Kesan Maskulin Untuk Ruangan Dengan Wallpaper Gelap Plafon Hitam

Kamu pasti pernah mendengar istilah “uang tak bisa membeli segalanya” dan hal ini bahkan bisa kamu tahu dengan cukup sekedar melihat berbagai kasus yang ada di acara televisi saja, tak mesti mengalaminya sendiri. Dalam dunia desain rumah-pun demikian. Tak selamanya uang bisa membeli sebuah style yang keren. Karena bahkan dalam beberapa kasus, merenovasi rumah dengan biaya yang tinggi bisa menghasilkan rumah yang biasa saja dan tak ada istimewanya sama sekali. Renovasi rumah dengan biaya minim-pun terkadang bisa terlihat lebih menarik.

Mengapa? Merenovasi rumah bukan tentang berapa uang yang bisa kamu keluarkan untuk melakukan hal tersebut, namun tentang bagaimana caranya memadu padankan benda, warna, style fungsional pada sebuah rumah secara seimbang. Kesalahan umum yang biasa dibuat oleh jasa renovasi/jasa interior adalah mereka akan memilih produk/barang secara individu dan menggunakan material yang mereka sukai, kemudian saat menggabungkannya satu sama lain ternyata tidak menghasilkan kesan yang seimbang.

Contoh simpelnya, belum tentu membeli kran air dengan harga termahal akan terlihat bagus jika diletakkan dirumah kita jika kran air itu justru malah terlihat paling asing diantara benda-benda lain di dapur atau kamar mandimu. Intinya meski mahal, benda yang kamu beli tak mesti cocok dipasang dirumahmu jika kamu tak bisa menyeimbangkannya dengan disekitarnya. Begitu pula sebaliknya meski murah, jika kamu bisa mengkombinasikan produk, material dan desain dengan tepat maka hasil renovasi rumahmu juga bisa terlihat menarik.

Prinsip Desain

Saat merenovasi rumah, hasil keseluruhan dari renovasi tersebut sangatlah penting bahkan sepenting saat kamu memilih tiap komponen desain. Untuk itu, berhati-hatilah saat memilih tiap produk dan material yang akan kamu gunakan. Misalnya, tampilan lantai seperti apa yang ingin kamu gunakan, bentuk seperti apa, jenis lantainya, warna dan style-nya, bahan/material apa yang akan kamu gunakan di tempat tertentu, dsb.

Pikirkan warna apa yang akan kamu gunakan, ukuran produknya, finishingnya, bagaimana menggunakannya, apakah cocok dengan layout di tiap ruangnya, apakah cocok dengan rumahmu secara keseluruhannya, dan bagaimana hasilnya jika tiap-tiap unsur ini dikombinasikan bersama. Setiap hal yang kamu pilih berefek pada hasil renovasi secara keseluruhan. Kesalahan satu atau dua spot yang kamu lakukan, hasil renovasimu bisa terlihat biasa saja.

Renovasilah dengan biaya yang senilai dengan harga rumahmu.

Renovasi bukan tentang berapa banyak uang yang bisa kamu habiskan, melainkan tentang keseimbangan yang akan membuat hasil renovasi terlihat bagus atau biasa saja, sebaiknya jangan beli barang yang tak akan cocok disandingkan didalam rumahmu. Misalnya, kamar mandi dengan style elegan ala eropa dengan banyak ukiran didalamnya tak akan cocok dipasang di rumah yang kecil sederhana dimana hanya cukup untuk dipakai satu kamar tidur biasa.

Berikut ini hanya beberapa contoh desain rumah yang sebaiknya kamu hindari!

Contoh Desain Rumah Interior Yang Buruk Salah
Hindari menggunakan warna atau motif yang sama di keseluruhan ruangan seperti pada gambar diatas | Gbr : nominimalisthere.com 

 

Kesalahan Penempatan Televisi Karena Tidak Memperhatikan Jendela
Penempatan TV yang tak mempertimbangkan arah cahaya matahari yang masuk dari jendela. Menonton TV hanya bisa digunakan malam hari karena silau. | Gbr : homedit.com 

 

Ruangan Kecil Yang Memiliki Furniture Terlalu Banyak
Satu ruangan yang kecil dengan terlalu banyak furnitur didalamnya. | Gbr : goldfm.lk 

 

Pemilihan Wallpaper Yang Tidak Cocok Dengan Rak Gantung Merenovasi Rumah
Pemilihan wallpaper yang tidak cocok dengan rak gantung dan meja yang digunakan | Gbr : homedit.com 

 

Ruangan Terlalu Banyak Warna Mencolok
Pemilihan furnitur dan hiasan dinding yang terlalu banyak warna mencolok | Gbr : nicehomediy.com 

 

Ruangan Dengan Warna Terlalu Gelap
Ruangan dengan pencahayaan minim dan penggunaan warna yang gelap | Gbr : nicehomediy.com 

Terima kasih telah membaca artikel Haruskah Mahalnya Biaya Menjadi Acuan Merenovasi Rumah?. Jika Kamu ingin bangun rumah untuk disewakan kembali ke online marketplace seperti diatas, atau untuk tujuan lainnya, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.