Pembangunan Rumah 2 Lantai di Jogja Reka Persada Dinding Unfinished

Dinding Unfinished Tips – Dari sekian banyak style dekorasi rumah, salah satu style yang cukup sederhana dan banyak diminati akhir-akhir ini adalah industrial. Style ini menonjolkan tampilan material mentah di dalam sebuah rumah. Dengan dinding semen yang terlihat unfinished yaitu tanpa plamir dan cat, membuat rumah yang menggunakan style industrial terlihat maskulin. Bagi kamu yang berencana membangun rumah dengan style industrial, berikut ini kami berikan tipsnya :

Tentukan Tampilan Dinding
Meskipun style industrial menerapkan penggunaan dinding semen yang apa adanya tanpa warna-warni cat, akan tetapi ada beberapa teknik yang sebenarnya bisa kamu pilih, diantaranya adalah :

Rumah 2 Lantai Dinding Eksterior Unfinished di Jogja Reka Persada 01
Dinding Unfinished Dengan Teknik Acian
Gbr : Proyek Reka Persada
  • Teknik Acian
    Teknik ini adalah yang paling umum digunakan pada dinding rumah dengan style industrial. Cara menerapkannya adalah dengan memplester dulu dinding bata dengan campuran semen dan pasir, kemudian dinding plesteran didiamkan 2-3 minggu agar kering. Kemudian baru dilakukan acian. Pastikan plesteran kering karena jika masih basah akan menimbulkan kerusakan misalnya retak rambut.
Dinding Unfinished Dengan Teknik Garuk
Dinding Unfinished Dengan Teknik Garuk
Gbr : rumahidolaku.com
  • Teknik Garuk
    Jika kamu bosan dengan dinding semen yang halus, rata dan ingin sedikit dinding yang bertekstur di permukaannya mungkin teknik ini cocok bagi kamu. Teknik ini dapat menghasilkan dinding dengan pola horizontal, vertikal, miring, ombak, dan sebagainya. Dinding dengan teknik ini akan terlihat alami dan memberikan nuansa tersendiri. Biasanya teknik garuk cocok diterapkan pada dinding eksterior seperti pada dinding taman. Untuk membuat dinding berpola, seperti namanya cara menerapkan teknik ini adalah dengan menggaruk dinding semen. Dinding yang sudah diaci rata dan setengah kering, digaruk dengan alat seperti trowel bergerigi, paku, lidi, dan sebagainya.
Dinding Unfinished Untuk Eksterior Teknik Kamprot
Dinding Unfinished Untuk Eksterior Dengan Teknik Kamprot
Gbr : Proyek Reka Persada
  • Teknik Kamprot
    Teknik ini menghasilkan dinding yang bertekstur kasar dengan campuran semen dan pasir. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan melempar campuran semen dan pasir ke permukaan dinding yang dipasang kawat ayakan dengan trowel atau sekop. Setelah itu, dinding tak perlu dihaluskan karena memang tujuan melakukan ini adalah membuat dinding tak rata yang disebut kamprot.
Dinding Unfinished Dengan Teknik Kamprot Dipadukan Kusen Coklat
Dinding Unfinished Dengan Teknik Kamprot Sebagai Aksen Yang Dipadukan Kusen Coklat | Gbr : Proyek Reka Persada

Tentukan Furniture Yang Tepat
Dinding yang unfinished cenderung gelap karena tanpa warna-warni cat, sebaiknya pilih elemen pendukung ruang yang lebih terang misalnya pada pemilihan furniturnya atau bahkan dari pemilihan kusen jendela, pintu, daun pintunya, maupun lantai ruang tersebut. warna putih dan coklat muda cocok dipadu-padankan dengan dinding unfinished ini.

Membuat Dinding Unfinished Sebagai Aksen
Jika kamu terlanjur membuat rumah dengan konsep yang biasa dengan keseluruhan dinding telah dicat, dan baru terpikirkan ingin membuat style industrial pada rumahmu setelah semua jadi, tipsnya adalah buat saja dinding unfinished pada satu sisi dinding saja sebagai aksen. Caranya pilih satu sisi dinding ruang tertentu, lapisi dinding langsung dengan semen menggunakan salah satu teknik yang telah kami tuliskan diatas.

Dinding Unfinished Dekat Jendela Agar Dapat Pencahayaan Cukup
Dinding Unfinished Dekat Jendela Agar Dapat Pencahayaan Cukup | Gbr : Pinterest

Beri Cahaya Pada Dinding Unfinished
Dinding Unfinished terlihat unik karena teksturnya. Untuk itu, untuk menunjukkan keunikan ini kamu harus memberinya pencahayaan yang tepat. Misalnya dengan membuat dinding unfinished ini dekat pada jendela yang membawa sinar matahari masuk ke rumah. Jika tidak ada sinar matahari, kamu juga bisa menggunakan lampu yang menyorot ke dinding agar tekstur dinding unfinished tetap terlihat.

Sumber : homify.co.id dan rumah.com

Terima kasih telah membaca artikel Buat Rumah Bergaya Industrial Dengan Dinding Unfinished. Jika Kamu ingin bangun rumah dengan style industrial, bangun, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.