Furnitur Lemari Built in

Tips Menghindari Kesalahan Bangun Rumah – Membangun rumah dari awal perencanaan desain memang terkesan menyenangkan. Kamu tentu sudah punya bayangan tersendiri seperti apa rumahmu nantinya. Mulai dari tampilan fasad rumah, ruang tamu, kamar, dan sebagainya. Membangun rumah butuh biaya dan waktu yang tak sedikit. Untuk itu kita tentu ingin hasilnya sesuai impian dan prosesnya berjalan dengan lancar. Namun karena kompleksitasnya, terkadang berbagai kendala saat membangun rumah tak bisa kita hindari. Yang bisa kita lakukan adalah meminimalisirnya. Berikut ini beberapa kesalahan bangun rumah yang sebaiknya kamu hindari untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan :

Pilih Kontraktor Tepat Agar Tak Alami Kesalahan Bangun Rumah
Pilih Kontraktor Tepat Agar Tak Alami Kesalahan Bangun Rumah
Gbr : pinterest.com

Mengharapkan developer memberikan semua idenya
Developer atau Kontraktor yang kamu gunakan jasanya untuk membangun rumahmu tentu mengikuti apa yang kamu inginkan, bukan malah sebaliknya. Jadi, jika kamu tak terlalu yakin rumah seperti apa yang kamu inginkan, bisa saja mereka justru akan mengarahkanmu pada desain yang biasa dan terlalu umum. Namun terkadang memang inilah hal yang sering terjadi dimana pemilik rumah menyerahkan begitu saja rumahnya dan menghasilkan rumah yang mungkin dari sisi desain terlalu umum digunakan.

Padahal, hal menyenangkan saat membangun rumah dari awal adalah bisa membuatnya sesuai dengan apa yang benar-benar kamu sukai. Untuk itu sebaiknya kamu sebagai pemilik rumah juga harus mencari referensi, cari apa yang memang kamu sukai bisa dengan cara mencari foto rumah di majalah, di internet dan sebagainya. Tunjukkan saja ke kontraktor yang kamu percaya lalu ungkapkan apa yang kamu inginkan atau tidak inginkan lalu mereka akan memberikan ide dan mensinkronkan dengan keinginanmu tersebut.

Kurang detail
Membangun rumah bisa berakhir menakutkan jika tak direncanakan dengan baik. Ada berbagai keputusan yang harus diambil mulai dari keputusan yang besar seperti mana saja bagian yang akan diberi dinding hingga keputusan kecil seperti lampu apa yang akan digunakan. Banyaknya keputusan yang harus diambil dapat membuat pemilik rumah bingung dan bahkan tak ingin membuat keputusan sama sekali lagi dan sisanya diserahkan kepada kontraktornya.

Untuk menghindari pengambilan keputusan yang membuatmu bingung hingga membuat kesalahan bangun rumah, kamu bisa minta pada kontraktormu terkait list apa saja yang nantinya akan kamu putuskan mulai dari yang terdekat dibutuhkan hingga finishing di tiap-tiap ruang rumahmu. Dengan ini kamu bisa memperkirakan dan memutuskannya saat waktu senggang.

Furnitur Lemari Built in
Furnitur Lemari Built in (jadi satu dengan dinding)
Gbr : jasafurniturebandung.com

Lupa minta furnitur built-in
Salah satu manfaat membangun rumah dengan jasa kontraktor adalah kontraktormu mulai dari pembuatan pondasi hingga bangunan jadi dan kebutuhan furnitur didalamnya bisa kamu rencanakan terlebih dahulu terutama jika kamu ingin furnitur pada area tertentu dibuat built-in misalnya jadi satu dengan dinding atau lantai seperti misalnya lemari built-in, kursi built-in dan sebagainya.

Beberapa orang beranggapan kalau furnitur built-in lebih mahal padahal sebenarnya membuat ini tak beda jauh, terlebih jika rumahmu masih bersih justru akan lebih murah membuat furnitur built-in. Pastikan berkomunikasi dengan arsitek dari kontraktormu tentang hal ini agar dimasukkan kedalam perencanaan anggaran biaya untuk rumahmu.

Lantai Keramik Motif
Lantai Kerami Bermotif
Gbr : Proyek Reka Persada

Menambahkan sesuatu tanpa mengurangi yang lain
Seberapa hati-hatinya kontraktor membuat perencanaan anggaran untuk rumahmu, jika kamu sendiri yang tak disiplin yaa tidak ada gunanya. Misalnya RAB sudah disepakati, namun saat pembangunan akan dimulai, tiba-tiba kamu mengubah ukuran kamar mandi karena ingin menggunakan shower lengkap dengan pembatas berupa pintu kaca model terbaru sesuka hatimu, tentunya gambar dan RAB yang telah disepakati harus dirubah lagi.

Agar biaya pembangunan tidak membengkak tak terkendali, pastikan bahwa perubahan berupa pengurangan dan penambahan dilakukan secara seimbang. Contohnya jika kamu ingin mengganti lantai keramik kamar mandi dengan yang lebih bagus, disisi lain kamu menggunakan closet duduk yang tak terlalu mahal, dan sebagainya.

Arsitek Konsultasi Dengan Konsumen
Arsitek Konsultasi Dengan Konsumen
Gbr : Pinterest.com

Tidak memperkirakan mundurnya selesai bangun rumah
Keterlambatan pembangunan rumah tak bisa dihindari. Hal ini bisa saja terjadi akibat dari berbagai hal misalnya cuaca yang kurang mendukung seperti hujan deras padahal saatnya plester dinding luar, cat dinding dan sejenisnya. Bisa juga karena tukang atau material yang terlambat datang dari yang sudah dijadwalkan dan berbagai alasan lain yang sangat mungkin terjadi. Agar tak salah perkiraan sebaiknya kamu memberikan jeda beberapa minggu atau bahkan bulan terkait perkiraan selesainya rumahmu itu.

Terima kasih telah membaca artikel Hindari 5 Kesalahan Bangun Rumah Ini. Adakah tips lain yang kalian ingin tahu? Share di kolom komentar ya.. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.