Kontraktor Jogja Bangun Rumah 2 Lantai di Sleman Yogyakarta

Tahap Bangun Rumah – Seperti yang sudah diketahui, membangun rumah butuh biaya yang tak sedikit. Itulah mengapa, wajar jika kamu mencari berbagai alternatif untuk bisa menghemat biaya pembangunan rumah. Berikut ini kami berikan tips 7 tahap bangun rumah agar biaya tidak membengkak :

Cari lokasi yang bagus
Tentukan dimana kamu akan membangun rumah. Keputusanmu itu akan tergantung pada berbagai faktor misalnya terkait berada di daerah seperti apa, lokasinya dekat dengan pusat kota atau tidak dan sebagainya. Karena faktor-faktor ini tentu menentukan biaya yang harus kamu keluarkan. Misalnya lokasi tanah yang dekat dengan pusat kota biasanya harganya akan lebih tinggi. Medan menuju lokasi tanah juga mempengaruhi, misalnya saat membangun rumah di area dekat tebing dan tanah berbatu tentu lebih sulit daripada di tanah datar dan hal-hal seperti ini yang tentu berdampak pada biaya.

Contoh Gambar Denah untuk Tahap Bangun Rumah
Contoh Gambar Denah Ruang

Buat denah ruang
Bahkan jika kamu ingin menyewa arsitek, sebaiknya kamu buat sendiri dulu denah ruangnya. Tak perlu dibuat rumit, hanya menggambar dengan pensil/bolpen diatas kertas kosong pus sudah cukup. Dengan menggambar denah lantai, kamu akan memiliki gambaran yang lebih baik terhadap ruang-ruang dirumahmu. Artinya kamu tahu betul dimana letak kamar mandi, jumlah kamar tidur, dapur dan sebagainya. Untuk gambar yang lebih detailnya, nanti arsitek yang akan membuat desain ruangnya.

Desain 3D Rumah 2 Lantai
Contoh Desain 3D Rumah 2 Lantai | Gbr : Proyek Reka Persada

Cari desain
Tahap bangun rumah yang selanjutnya adalah cari desain rumah yang kamu inginkan, bisa melalui website, sosial media atau majalah. Tujuan untuk mencari desain ini agar setidaknya kamu punya gambaran nanti rumahmu ingin seperti apa. Lalu, dari berbagai hasil pencarianmu tadi bisa kamu kombinasikan untuk diterapkan dirumahmu. Pastikan mengkombinasikannya tidak berlebihan dan lihat juga secara estetik dan teknis apakah cocok dan memungkinkan.

Keramik Lantai Motif Kayu
Keramik Motif Kayu Sebagai Alternatif Penggunaan Lantai Kayu Yang Harganya Cukup Mahal & Susah Perawatan | Gbr : Proyek Reka Persada

Pilih material sesuai anggaran
Membangun rumah dari awal memungkinkan kamu untuk memilih material berdasarkan kesukaan dan budgetmu sendiri. Pastikan selalu memilih material yang berkualitas baik namun tetap disiplin pada budget yang ada. Lakukan survey dulu misalnya ke beberapa toko untuk membandingkan kualitas dengan harga yang mereka jual.

Jika kamu bekerja sama dengan kontraktor pilihanmu, kamu juga bisa menyerahkan proses pembelian material ini kepada kontraktor tersebut namun disesuaikan dengan anggaran dan keinginanmu. Karena terkadang pihak kontraktor sudah punya supplier material tersendiri yang secara kualitas tidak dipertanyakan lagi.

Plafon Biru Untuk Kamar Anak Lebih Kreatif
Kamar Anak Dengan Plafon Biru Menyesuaikan Dengan Warn Kesukaannya
Gbr : Pinterest

Buat rumah sesuai ciri khasmu
Rumahmu seharusnya merefleksikan dirimu. Mulai dari ruangan, kamar mandi, dapur dan ruang-ruang lain seharusnya disesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri. Misalnya kamu butuh ruang selain standarnya seperti ruang perpustakaan, ruang kantor, ruang tamu besar yang menghadap ke arah tertentu, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Seluruh keputusan harus berdasarkan kebutuhanmu dan keluarga.

Cari kontraktor terpercaya
Untuk memudahkanmu dalam pembangunan rumah dari awal, sebaiknya kamu gunakan jasa kontraktor profesional misalnya CV. Reka Persada. Disini kamu bisa mengungkapkan apa yang kamu inginkan pada rumahmu nanti, kemudian ungkapkan juga anggaran yang kamu akan alokasikan untuk membangun rumah tersebut. Tahap awal adalah perencanaan desain seperti pembuatan denah, tampilan rumah, lalu pembuatan rencana anggaran biaya (RAB) kemudian setelah terjadi kesepakatan antara pemilik rumah dengan kontraktor maka dilakukan penandatanganan persetujuan, lalu rumah siap dibangun dan kamu tinggal menanti sambil memantau proses pembangunan rumahmu hingga rumah jadi dan dilakukannya serah terima kunci.

Urus perijinan
Sebelum membangun rumah jangan lupa urus perijinan seperti IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan dikemudian hari.

Terima kasih telah membaca artikel 7 Tahap Bangun Rumah Yang Perlu Kamu Tahu. Adakah tahapan lain yang kalian ingin tahu? Share di kolom komentar ya.. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.