Pembangunan Rumah 2 Lantai di Jogja Reka Persada Dinding Unfinished_

Dalam sebuah rumah terdapat berbagai jenis ruang yang digunakan untuk tujuan yang berbeda pula. Untuk itu, pemilihan jenis lantai berdasarkan permukaannya sangatlah penting untukk dipertimbangkan dengan melihat fungsi pada tiap ruangnya. Misalnya di kamar mandi yang biasanya lebih lembab dibandingkan ruang lain karena terkena air terus menerus setiap hari tentu berbeda jenisnya saat memilih keramik maupun jenis lantai lain untuk ruang tamu. Dimana ruang tamu kamu bisa saja menggunakan karpet agar terasa lebih nyaman dan relaks namun lantai jenis ini tentu tak mungkin digunakan di kamar mandi. Berikut ini jenis lantai untuk tiap-tiap ruang :

Dapur
Lantai dapur harus kuat dan tahan terhadap noda dapur seperti noda asam dan sejenisnya. Pilihlah lantai dapur yang tidak licin namun hindari yang teksturnya terlalu rumit agar tidak sulit dibersihkan saat cipratan minyak mengenai lantai misalnya.

Di mayoritas rumah, dapur merupakan tempat yang sangat “sibuk”. Tidak hanya sekedar untuk memasak, dapur terkadang juga digunakan sebagai area untuk ruang makan. Untuk itu, cipratan makanan dan minuman adalah hal yang umum terjadi. Bahkan terkadang, dapur juga bisa jadi ruang untuk menerima tamu kerabat dekat yang datang ke rumah, untuk itu memilih jenis lantai disini terkadang juga dipertimbangkan mengenai sisi estetikanya. Berikut ini beberapa kriteria yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih lantai dapur :
– Mudah dibersihkan dan dirawat
– Nyaman untuk berdiri lama (saat memasak/mencuci piring)
– Tahan lama & tak mudah rusak

Jenis Lantai Ubin Dengan Karpet Karet di Dapur
Jenis Lantai Ubin Dengan Karpet Karet di Dapur | Gbr : amazon.com 

Salah satu faktor terbesar saat mempertimbangkan lantai dapur adalah kemudahan maintenance-nya (perawatan). Dapur merupakan tempat mempersiapkan makanan, tentu kamu ingin lantai yang mudah disapu atau dipel saat ada kotoran jatuh. Idealnya, permukaan lantai sebaiknya waterproof (tahan air) dan rata agar mudah dibersihkan. Jangan pilih lantai karpet, sebaiknya pilih lantai ubin, keramik, lantai kayu dan lantai batu alam.

Faktor yang tak banyak dipertimbangkan orang adalah efek jangka panjang menghabiskan berjam-jam berdiri di permukaan lantai yang kamu pakai. Lama kelamaan, pinggul akan pegal, begitu pula dengan lutut dan pergelangan kaki. Jika kamu orang yang suka menghabiskan waktu di dapur untuk berdiri karena memasak, membuat kue dan semacamnya sebaiknya diatas lantai, tambahkan tikar karet di tempat biasa kamu berdiri untuk mengurangi ketegangan pada persendian.

Kamar Mandi
Lantai kamar mandi harus waterproof dan tidak licin.

Kamar mandi merupakan tempat yang paling basah pada sebuah rumah. Kamar mandi merupakan tempat dimana seluruh anggota keluarga akan mandi dan membersihkan diri yang tentunya dilakukan setiap hari. Untuk itu, lantai kamar mandi merupakan area yang sering dilintasi, sering diinjak. Berikut ini beberapa kriteria yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih lantai kamar mandi :
– Waterproof
– Tahan terhadap kelembaban udara
– Nyaman untuk bertelanjang kaki
– Tidak licin meski kondisi basah (tidak mudah terpeleset & jatuh)

Kamar Mandi Dengan Lantai Keramik Gelap & Dinding Motif
Kamar Mandi Dengan Lantai Keramik Gelap & Dinding Motif | Gbr : Proyek Reka Persada 

Memilih lantai yang waterproof sangatlah penting agar lantai tak mudah rusak. Lantai rusak yang membuat air merembes kebawah lantai dikhawatirkan bisa berdampak negatif pada dasar rumahmu yaitu pondasi. Selain itu, pemasangan lantai kamar mandi harus tepat pula. Lantai harus agak miring sehingga air mengalir menuju saluran pembuangan secara benar. Hal ini juga untuk mencegah air menggenang, beresiko tergelincir dan sebagainya. Selain itu jika ingin menggunakan lantai keramik, pastikan memakai keramik untuk lantai kamar mandi bukan untuk dinding kamar mandi karena keduanya memiliki jenis permukaan yang berbeda. Keramik lantai kamar mandi biasanya sudah didesain untuk mengurangi terpeleset.

