Rumah 2 Lantai di Jogja

Saat ini, rumah berukuran lebih besar belum tentu lebih baik daripada rumah yang lebih kecil. Tak seperti di tahun 1990-an, dimana sebuah rumah yang berukuran lebih besar seolah menjadikannya sebagai lambang kesuksesan. Sekarang ini banyak orang yang lebih menyadari akan pentingnya kenyamanan, perawatan rumah dan faktor-faktor lain yang berkaitan erat dengan efek dari rumah yang terlalu besar.

Berdasarkan survey di Amerika, banyak orang yang tinggal di rumah yang cukup besar, lebih memilih tinggal di rumah yang lebih kecil jika memunngkinkan. Sementara itu survey tersebut juga mengungkapkan bahwa keinginan tinggal di rumah yang lebih kecil ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya karena anak-anak mereka sudah memiliki rumah sendiri, pemilik rumah sudah tua dan tak ingin repot tinggal di rumah berukuran besar, dan sebagainya.

Untuk kalian yang berencana tinggal di rumah yang lebih kecil, berikut ini kami berikan beberapa tips mengenai apa yang sebaiknya kalian tentukan untuk memenuhi kebutuhan di rumahmu, sebelum benar-benar tinggal di rumah lebih kecil :

Perhatikan area dapur kitchen set Bila ingin pindah ke rumah yang lebih kecil
Area Dapur Sering Digunakan Jika Pemilik Rumah Suka Memasak
Gbr : Proyek Reka Persada

Tentukan Ruang

Satu hal yang harus diperhatikan saat mencari rumah berukuran kecil adalah lihat rumahmu yang besar lalu tentukan dulu ruang mana yang paling sering kamu gunakan dan ruang apa yang tak pernah kamu gunakan. Kebanyakan orang akan mengatakan bahwa dapur adalah tempat yang paling sering digunakan. Jika kamu memiliki pendapat sama, artinya saat mencari rumah baru yang lebih kecil, hal yang paling penting kamu perhatikan adalah area dapurnya. Begitu pula dengan ruang tamu atau ruang lain jika ruang tersebut yang paling sering kamu gunakan.

Hitung Kebutuhan Ruang Sebelum Membeli Rumah Yang Lebih Kecil
Hitung Kebutuhan Ruang Sebelum Membeli Rumah Yang Lebih Kecil
Gbr : Pinterest

Proporsi

Orang yang dulunya punya rumah cukup besar namun ingin pindah ke rumah lebih kecil biasanya memilih proporsi ruangan yang sama atau mirip namun dengan ukuran yang lebih kecil. Sebagai contoh, ketika kamu merasa sudah pas dengan rumah yang memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, ruang keluarga & ruang tamu maka carilah rumah dengan jenis/jumlah ruang yang sama namun hanya ukurannya saja yang lebih kecil.

Open Plan Concept
Ruang Tamu, Ruang Makan & Dapur Berada di Satu Ruang Terbuka (Open Plan Concept) | Gbr : Pinterest

Layout yang Terbuka

Saat tujuan mencari rumah yang lebih kecil adalah agar lebih dekat dengan anggota keluarga lain (Rumah lebih kecil artinya penghuni rumah tersebut akan lebih sering bertemu & berinteraksi satu sama lain). Padahal, ruangan yang paling sering kamu gunakan adalah area dapur maka pilihlah rumah dengan layout area dapur yang terbuka. Misalnya pilihlah rumah yang terdapat 1 ruang terbuka berisi dapur, ruang makan & ruang keluarga (open plan concept). Jadi, saat sebagian besar waktumu digunakan di dapur, kamu juga tetap bisa berinteraksi dengan keluargamu yang ada di ruang keluarga.

pembuatan kitchen bar renovasi rumah
Renovasi Rumah Untuk Pembuatan Kitchen Bar
Gbr : Proyek Reka Persada

Renovasi

Seperti layaknya mencari rumah kebanyakan, saat mencari rumah berukuran lebih kecil juga harus dipertimbangkan kondisi rumah tersebut. Artinya, setelah kamu tinggal dirumah itu haruskah melakukan renovasi untuk memenuhi rumahmu sesuai kebutuhan? Perlukah tinggal di rumah lama dulu saat merenovasi rumah yang baru? Pertimbangkan dulu pertanyaan-pertanyaan seperti ini.

Tips Merapikan Pakaian
Singkirkan Barang-barang Yang Tak Terlalu Berguna di Tempat Penyimpanan Seperti Rumahmu | Gbr : Pinterest

Tempat Penyimpanan

Tinggal di rumah yang lebih kecil artinya kamu harus membuang beberapa barang yang tak dibutuhkan. Pastikan juga kamu masih memiliki lemari atau rak dan semacamnya yang cukup untuk menyimpan barang yang memang benar-benar kamu sukai.

Sumber : forbes.com

Terima kasih telah membaca artikel Ingin Cari Rumah Yang Lebih Kecil? Baca Tips Berikut!. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.