengan warna baru, atau sekedar mengecat dengan warna yang masih sama-pun tak apa. Kira-kira, untuk melakukannya hanya perlu waktu setengah sampai satu jam. Sementara kamu menunggu cat mengering, kamu bisa membersihkan teras dan area jalan masuk ke rumahmu. Buang tanaman kering, debu, pasir yang mengganggu keindahan rumah. Pasang keset yang cocok dengan warna baru dari pintu rumahmu itu. Tambahkan juga tanaman dengan bunga atau sekedar tanaman palsu berwarna segar juga sudah cukup. Jika masih punya waktu lebih, kamu bisa mengganti lampu teras dengan yang lebih modern.

Nat adalah rongga di antara keramik
Nat adalah rongga di antara keramik
Gbr : Proyek Reka Persada

Tambal nat dan keramik rusak

Nat kamar mandi adalah salah satu hal yang menunjukkan seberapa tua rumahmu. Seiring waktu wastafel dan nat keramik kamar mandi biasanya rusak atau berubah warna menjadi kuning. Menambal nat baru mungkin tak terlalu membuat tampilan kamar mandi berubah drastis, namun cara ini yang paling cepat untuk membuat kamar mandi rumahmu terlihat lebih bersih. Caranya pun mudah, tinggal mencungkil nat lama dengan kape, bersihkan dengan sikat atau kuas lalu tambahkan nat baru, lalu sapukan spons basah untuk sisa nat yang mengotori keramik.

Bangun Rumah 2 Lantai di Jogja Pintu Kamar
Bersihkan atau Ganti Pegangan Pintu Dengan Yang Baru
Gbr : Proyek Reka Persada

Ganti perabot rumah tangga

Perlengkapan rumah yang terkadang terlupakan seperti pegangan pintu, jendela, dan rak atau lemari ternyata perlu dibersihkan juga mengingat kamu sekeluarga sering menggunakannya. Padahal, hal detail tersebut cukup mempengaruhi tampilan rumah. Jika dirasa perlu diganti, maka lakukanlah. Pilih model yang baru, lalu ganti untuk dapatkan tampilan pintu yang fresh secara keseluruhan.

Mengecat Kabinet Dapur Bisa Membuatnya Terlihat Baru
Mengecat Kabinet Dapur Bisa Membuatnya Terlihat Baru
Gbr : Proyek Reka Persada

Mengecat kabinet (kabinet dapur, kamar mandi, dsb)

Jika kamu merasa mengganti pegangan pintu dll tak cukup memberikan efek pada rumahmu, mungkin kamu perlu mengecat kabinet/raknya. Daripada mengganti kabinet lama dengan baru yang akan membutuhkan banyak biaya, jika kabinetmu masih dalam kondisi yang bagus dan masih berfungsi optimal, kamu bisa sekedar mengecatnya saja untuk mendapatkan tampilan seolah baru. Pastikan memilih jenis cat untuk material kabinetmu dengan benar, misalnya kabinet kayu maka pilih cat untuk kayu. Jangan lupa untuk menutupi gagang pintu kabinet dengan kertas koran atau sejenisnya agar tidak terkena cipratan cat.

Satu Sisi Dinding Dicat Dengan Warna Berbeda Sebagai Feature Wall
Satu Sisi Dinding Dicat Dengan Warna Berbeda Sebagai Feature Wall | Gbr : pinterest.com

Buat feature wall
Feature wall adalah dinding yang dibuat atau dihias secara khusus sebagai daya tarik sebuah ruangan.

Kamu bisa saja mengecat keseluruhan ruangan dengan warna baru untuk mendapatkan kesan ruang yang lebih fresh. Namun hal ini butuh waktu tak sebentar. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menghias satu sisi dinding saja dengan nuansa yang berbeda. Caranya bisa berbagai macam, paling mudah adalah dengan mengecat satu sisi dinding di sebuah ruangan dengan warna yang sedikit kontras dengan sisi dinding yang lain. Namun jika mengecatnya saja terkesan terlalu biasa, cara lainnya adalah dengan memasang wallpaper di satu dinding saja seperti pada gambar diatas.

Contoh Saklar Dicat Sendiri
Contoh Saklar Dicat Sendiri | Gbr : pinterest.com

Ganti saklar

Saklar juga bisa berubah warna dan kotor seiring waktu. Untuk itu, ganti saklar dengan yang baru dapat membuat rumah terlihat berbeda. Tak perlu tukang listrik profesional untuk mengganti saklar. Kamu bisa lakukannya sendiri. Pastikan semua listrik telah dimatikan. Jika tak ingin menggantinya, kamu juga bisa mengecatnya atau menggunakan selotip berkarakter untuk membuat saklar terlihat unik.

Tirai Jendela Terbuat Dari Bambu
Tirai Jendela Terbuat Dari Bambu | Gbr : pinterest.com

Ganti tirai jendela

Jika kamu masih memakai tirai lama, coba ganti tirai jendelamu dengan yang lain. Misalnya dengan tirai bambu yang tetap dapat menutup panas matahari namun tak kehilangan cahaya terangnya. Kamu tinggal mengukur jendelamu, lalu pesan tirai sesuai ukuran dan pasang sendiri.

Atur ulang letak furnitur

Cara renovasi sendiri ini mungkin yang paling tidak membutuhkan biaya, hanya butuh sedikit waktu dan tenaga. Jenis furnitur yang paling banyak berdampak pada tampilan rumah saat diatur ulang misalnya kursi/sofa, rak buku dan meja. Dengan mengatur ulang barang-barang tersebut, rumahmu akan terlihat sangat berbeda dan lebih fresh. Sisi positif dari melakukan hal ini adalah jika kamu ternyata tak suka dengan tampilan baru ini, kamu setiap saat bisa mengubahnya kembali ke posisi semula.

Renovasi sendiri sebuah rumah tak harus selalu berakhir dengan memperbaiki rumah secara keseluruhan dengan jasa profesional. Dengan memanfaatkan waktu luang sepulang kerja dan biaya yang tak banyak, kamu bisa melakukannya sendiri dan mendapatkan tampilan rumah yang berbeda dari sebelumnya. Namun jika renovasi yang kamu ingin lakukan ternyata lebih rumit seperti menambah jumlah kamar tidur, mengganti keramik dinding & lantai kamar mandi, dan semacamnya sebaiknya kamu menggunakan jasa profesional karena akan lebih hemat waktu dan biaya. Misalnya dengan menggunakan jasa Reka Persada Kontraktor Jogja.

Sumber : freshome.com

Terima kasih telah membaca artikel Ingin Rumah Terlihat Beda Namun Renovasi Sendiri? Lakukan Hal Ini!. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.