Seberapapun besarnya ukuran kamar mandimu, lantainya haruslah mudah untuk dibersihkan juga meskipun kamu tetap menginginkan desain lantai yang estetik. Saat menentukan warna yang akan kamu gunakan pada lantai kamar mandi, tetap pastikan keamanannya dan bagaimana efeknya bila terkena cahaya. Lantai berwarna terang atau yang memiliki tekstur reflektif dapat membantu memantulkan cahaya di sekitar ruangan.

Keramik, ubin cocok untuk lantai keramik dengan berbagai desain yang sudah banyak pilihannya. Keduanya juga waterproof dan aman digunakan saat kondisi basah. Untuk lantai vinyl lebih cocok digunakan di lantai kamar mandi kering. Untuk alternatif lain juga bisa menggunakan lantai kayu (dengan seal khusus), batu alam.

Lantai Ruang Cuci Baju
Contoh Jenis Lantai Ruang Cuci Baju | Gbr : pinterest 

Ruang Cuci
Lantai ruang cuci baju mirip dengan lantai dapur

Intensitas penggunaan lantai ruang cuci akan tergantung dengan letak ruang tersebut dan juga berapa banyak orang yang menggunakannya. Biasanya ruang cuci diletakkan di bagian belakang, terkadang malah di halaman. Bagi ruang cuci yang letaknya di belakang justru akan lebih sering lagi dilalui penghuni rumah, selain itu biasanya ruang ini lebih basah meski tak sesering kamar mandi. Berikut ini beberapa kriteria yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih lantai ruang cuci :
– Mudah dibersihkan
– Tahan lama, tahan goresan dan lecet
– Waterproof

Jika kamu menggunakan mesin cuci, pastikan jenis lantainya tahan terhadap getaran yang ditimbulkan oleh mesin cuci yang sedang digunakan (terutama ketika menggunakan fungsi pengeringan). Meski ruang cuci tak sebasah kamar mandi, namun tanpa lantai waterproof yang layak mungkin air akan beresiko merembes ke bawah lantai bahkan hingga struktural rumahmu yang bisa menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

Lantai vinyl dan linoleum cukup efektif digunakan. Keduanya relatif tidak terlalu mahal, mudah dibersihkan dan waterproof. Permukaannya juga lembut dan tahan terhadap getaran dari mesin cuci. Pilihan lain sebagai alternatif keduanya adalah keramik, ubin, kayu.

Ruang Tamu Dengan Lantai Kayu Open Plan Concept
Ruang Tamu Dengan Lantai Kayu | Gbr : pinterest 

Ruang Tamu & Ruang Makan
Untuk kedua ruangan ini, yang terpenting adalah jenis lantai yang nyaman.

Ruang tamu merupakan tempat untuk bersantai-santai. Tempat dimana banyak digunakan dirumah, area dimana orang berkumpul dan bersosialisasi. Selain meja dan kursi tamu, terkadang TV juga diletakkan disana, selain itu rak buku juga. Untuk itu, lantai ruang tamu memiliki intensitas penggunaan yang tinggi, begitu pula dengan ruang makan yang kadang digunakan tak hanya saat makan saja, namun saat bersantai maupun saat belajar bagi anak-anak. Berikut ini beberapa kriteria yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih lantai ruang tamu maupun ruang makan :
– Nyaman
– Menarik secara visual dan cocok dengan dekorasi/furniturnya
– Mudah dirawat dan dibersihkan

Ruang tamu terkadang juga dipergunakan sebagai ruang keluarga, untuk itu pemilihan lantainya harus yang nyaman untuk duduk atau berbaring sambil menonton tv. Selain itu harus mudah dibersihkan terutama jika dirumahmu terdapat anak-anak. Karpet merupakan jenis lantai yang nyaman selain itu juga hangat saat udara dingin. Pada ruang tamu biasanya kamu pasti menginginkan kesan yang indah, nyaman dan hangat untuk itu pilihannya kamu bisa menggunakan karpet atau lantai kayu. Keramik juga bisa kamu gunakan namun akan lebih dinding dibandingkan kedua jenis lantai sebelumnya.

Teras Serambi Dengan Lantai Batu Alam
Serambi Dengan Lantai Batu Alam | Gbr : pinterest 

Serambi
Karena area serambi dekat dengan area luar, pilihlah yang kuat dan tahan air.

Serambi merupakan area keluar masuk rumah yang rawan kotor dan berlumpur akibat pijakan kaki dari arah luar rumah. Lantai serambi sebaiknya yang kokoh namun tetap berkesan hangat. Berikut ini beberapa kriteria yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih lantai serambi :
– Awet & tahan gores
– Mudah dibersihkan
– Menarik saat dilihat

Area serambi merupakan tempat yang paling pertama dilihat saat seseorang berjalan masuk. Untuk itu, area ini sering didekorasi semenarik mungkin. Namun, karena tempat pertama yang dipijak pula, maka area ini rawan kotor. Untuk lantai pada area serambi, kamu bisa menggunakan lantai batu alam, keramik, hingga lantai parket.

