Tanaman Indoor Pada Ruang Tamu

Rumahmu seharusnya juga menjadi tempat berlindungmu, tempat dimana kamu beristirahat dari kebisingan dan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, fungsi rumah belum bisa optimal jika memang tak dipersiapkan dengan baik, salah satu alasannya bisa disebabkan oleh penataan rumah tersebut. Untuk itu, berikut kami berikan tips agar rumahmu terasa lebih nyaman untuk dihuni :

1. Gunakan Palet Warna yang Menenangkan
Cobalah mendesain rumahmu dengan warna-warna tenang seperti hijau, biru, ungu. Begitu pula dengan warna putih dan warna netral yang lebih hangat dan fresh. Para ahli percaya bahwa warna cukup mempengaruhi psikologi seseorang. Warna yang digunakan untuk mendekorasi rumah dapat berpengaruh pada emosional penghuni dan sekeluarga yang tinggal disana. Misalnya, berada di sekeliling warna biru sebenarnya dapat menstabilkan detak jantung dan tekanan darah yang efeknya membuat lebih tenang. Akan tetapi, warna yang digunakan pada rumahmu sebaiknya dipilih karena memang seleramu. Misalnya, jangan mengecat rumahmu dengan warna hijau pucat hanya karena konon manfaatnya menurut psikologis memang membuat relaks, padahal mungkin secara pribadi kamu tak menyukainya yang efeknya justru akan membuat tidak nyaman.

Tanaman Indoor Pada Ruang Tamu Buat Lebih Nyaman
Tanaman Indoor Pada Ruang Tamu | Gbr : broadsheet.com.au

2. Menambahkan Tanaman Indoor
Memberikan tanaman pada dekorasi interior rumahmu tak hanya sekedar membuat ruang terlihat hijau. Namun juga dapat menjadi filter udara alami serta melembabkan ruang, karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa berada di sekitar tanaman dapat membuat efek menenangkan pada orang sekitar tersebut. Bahkan satu penelitian mengungkapkan bahwa interaksi aktif bersama tanaman indoor dapat mengurangi stres fisik dan psikologis karena setelah bekerja bersama tanaman indoor akan terasa lebih nyaman, tenang dan natural. Pastikan tanamannya tidak menimbulkan alergi untukmu.

3. Buat Zona tanpa Teknologi
Berdasarkan penelitian di Amerika, disana hampir setengah orang-orangnya akan mengecek gadget mereka seperti cek email, pesan, sosial media secara rutin. Padahal, gadget yang terlalu sering dipegang (dipergunakan) dapat meningkatkan tingkat stress orang yang melakukannya. Untuk itulah, sebaiknya siapkan ruang khusus yang bebas teknologi di rumahmu. Jika tak memungkinkan, kamu bisa memanfaatkan kamar tidur saja. Cukup buat kamar tidurmu bebas dari teknologi seperti tv, hp dan semacamnya karena cahayanya dapat mengurangi kualitas tidurmu. Selain itu, meja makan juga bisa menjadi area bebas teknologi yang artinya, saat kamu sekeluarga makan, jauhkan gadget dan nikmatilah makan kalian. Dimanapun tempatnya yang paling penting adalah komitmenmu untuk disiplin membuat ruang tertentu tanpa komputer, tv dan bahkan charger hp.

4. Bersih-bersih
Rumah yang berantakan dapat membuat penghuninya lebih merasa stress dibandingkan dengan rumah yang rapi. Untuk itu, jika kamu ingin lebih nyaman tinggal dirumah, sebaiknya lakukan bersih-bersih dan rapikan rumah dengan rajin. Beberapa tips agar rumah lebih rapi misalnya hanya dengan melakukan beberapa hal kecil seperti membatasi penggunaan kertas, majalah dan benda-benda lain yang biasanya hanya ditumpuk begitu saja. Selain itu, kamu sebaiknya juga membersihkan tempat tidur setiap pagi agar menjadi kebiasaan.

Mengecat Dinding Dengan Plester Cat
Mengecat Dinding Bisa Dilakukan Sendiri

5. Lakukan Sendiri
Beberapa hal yang bisa dilakukan tanpa jasa profesional, sebaiknya memang dilakukan sendiri saja. Misalnya mengecat pagar rumah, akan menyenangkan bila kamu memilih warna sendiri, mengecat sendiri, dan puas akan hasilnya karena karya sendiri. Mengapa? Mengerjakan sesuatu dengan tanganmu sendiri dapat mengurangi stress dan meningkatkan kebahagiaan.

Sumber : care2.com

Terima kasih telah membaca artikel 5 Tips Agar Rumah Terasa Lebih Nyaman. Jika Kamu ingin bangun rumah dengan menggunakan jenis lantai semen seperti diatas, atau ingin renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.