Renovasi Rumah Bagian Kamar & Dinding Atap di Jogja Reka Persada wm

Cat Rumah Sendiri – Tidak ada yang lebih mudah untuk membuat rumah lebih fresh selain dengan mengecatnya sesuai keinginanmu sendiri. Meskipun mengecat dinding merupakan hal yang bisa dilakukan sendiri, ketahuilah bahwa ada bagian tertentu pada rumah yang sebaiknya tak kamu cat sendiri. Berikut ini beberapa pertimbangan yang cukup menyulitkan jika kamu ingin melakukan pengecatan rumah sendiri :

Rumah Dengan Cat Warna Putih Kombinasi Aksen Abu-abu
Rumah Dengan Cat Warna Putih Kombinasi Aksen Abu-abu | Gbr : Proyek Reka Persada

Pemilihan Cat
Memilih jenis cat bagi yang tak mengerti merupakan hal yang sulit dilakukan. Perlu pengalaman khusus untuk tahu benar cat apa yang tepat untuk digunakan dalam pekerjaan tertentu.

Misalnya cat jenis matte baik digunakan pada area seperti plafon, kamar tidur dan ruang tamu karena hasil akhirnya yang tidak menyebabkan refleksi cahaya sehingga dapat menyamarkan permukaan yang tidak sempurna (bila ada). Jenis cat satin memiliki hasil akhir yang berkilau, cocok digunakan di area yang sering dipergunakan (high traffic area) dan tempat yang lembab seperti area cuci, dapur, kamar mandi karena memiliki hasil akhir yang lebih keras dan tahan terhadap kelembaban.

Memilih warna yang kontras
Memilih satu warna cat saja sudah cukup sulit apalagi mengkombinasikan 2 warna. Warna kontras membantu mata mengidentifikasikan tiap warna. Misalnya jika sebuah ruang seluruhnya dicat abu-abu terang tanpa hiasan/aksen putih, terkadang ruang itu bisa terlihat menggunakan warna putih saja karena tidak ada warna pembanding yang menyatakan ruang itu jelas berwarna abu-abu. Kadang memang terkesan membingungkan, tetapi inilah yang sering tidak diperhatikan oleh orang yang mengecatnya sendiri (bukan oleh ahlinya). Terkadang perpaduan warna tertentu tidak hanya dibuat karena untuk keindahan saja, ada alasan lain yang tak diketahui orang awam jika melakukannya sendiri.

pengecatan plafon rumah di jogja
Mengecat Plafon Rumah | Gbr : Proyek Reka Persada

Plafon pada dinding yang tinggi
Mengecat plafon tentu lebih sulit dibandingkan dengan mengecat dinding biasa. Plafon biasanya memiliki area permukaan yang lebih luas, jadi kamu harus memiliki keahlian dalam mengecat agar terhindar dari hasil akhir cat yang bergaris-garis dan sejenisnya. Selain itu, untuk mengecat plafon terlebih di dinding yang tinggi, kamu perlu menyeimbangkan tubuh saat diatas tangga dengan kepala dan tubuh fokus ke arah atas saat mengecat.

Jika kamu terpaksa melakukannya sendiri, kamu bisa menambahkan sambungan roller yang lebih panjang untuk mempermudah melakukan pengecatan. Selain itu saat akan mengecat, pastikan kamu sudah memindahkan cairan cat ke wadah yang lebih kecil agar tak membawa beban berat saat naik ke tangga untuk mengecat plafon.

Cat Rumah Sendiri Dengan Bantuan Isolasi
Cat Rumah Sendiri Dengan Bantuan Isolasi | Gbr : Pinterest

Mengecat area antara dinding & plafon
Melakukan pengecatan di area ini butuh teknik khusus atau kebiasaan mengecat agar hasilnya rapi. Mengecat area ini harus tegas dan pasti agar hasilnya lurus dan bagus. Mengecatnya memang terkesan mudah padahal ini butuh pengalaman dan teknik yang tepat terlebih ketika dinding dan plafon menggunakan warna yang berbeda.

Cat area lembab
Mengecat ruang yang lembab perlu keahlian khusus. Hasil akhir dari pengecatan haruslah benar-benar menempel pada dindingnya. Untuk melakukannya, dinding perlu digosok kasar hingga bersih karena area lembab sering kali berurusan dengan air, jamur, sabun, deterjen dan sebagainya.

Yang sulit saat mengecat area lembab bukan hanya tentang lapisan catnya saja, melainkan proses persiapannya dulu yang cukup memakan waktu. Pertama-tama permukaan yang akan dicat harus bersih dari jamur dan buih sabun, lalu diampelas. Lalu perlu dilapisi dengan cat dasar berkualitas yang mengandung anti jamur, atau jika akan menggunakan cat minyak, perlu cat dasar khusus untuk itu.

Renovasi Dapur & Kamar Mandi Kantor Pantri Cat Rumah Sendiri
Pantri di Kantor Termasuk Area Lembab | Gbr : Proyek Reka Persada

Cat yang digunakan harus mengandung zat anti jamur atau tambahan zat tertentu untuk mencegah timbulnya jamur. Setelah dicat dengan benar, harus dipastikan untuk benar-benar kering . Serahkan hal-hal tersebut pada ahlinya jika sekiranya kamu ragu melakukannya sendiri.

Melakukan cat rumah sendiri memang terkesan mudah, namun akan terlihat seperti itu jika area yang dicat tegak lurus secara vertikal dan permukaannya datar serta kering.  Jika tak punya keahlian dalam bidang pengecatan rumah, untuk area yang sulit kamu lakukan sendiri, sebaiknya serahkan saja pada ahlinya.

sumber : domain.com.au

Terima kasih telah membaca artikel Pertimbangkan Area Ini Jika Ingin Cat Rumah Sendiri. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.