Kamar Anak Dengan Lantai Karpet
Kamar Anak Dengan Lantai Karpet | Gbr : pinterest 

Kamar Tidur
Untuk lantai kamar tidur, seperti lantai ruang tamu yang terpenting adalah kenyamanan penggunanya.

Lantai kamar tidur merupakan permukaan pertama yang kamu sentuh ketika bangun tidur, dan hal terakhir yang kamu pijak sebelum tidur. Intensitas penggunaan lantai bagi kamar tidur mungkin tak sebanyak ruang tamu. Untuk itu, ketahanannya mungkin tak terlalu dipermasalahkan, kecuali jika kamu sering kali beraktivitas di kamar tidur selain untuk beristirahat. Beban lantai juga tak terlalu berat karena hanya menyangga furnitur seperti kasur, lemari dan sejenisnya. Berikut ini beberapa kriteria yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih lantai kamar tidur :
– Nyaman saat kaki menginjak lantai
– Memiliki tampilan yang relaks dan hangat
– Tidak menghantarkan hawa panas & suara

Mengingat kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat dan me-relaks-kan tubuh, lantai yang kamu gunakan harus merefleksikan apa yang membuatmu paling nyaman. Mengapa? Saat kamu menginjakan kaki pertama kali setelah bangun tidur, jika kamu merasa kurang nyaman, hal ini akan berefek pada suasana keseharianmu nanti. Untuk membuat lantai terlihat dan terasa nyaman sebaiknya pilih tampilan yang hangat dan tidak terlalu mencolok.

Jika kamar tidur untuk dewasa tak terlalu dipermasalahkan mengenai pemilihan jenis lantainya, berbeda dengan kamar untuk anak. Kamar anak-anak yang notabene masih suka bermain di kamar, butuh jenis lantai yang mudah dibersihkan dan aman bagi anak misalnya tidak menimbulkan bahan kimia tertentu yang berbahaya saat anak bermain di lantai (khusus hal ini, juga berlaku untuk kamar dewasa). Untuk siapapun kamar tersebut nantinya, pastikan memilih jenis lantai yang aman saat kamu menghirup udara di dalam kamar tersebut.

Saat ini kamar tidur banyak menggunakan karpet, meski dibawah karpet masih terdapat keramik. Mengapa? Karpet terasa lebih nyaman saat diinjak, selain itu karpet juga terasa hangat dan memiliki berbagai macam motif dan style yang bisa kamu pilih sesukamu, selain itu karpet juga mengurangi suara didalam sebuah ruang yang tentu hal ini sangat berguna bila kamu akan tidur. Selain karpet, kamu juga bisa menggunakan lantai kayu, parket, keramik.

Lantai Garasi Mobil Dengan Batu Alam
Lantai Garasi Mobil Dengan Batu Alam | Gbr : desainsrumahminimalis.com 

Garasi
Ruang garasi rawan kotor, pilihlah jenis lantai yang “akan kamu relakan meski kotor” mengingat ruang ini rawan terkena oli dan kotoran dari ban motor/mobil.

Lantai garasi adalah lantai yang mudah kotor oleh minyak, oli dan sejenisnya saat kamu memperbaiki mobil atau motor. Garasi juga merupakan tempat untuk parkir kendaraanmu, terkadang jadi tempat bermain, dan kadang juga untuk menyimpan berbagai barang seperti peralatan berkebun dan peralatan perbaikan rumah seperti paku dan sebagainya. Berikut ini beberapa kriteria yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih lantai garasi :
– Kuat dan tahan lama
– Mudah untuk disapu, dibersihkan atau disemprot
– Tahan noda seperti minyak

Lantai garasi harus yang kuat diantara lantai untuk ruang lainnya. Hal ini disebabkan oleh garasi yang digunakan untuk diinjak mobil, motor dan sebagainya. Beberapa barang berat juga sering diletakkan disini untuk itu lantai garasi harus kuat menahan berbagai benda berat dengan kerusakan minimal.

Untuk alasan keamanan, lantai garasi harus mudah dan cepat dibersihkan dari kotoran, debu dan berbagai cairan yang mengenainya. Hal ini disebabkan agar tak mudah terpeleset atau jatuh jika tak sengaja menginjaknya kotoran tersebut. Lapisi lantai dengan lapisan lantai agar meski saat terdapat kotoran, mudah dibersihkan dengan kain pel.

Pikirkan garasi mu nanti akan kamu gunakan untuk apa saja. Apakah untuk parkir kendaraan, untuk aktivitas bermain bersama anak, untuk area olahraga (gym) dan sebagainya. Lantai garasi terkadang hanya dari beton tebal yang polos. Meskipun pilihan seperti ini terkesan tidak menarik, namun secara fungsi lantai beton sangat cocok, selain itu juga mudah dilap.

Sumber : build.com.au, homify.co.id

Terima kasih telah membaca artikel Menentukan Jenis Lantai Sesuai Ruang. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.