Pembangunan Rumah 1 Lantai

Rumah adalah tempat yang paling nyaman untuk disinggahi. Namun rumah juga bisa menjadi tempat yang membuatmu sakit. Beberapa tips membuat rumah lebih sehat mungkin sering kita dengar yang tujuannya untuk membuat penghuninya bisa hidup lebih lama karena rumah adalah tempat dimana kita menghabiskan waktu untuk beristirahat didalamnya. Dalam laporan terbaru, seorang peneliti dari US mengumpulkan beberapa tips dari ahli yang dapat membantu membuat rumahmu menjadi tempat yang lebih sehat untuk dihuni, dan beberapa tips tersebut ternyata mudah dilakukan karena hanya perlu sedikit perubahan namun dampaknya cukup besar bagi rumah itu sendiri maupun kesehatan penghuninya.

Rumah adalah tempat dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu kita. Namun rumah juga merupakan tempat yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung, otak, hormon, hingga kesehatan mentalmu. Kita tentu tahu bagaimana makanan sehat itu. Tahu bahwa olahraga itu baik untuk kita dan polusi udara buruk untuk kita. Namun kita tak banyak banyak tahu bagaimana keadaan tempat dimana kita menghabiskan sebagian waktu kita yaitu dirumah.

Hal kecil yang dapat membuat rumah kita tidak terasa sehat ada banyak misalnya vacum cleaner (penyedot debu) tanpa filter yang baik justru hanya akan memecah kotoran menjadi partikel yang lebih kecil lalu menyebarkannya lagi disekitar ruangan. Contoh lainnya adalah dapur, jika ventilasi buruk, maka asap dari kompor saat memasak hanya akan berputar-putar di dalam dapur saja. Ketika kita memasak, sebagian besar dari kita tidak menyadari bahwa sebenarnya kita sedang mengubah kualitas udara didalam rumah terutama jika dapurmu tidak terdapat exhaust fan. Saat di dapurmu ada exhaust fan pun sebaiknya gunakan exhaust yang modelnya mengeluarkan asap dari kompor ke luar rumah karena model lain hanya mengumpulkan lalu menguraikan kembali asap didalam ruang dapur.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar rumah lebih sehat :

Rumah yang mendapat cahaya matahari langsung
Rumah yang mendapat cahaya matahari langsung | Gbr : Proyek Reka Persada

– Biarkan cahaya matahari masuk kedalam rumah

Tentu kita tahu bahwa cahaya matahari memiliki banyak manfaat misalnya vitamin D yang baik untuk kesehatan, untuk itu buatlah rumahmu memperoleh cahaya matahari (terutama cahaya pagi) agar ruangan serta penghuninya lebih sehat.

– Jaga kelembaban agar tidak berlebihan

Ruang rumah yang terlalu kering tidaklah bagus, namun yang terlalu lembab-pun juga tidak baik karena dapat mendatangkan jamur, pertanda kebocoran, dinding merembes dan sebagainya. Selalu cek air jika ada yang mencurigakan.

Dapur Dengan Exhaust Fan Bawah Kabinet
Dapur Dengan Exhaust Fan Bawah Kabinet | Gbr : Homedepot.com

 

– Masak di dapur dengan exhaust yang modelnya membuang udara ke luar ruang

Saat ini, pemilik rumah dengan dapur yang modern sudah sadar akan pentingnya exhaust fan. Setelah memasak atau setidaknya saat merasa asap masakan di dapur sudah terasa mengganggu, dengan memencet tombol di exhaust fan, asap akan tersedot dan hilang. Namun exhaust fan memiliki beberapa jenis, yang paling pas adalah model exhaust yang dipasang di bawah kitchen kabinet, tepat diatas kompor. Pilih yang ukurannya sesuai dengan ukuran kompor yang kamu pakai. Pilih juga yang cara kerjanya di ekstraksi yaitu menyaring udara kotor dengan filternya lalu melepaskan udara tersebut melalui ventilasi ke arah luar ruangan. Jangan lupa untuk sering membersihkan filternya agar tidak menyumbat alat hisap sehingga exhaust fan bekerja optimal.

– Sedot debu dengan vacum cleaner secara teratur

Seperti yang sudah kita tahu bahwa rumah yang sehat tentunya rumah yang bersih. Salah satu cara agar rumah bersih adalah dengan rutin membersihkannya. Menyedot debut adalah salah satu cara agar rumah terlihat & terasa bersih.

– Jauhkan bau gas dari dalam rumah

Gas dari dapur yang biasa digunakan memasak tidaklah baik bagi kesehatan. Untuk itu jika terdapat bau gas dirumahmu, buka pintu maupun ventilasi seperti jendela agar bau gas keluar ruangan & berganti dengan udara yang lebih segar.

Rak Sepatu di Luar Rumah
Rak Sepatu di Luar Rumah | Gbr : pinterest.com

– Pindahkan sepatu keluar rumah

Satu tips sederhana untuk membuat rumahmu lebih sehat adalah dengan melepas sepatu yang kamu pakai sebelum masuk ke dalam rumah. Dibagian bawah sepatu kita terdapat berbagai macam kotoran terutama jika kamu suka berjalan kaki, otomatis kotoran yang terbawa oleh sepatu semakin bervariasi. Sebaiknya tempatkan rak sepatu di area luar rumah untuk membatasi kotoran dan debu yang menempel dari jalan dan tempat lain yang berkuman dan mungkin terkena bahan kimia yang mengkhawatirkan yang bisa terkena orang-orang di dalam ruangan.

– Pastikan kamar tidur memiliki ventilasi yang baik & Jauhkan ponsel saat akan tidur

Satu hal menarik dari rumah yang sehat adalah kamar tidur kita, tempat dimana kita beristirahat. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa waktu tidur yang cukup adalah kunci untuk kesehatan secara keseluruhan. Untuk itu, pastikan kamar tidurmu memiliki ventilasi udara yang baik. Tambahkan juga pelembab udara atau alat pembersih udara bila perlu, agar saat tidur kamu bernafas lebih mudah dan sehat.

Selain itu jangan bawa ponselmu ketempat tidur. Mengapa? Ponsel yang ada didekatmu selain akan mengganggu (misalnya saat berdering), ternyata cahaya dari ponselmu dapat menyebabkan produksi melatonin pada tubuh berkurang yaitu hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun.

– Kurangi penggunan penyegar atau pewangi udara

Penyegar udara memang bermanfaat agar ruang didalamnya tidak lembab, bau apek dan sebagainya. Terkadang membuat rumah berbau wangi adalah prioritas bagi banyak pemilik rumah, namun beberapa penyegar udara atau lilin wangi aromaterapi cenderung memiliki banyak kekurangan daripada kelebihannya. Untuk itu, jika memang tak diperlukan sebaiknya kurangi penggunaan pewangi ruangan karena bahan kimia yang dikandungnya. Lilin aromaterapi yang perlu dibakar untuk memancarkan wanginya juga kurang baik jika dipakai terus menerus karena proses pembakaran tadi bisa melepaskan partikel2 yang kurang baik bagi tubuh.

sumber : news.harvard.edu (dengan banyak improvisasi)

Terima kasih telah membaca artikel Lakukan Ini Agar Rumah Tak Membuatmu Sakit!. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.