Ruang Tamu Renovasi Rumah di Jogja

Meskipun tiap orang memiliki selera style rumah yang berbeda-beda namun hampir semua orang sepakat bahwa mereka ingin rumah yang terasa terang dan terbuka. Bahkan ketika ada orang yang memilih tema gelap pada rumahnya, seperti menggunakan warna dinding hitam, mereka tetap menyeimbangkan rumahnya dengan cahaya terang. Sepertinya tak ada orang yang dengan sengaja ingin tinggal di rumah yang terasa suram dan sesak karena gelap. Lalu, bagaimana dengan orang yang tinggal di rumah atau apartemen yang cahaya alami tak bisa disesuaikan dengan keinginannya? Adakah alternatif membuat rumah terasa lebih terang? Berikut ini tips dari kami :

Siasati Ruang Gelap Dengan Dinding Warna Cat Putih
Ruang Tamu Warna Dinding Putih | Gbr : Proyek Reka Persada 

Pilih Warna yang Tepat

Warna adalah faktor penting bagi kamu yang ingin membuat ruang yang gelap terasa lebih terang. Artinya, kamu harus mengecat dinding dengan warna tertentu. Namun, jika kamu tidak tinggal dirumahmu sendiri, misalnya di kos, rumah kontrakan dan semacamnya yang artinya mengecat dinding tak memungkinkan, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan lukisan besar, karpet dan hiasan-hiasan rumah lainnya dengan warna terang.

Warna seperti apa yang paling efektif digunakan untuk mencerahkan ruang gelap?
– Putih
– Warna Metalik
– Warna Ungu
– Warna Netral seperti warna coklat muda, dan abu-abu muda
– Warna Pop seperti oranye, merah atau hijau

Dari berbagai warna diatas, kamu bisa memilih yang kamu suka. Jika ragu, kamu bisa memulainya dengan menggunakan bantal kursi, selimut dan sebagainya dalam beberapa warna sebelum kamu mencoba ke objek yang lebih besar seperti cat dinding.

Ruang Tamu Terasa Cerah dan Terbuka
Ruang Tamu Terasa Cerah dan Terbuka | Gbr : Digsdigs.com 

Sisakan Sedikit Space

Dalam dunia desain, beberapa orang mengenal konsep negatif space atau white space. Space ini biasanya berupa ruang yang tersisa di sekitar objek yang dijadikan sebagai titik fokus. Biasanya ruang/space sisa ini tidak secara sengaja dibuat, Space ini disebut negatif space dimana secara visual digunakan untuk mengistirahatkan mata setelah melihat pada objek yang menjadi fokus.

Jika kamu ingin mencerahkan ruangan gelap, jangan lupa untuk menyisakan negatif space ini. Hal ini bertujuan untuk membuat ruang terasa lebih terbuka sehingga terasa lebih besar dan lebih cerah. Coba perhatikan sisi ruang yang terasa paling gelap, biasanya tempat tersebut berisi berbagai benda berantakan. Bahkan, ruang yang kecil dan gelap dapat dengan mudah dibuat terasa lebih terang dan luas hanya dengan memindahkan beberapa furnitur dan membiarkan dinding lebih bersih dari banyak barang berserakan.

Pada gambar diatas, titik fokus ada pada sofa dan lukisan dinding. Sofa tidak dipilih yang luasnya menutupi sudut dinding, begitu pula dengan lukisan yang tidak menggantungnya banyak hingga memenuhi dinding. Hal ini dibuat agar ruang terlihat lebih cerah dan terasa lebar.

Cermin Diletakkan Depan Lampu Gantung
Cermin Diletakkan Depan Lampu Gantung | Gbr : hearstapps.com 

Pasang Cermin

Saat kamu ingin membuat ruang terasa lebih terang, menggunakan cermin/kaca adalah salah satu hal yang paling mudah dilakukan. Refleksi dari cermin memperluas pantulan cahaya dari lampu di sebuah ruangan, membuatmu lebih hemat dalam penggunaan sumber cahaya. Letakkan cermin tepat di seberang sumber cahaya, akan jelas perbedaanya ketika cermin memantulkan cahaya di sekitarnya hingga membuat ruang menjadi lebih cerah dan terkesan lebih terbuka.

Gunakan Furnitur Yang Tepat

Jika ingin membuat ruang terasa lebih terang, sebaiknya pertimbangkan juga jenis furnitur yang kamu gunakan. Perabotan yang gelap dan rendah akan terasa lebih berat. Terlalu banyak menggunakan perabot yang pendek akan terkesan “mengambil” tingkat kecerahan ruang. Untuk mencerahkan ruang gelap, pilihlah warna yang lebih terang dan terlihat ringan.

Kaki Sofa Membuat Kursi Terlihat Lebih Tinggi Ruang Lebih Luas
Kaki Sofa Membuat Kursi Terlihat Lebih Tinggi, Ringan & Ruang Lebih Luas
Gbr : decoist.com
 

Seperti jenis sofa pada gambar diatas, warnanya cenderung terang. Selain itu, kaki kursi yang terlihat lebih panjang dapat membuat rumah berkesan lebih terbuka.

Tambahkan Lampu

Semua orang tentu tahu, dengan menambahkan lampu akan membuat ruang gelap menjadi lebih terang. Namun, sebaiknya jangan lakukan ini dengan asal-asalan pula, kamu harus berkreasi untuk membuat penambahan lampu ini tetap bisa membuatnya menjadi semakin indah. Misalnya dengan menggantungkan lampu gantung di langit-langit, atau dengan memasang lampu pada dinding. Contoh lain adalah dengan menempatkan lampu di belakang sofa, dan sebagainya.

Sumber : freshome.com

Terima kasih telah membaca artikel Cara Mudah Buat Ruang Gelap Jadi Lebih Terang. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.