Dapur Dengan Plafon Dicat Bergaris-garis

Jika beberapa waktu lalu sudah kami ulas mengenai tipe rumah yang dipilih seseorang berdasarkan emosional dan sisi logisnya pada artikel yang diunggah disini, berikut ini akan kami bahas mengenai tipe layout rumah yang cocok bagi kepribadian ekstrovert dan introvert maupun keduanya karena sepertinya mengkategorikan kepribadian seseorang kedalam introvert atau ekstrovert sedang menjadi tren saat ini. Dalam hal menata rumah-pun sudah banyak orang yang membahas mengenai hal ini, namun tak banyak yang mengulas mengenai layout rumah seperti apa yang cocok. Berikut ini layout rumah untuk introvert maupun ekstrovert dan keduanya :

Rumah Ekstrovert :

Jika anggota keluargamu banyak yang berkepribadian ekstrovert, biasanya kamu ingin rumah yang memberikan kesan “terbuka”. Di rumah seorang ekstrovert, semua tempat bisa dijadikan sebagai tempat bersosial. Terutama jika sekeluargamu kepribadiannya ekstrovert sangat cocok dengan rumah yang memiliki ruang besar yang cukup untuk mengumpulkan orang dengan beberapa kursi yang nyaman.

Pengaturan Tempat Duduk Ruang Tamu Bagi Ekstrovert
Contoh Pengaturan Tempat Duduk Ruang Tamu Bagi Ekstrovert | Gbr : home-designing.com 

Untuk ruang tamu rumah seorang ekstrovert, coba hindari layout rumah dengan desain tradisional kotak yang akan terasa formal dan kaku. Pilihlah kursi ruang tamu berbentuk L yang jika memungkinkan, hadapkan ke area ruang makan dan dapur. Sofa berbentul L membuat kesan lebih relaks dan beratmosfir kasual sehingga membuat orang yang datang lebih santai. Sementara itu, tujuan menghadapkan ruang tamu ke ruang makan dan dapur adalah untuk membuat kegiatan memasakmu tidak terganggu meski ada tamu datang. Konsep seperti ini biasa disebut dengan istilah open plan concept.

Pengaturan Kursi Disamping Dapur Sebagai Alternatif Bagi Ekstrovert
Contoh Pengaturan Kursi Disamping Dapur Sebagai Alternatif Bagi Ekstrovert | Gbr : benimmulku.com 

Namun jika tak memungkinkan membuat rumah berkonsep open plan, kamu memang harus mengandalkan kreativitasmu saja misalnya dengan menambahkan kursi atau sofa di dapur. Jadi, sementara kamu memasak untuk dihidangkan ke temanmu, mereka juga bisa menyaksikan sendiri kegiatanmu dan bercengkerama bersama di dapur.

Rumah Introvert :

Seorang introvert biasanya lebih nyaman berkomunikasi dalam kelompok yang lebih kecil. Mereka biasanya cenderung butuh waktu sendiri bebas dari gangguan. TV dan segala hal yang berisik terkadang harus disingkirkan oleh seorang introvert ke tempat lain agar tak mengganggu ruang kesukaan si introvert.

Pengaturan Tempat Duduk Untuk Introvert
Contoh Pengaturan Tempat Duduk Untuk Introvert | Gbr : Houzz.com by Phoebe Howard 

Untuk membuat susunan furnitur yang lebih pas bagi introvert contohnya adalah dengan mengatur beberapa kursi berhadapan satu sama lain di beberapa bagian rumah. Dengan pengaturan meja kursi seperti ini, introvert akan lebih mudah melakukan percakapan diantara 2 orang karena mereka tak terlalu menyukai percakapan banyak orang dimana akan membuat mereka cepat lelah.

