Proses Pemasangan Lantai Vinyl

Lantai untuk dapur rumah – Ada banyak pilihan lantai dapur yang tersedia di pasaran yang membuat kita bingung menentukan yang mana. Saat ingin menentukan memakai lantai dapur yang mana, pertimbangkanlah 2 faktor yaitu fungsi dan daya tahan. Apapun materialnya, lantai dapur rumahmu haruslah yang mudah dirawat dan tahan lama.

Dapur bisa menjadi salah satu ruang paling sering digunakan, terlebih bagi kamu yang suka masak. Untuk itulah, perlu memilih bahan yang tahan lama untuk sering dipijak dari waktu ke waktu. Selain itu, lantai untuk dapur tentu sering terkena tumpahan seperti minyak, saus , bumbu dan semacamnya. Untuk itulah perlu lantai yang mudah dibersihkan. Berikut ini kami berikan tips serta plus minus beberapa pilihan lantai dapur yang paling populer:

– Beton/semen
– Batu
– Keramik
– Vinyl
– Kayu

Selain daya tahan dan kemudahan membersihkan, bagi kamu yang memiliki masalah punggung, memilih lantai dapur yang terdapat bantalan juga dapat meringankan bebanmu saat harus bolak-balik masak di dapur. Berikut ini bahan yang populer digunakan:

– Bambu
– Karpet
– Karet
– Vinyl

Berikut ini kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan lantai untuk dapur:

Lantai Bambu
Jika kamu suka produk yang ramah lingkungan, bambu sangat cocok untuk lantai dapur. Bambu dapat tumbuh sangat cepat, oleh karena itu bambu adalah salah satu material yang sustainable (berkelanjutan) dan ramah lingkungan. Pastikan menggunakan merk yang memiliki reputasi baik dan bergaransi lama.

+ Tahan lama, tampilan cantik, ramah lingkungan, tersedia garansi yang panjang.
– Lantai bambu merk tertentu susah dilipat.

Lantai Karpet
Karena karpet sulit dibersihkan dan dapat menyerap noda atau tumpahan cairan, tak terlalu banyak orang yang menggunakan karpet sebagai lantai dapur. Namun jika kamu suka lantai karpet, pilihlah yang modern.

+ Tahan lama, warna dan tekstur modern, empuk, dapat didaur ulang
– Perlu dibersihkan dan di-vacuum secara rutin

Menggunakan Lantai Semen Pada Rumah Modern Minimalis
Menggunakan Lantai Beton/Semen Pada Rumah Modern Minimalis | Gbr : pinterest

Lantai Beton
Beton memiliki tampilan yang kontemporer. Tidak hanya terlihat kuat namun juga daya tahannya sangat baik. Jika tak suka warnanya yang gelap, kamu juga bisa mengecat lantai beton sesuai keinginanmu.

+ Tahan lama, serbaguna, tahan kelembaban, tampilan kontemporer
– Lebih cepat pegal jika berdiri di lantai beton, dingin, mudah kena noda

Lantai Kayu Laminasi (Parket)

Lantai kayu cukup terjangkau dan tahan lama. Lantai ini mudah dipasang dan tersedia berbagai model, selain itu juga simpel, modern untuk lantai dapur. Pilih lantai kayu laminasi yang bergaransi panjang.

+ Tahan lama, hemat biaya, pilihan banyak, mudah dilepas pasang
– Tidak seperti lantai kayu asli, lantai ini licin dan agak berisi saat diinjak dan juga tidak bisa dipoles ulang

Lantai Batu

Tersedia beragam lantai batu seperti marmer dan sebagainya. Motif dan warnanya yang alaminya, lantai batu adalah salah satu jenis lantai yang membuat lantaimu unik dan menarik. Lantai batu juga sejuk dan cocok saat musim panas.

+ Keras, permukaan tahan lama, mudah dibersihkan
– Batu jenis tertentu mudah terkena noda, perlu diberi sealing/pelapis rutin, beberapa jenis batu mudah pecah

Keramik lantai untuk dapur rumah
Lantai Keramik | Gbr : Proyek Reka Persada

Lantai Keramik

Lantai keramik adalah solusi yang tepat bagi yang tak suka merawatnya karena lantai ini tak butuh perawatan khusus. Lantai keramik mudah dibersihkan, tahan lama dan memiliki tampilan seolah lantai dapur lebih lebar. Lantai keramik model baru bahkan ada yang memiliki motif kayu dari tekstur dan warnanya.

+ Tahan lama, tahan lembab, mudah dirawat, tersedia berbagai warna, model dan bentuk
– Garis nat diantara tiap lantai sulit dijaga kebersihannya karena memasang keramik, garisnya cukup kecil

Proses Pemasangan Lantai Vinyl
Proses Pemasangan Lantai Vinyl | Gbr : pinterest

Lantai Vinyl

Lantai Vinyl terjangkau, ada dalam berbagai tekstur maupun style dan salah satu lantai dapur yang tahan cipratan air. Lantai ini butuh orang yang profesional memasangnya.

+ Tahan air, beberapa motif terlihat seperti kayu asli
– Memiliki kandungan kimia yang berpotensi bahaya bagi penghuni rumah, dapat dilepas dengan mudah.

Lantai Kayu

Lantai kayu merupakan salah satu pilihan yang banyak digunakan untuk lantai dapur. Lantai berbahan kayu lebih keras dan memiliki tampilan yang sangat indah. Selain itu juga tampilannya hangat dan unik. Namun lantai kayu perlu perlindungan khusus dari kelembaban yang berlebihan. Beri lapisan (coating) tambahan pada lantai agar terjaga dari kelembaban. Jika kamu tinggal di area yang kelembabannya tinggi, hindari lantai kayu yang ukurannya panjang dan luas karena akan lebih mudah melengkung seiring waktu.

+ Menambahkan nilai jual sebuah ruang, atraktif, tahan lama dan dapat diperbarui
– Berisik, butuh pelapis secara berkala, mudah tergores atau melengkung.

Sumber: freshome.com

Itulah artikel mengenai Pilihan Lantai Untuk Dapur Rumah. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.