Mengecat Dinding Dengan Plester Cat

Tips Melakukan Cat Dinding – Mengecat merupakan satu cara paling murah untuk membuat rumah lama terlihat lebih fresh dan hal ini-pun dapat dengan mudah dilakukan sendiri. Namun, memastikan pekerjaan mengecat apakah sudah benar sepertinya cukup sulit dilakukan, buktinya masih banyak orang yang salah melakukannya. Berikut kesalahan umum yang mungkin ditemukan jika kamu mengecat sendiri, sekaligus cara mencegah kesalahan tersebut :

Pembersihan Dinding Sebelum Dicat Baru jasa renovasi gedung di jogja
Pembersihan Dinding Sebelum Dicat Baru
Gbr : Proyek Reka Persada

Tidak Mempersiapkan Permukaan Dinding Yang Dicat
Pencegahan : Sebelum memulai mengecat dinding, permukaan harus dibersihkan seperti diampelas dan singkirkan dari debu, pasir maupun cat yang mengelupas. Cat lama yang retak atau terkelupas harus dihilangkan dulu sebelum mulai mengecat dengan yang baru.

Menggunakan cat jenis matte atau flat di ruang yang sering digunakan
Pencegahan : Menggunakan cat flat di ruang seperti dapur, ruang keluarga akan mudah terkena noda dan rentan kotor terlebih bagi kamu yang memiliki anak kecil yang biasanya suka coret-coret dinding. Sebaiknya untuk area ini, gunakanlah jenis cat semi gloss yang tahan terhadap air dan mudah dibersihkan bila kotor. Cat jenis matte atau flat umumnya cocok digunakan untuk area yang tak terlalu sering digunakan atau untuk area yang terkena cahaya yang menyilaukan.

Tren Warna Cat Pastel Pada Rumah
Penerapan Warna Pastel Pada Rumah | Gbr : Pinterest

Memilih warna yang salah
Pencegahan : Cara termudah agar tak salah pilih warna adalah dengan mencoba beberapa warna melalui aplikasi smartphone yang banyak disediakan. Untuk Android maupun IOS, aplikasi yang cukup populer untuk hal ini bernama Dulux Visualizer ID. Kamu tinggal foto ruang yang akan dicat, kemudian aplikasi itu akan menyediakan beberapa pilihan warna yang bisa kamu pilih. Tips lain adalah jika tujuanmu yaitu akan menjual rumah segera setelah mengecatnya, sebaiknya jangan pilih warna yang terlalu terang, pilihlah warna yang netral saja.

Menggunakan Kuas Secara Berlebihan
Pencegahan : Agar hasil mengecat terlihat rapi sebaiknya saat mengecat pintu, jendela atau kayu hindarilah menguasnya secara berlebihan. Sapukan kuas dengan jumlah cat secukupnya, lalu sapukan ke dinding dengan kekuatan yang secukupnya pula. Menyapukan kuas berlebihan, terutama bila cat mulai mengering akan menyebabkan goresan dan hasil yang tak rata. Untuk itu, belilah kuas yang baik kualitasnya agar hasil cat juga bagus serta untuk menghemat waktu lebih banyak.

Mengecat Plafon Dengan Roller
Mengecat Plafon Dengan Roller | Gbr : Proyek Reka Persada

Mengecat Plafon di Akhir
Pencegahan : Jika kamu ingin mengecat dinding dan plafon, sebaiknya cat plafon dilakukan terlebih dahulu. Jika kamu melakukan sebaliknya, dindingmu yang dicat dulu bisa terkena cipratan dari cat plafon. Kamu harus memperbaiki cat dinding lagi.

Penggunaan Cat Dasar Sebelum Cat Utama
Penggunaan Cat Dasar Sebelum Cat Utama | Gbr : Proyek Reka Persada

Lupa Menggunakan Cat Dasar atau biasa disebut Primer/Undercoat
Pencegahan : Bergantung pada permukaan dindingnya, namun sebaiknya kamu menggunakan cat dasar sebelum cat warna dinding. Menggunakan cat dasar terkesan sepele padahal hal ini penting dilakukan untuk menghemat biaya kedepannya. Mengaplikasikan cat dasar penting guna membuat cat warna lebih kuat melekat dan lebih tahan lama, selain itu juga dapat menonjolkan warna cat yang kamu pilih.

Mengabaikan Cuaca & Waktu Saat Mengecat Ulang
Pencegahan : Cat tidak bisa menahan udara yang ekstrim dengan baik, jadi sebelum mengecat sebaiknya cek dulu kondisi cuaca di daerahmu. Kelembaban udara yang tinggi akan membuat cat menjadi lama mengering yang dapat menyebabkan cat menggelembung. Udara yang dingin akan membuat cat tidak kering secara merata dan bisa menyebabkan cat retak hingga mengelupas. Jika khawatir pada hasil cat nanti, tanyakan kepada penjualnya dulu atau carilah info resmi misalnya di websitenya terkait berapa suhu optimal untuk mengecat dengan cat dinding merk yang kamu beli untuk menghemat waktu, dan biaya.

Kegiatan Cat Dinding Dengan Roller
Mengecat Dinding Dengan Roller | Gbr : Pinterest

Tidak Membeli Kuas dan Roller yang Benar
Pencegahan : Efek dari Kuas dan Roller yang buruk juga dapat mengurangi nilai dari hasil cat, misalnya kuas yang kualitasnya kurang bagus biasanya bulunya mudah rontok, saat menggunakannnya dan cat disapukan ke dinding dengan kuas ini, kemungkinan bulu kuas rontok dan bisa ikut menempel di tembok beserta catnya.

Terima kasih telah membaca artikel Ketahui Kesalahan Umum Melakukan Cat Dinding & Pencegahannya. Jika Kamu ingin bangun rumah, renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.