Pengaturan Ruang Untuk Introvert
Contoh Pengaturan Ruang Dengan Sekat Dinding Kaca Cocok Bagi Introvert
Gbr : Washingtonpost.com by Susan Cain and Steelcase
 

Menambahkan sekat antar ruang juga salah satu tips yang bisa digunakan karena akan membuat kesan sudah berada di ruang berbeda. Bahkan jika kamu memiliki rumah yang cukup besar, kamu malah bisa dengan mudah membuat ruang-ruang yang lebih kecil hanya dengan menambahkan sekat. Pembatas atau sekat ruang ini bisa berbagai macam mulai dari dinding bata, dinding dengan kaca, tanaman indoor, dan sebagainya sesuai seleramu. Khusus untuk dinding kaca atau dengan tanaman indoor ini akan lebih membuat rumah lebih segar namun dengan tegas tetap dapat membedakan tiap ruangnya.

Rumah Introvert & Ekstrovert :

Tipe kepribadian yang terletak diantara introvert dan ekstrovert disebut ambivert, dimana orang dengan tipe ini suka bersosialisasi secara kelompok, namun terkadang tetap butuh waktu khusus untuk sendiri. Tipe penghuni rumah jenis ini cukup mudah dan fleksibel karena bisa menyesuaikan pada kedua jenis rumah yang sudah dijelaskan diatas. Namun untuk kamu yang hidup dalam anggota keluarga yang terdiri dari beberapa orang, sebagian introvert dan sebagian lagi ekstrovert, mungkin akan sedikit tricky saat menyesuaikan rumah yang cocok bagi kedua jenis kepribadian ini.

Jika kamu memiliki ruang keluarga dan juga ruang tamu tipsnya adalah kamu bisa menyetting satu ruangan untuk ekstrovert dan ruang lain dengan setting ruang bagi introvert. Karena introvert cenderung suka membaca buku untuk mengisi waktunya, usahakan untuk memisahkan ruang baca bagi introvert dengan ruang berkumpul bagi introvert. Mengapa? ruang baca/perpustakaan butuh tempat yang sunyi, sementara ruang berkumpul bersama teman bagi seorang ekstrovert pasti akan ramai dengan suara-suara yang seorang introvert tak inginkan. Selain itu, saat mendekorasi ruang sebaiknya pikirkan tentang psikologis penghuninya juga. Artinya, jika ingin menghias ruang yang menuju tempat khusus si introvert, misal dihiasi dengan lukisan pilihlah gambar yang membawa kesan tenang.

Pengaturan Kantor Untuk Ekstrovert di Ruang Terbuka Introvert di Ruang Tertutup
Contoh Pengaturan Kantor Untuk Ekstrovert di Ruang Terbuka & Introvert di Ruang Tertutup
Gbr : blog.ted.com by Susan Cain and Steelcase
 

Pada contoh diatas terlihat area untuk introvert dan ekstrovert dipisah. Kantor dengan model yang terbuka terkadang cukup menjadi masalah bagi introvert maupun ekstrovert, mereka kurang fokus dan tidak bisa berkonsentrasi. Terdapat kebutuhan khusus untuk privasi masing-masing pengguna ruang tersebut. Misalnya seorang introvert maupun seorang ambivert di saat tertentu butuh kesendirian untuk lebih berkonsentrasi pada hal yang sedang dikerjakannya secara fokus, sementara itu orang ekstrovert butuh suasana yang menunjukkan kebersamaan agar pikirannya selalu terbuka dan berimbas pada ide-ide baru yang akan ditimbulkannya. Desain diatas dibuat oleh Susan Cain bersama perusahaan bernama Steelcase. Dimana sebuah kantor berkonsep open office namun terdapat ruangan khusus yang disediakan untuk “menyendiri”, terdapat pula ruang untuk 2 orang melakukan brainstorming dan lainnya untuk pekerjaan terkait berkelompok.

Untuk membuatmu lebih nyaman berada di rumah maupun kantor milik sendiri, coba carilah ide di mulai dari majalah, media sosial dan sebagainya agar referensi layout rumahmu semakin banyak. Dengan makin banyak referensi kamu juga akan semakin tahu betul apa yang sebenarnya cocok untukmu dan keluargamu.

Terima kasih telah membaca artikel Extrovert? Introvert? Buat Rumahmu Lebih Nyaman Dengan Cara Ini. Jika Kamu ingin bangun rumah, bangun, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

One Thought on “Ekstrovert? Introvert? Buat Rumahmu Lebih Nyaman Dengan Cara Ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published.