Bata Merah Sebagai Dinding Aksen Pada Kamar Tidur

Bata merah adalah material umum yang digunakan untuk membuat dinding rumah yang biasanya ditutup dengan campuran semen & pasir lalu dicat. Namun seiring perkembangan jaman, banyak orang menggunakan bata merah sebagai salah satu daya tarik tersendiri pada rumahnya. Terlebih dengan munculnya trend Rustic dan Industrial yang ciri khasnya adalah memunculkan kesan alami dalam sebuah rumah misalnya seperti pada rumah di pedesaan. Salah satu contoh dari trend tersebut adalah mengekspos dinding dengan tidak di-finishing seperti dinding pada umumnya. Jika kamu ingin memiliki rumah dengan bata merah yang terekspos, berikut ini kami berikan beberapa inspirasi desain yang bisa diterapkan pada rumahmu :

Ruang Makan dengan Style Industrial Bata Merah diekspos
Ruang Makan Style Industrial Dengan Bata Merah di Ekspos | Gbr : oliandgrace.co.uk

Bata Merah Pada Style Industrial

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bata merah sering digunakan pada rumah bergaya industrial. Rumah yang ruangannya menggunakan style industrial seperti gambar diatas, saat penggunaan bata merah ekspos diterapkan hal tersebut akan memiliki efek yang cukup besar. Warna merah pada bata di dinding tersebut memberikan kesan hangat tersendiri jika dibandingkan dengan dinding biasa yang telah dicat. Terlebih jika ingin memberikan kesan modern, penggunaan material dengan tekstur yang kontras seperti pada gambar diatas sangatlah tepat digunakan pada desain rumahmu.

Pada gambar diatas juga menunjukkan bahwa batu merah sangat cocok digunakan pada ruangan berdesan minimalis dan modern. Bata merah tersebut dapat memberikan tekstur tersendiri secara menonjol saat sebuah ruangan tidak diberikan hiasan dinding dan pernak-pernik penghias ruang. Artinya dengan dinding bata merah yang terekspos saja sudah cukup untuk menutupi kekurangan sekaligus menambahkan tekstur pada sebuah ruang.

Ruang Tamu dengan Bata Merah Diekspos
Ruang Tamu dengan Bata Merah Diekspos | Gbr : Pinterest

Bata Merah Pada Style Rustic Chic

Rustic Chic adalah style lain yang bisa memanfaatkan bata merah dengan baik pada sebuah rumah. Contohnya adalah pada style ruang tamu diatas. Tekstur dari bata merah memberikan kesan rustic secara instan. Terlihat juga bahwa bata merah tersebut cocok dipadukan dengan elemen lain pada ruang tersebut misalnya dengan karpet diatas lantai.

Pada gambar diatas juga terlihat bahwa bata merah dapat dipadukan dengan berbagai hiasan bergaya modern. Misalnya pada ruangan yang memiliki warna cerah dan terang yang umumnya digunakan pada gaya rumah modern.

Bata Merah Sebagai Dinding Aksen Pada Kamar Tidur
Bata Merah Sebagai Dinding Aksen Pada Kamar Tidur | Gbr : drakensbergbackpackers.com

Dinding Aksen

Cara lain yang bisa diterapkan untuk bata merah yang terekspos adalah menggunakannya sebagai dinding aksen. Pada gambar diatas, tekstur bata yang terlihat kasar memberikan tampilan rustic yang sangat mencolok. Terlihat pula hanya dengan memberikan bata merah yang terekspos pada satu sisi dinding saja sudah bisa mendapatkan style rustic pada ruang yang modern.

Bahkan, dinding aksen dengan bata merah dapat memberikan kontras pada dinding dan menambah ruang jadi semakin menarik. Sisi dinding lain terlihat modern dan terang ditambah pernak-pernik lain berwarna gelap, serta furnitur yang minimalis, lalu dengan lampu bergaya industrial, ketika digabungkan elemen-elemen tersebut terlihat menunjukkan bahwa penggunaan bata merah terekspos semakin cocok digunakan pada kamar tidur tersebut.

Bata Merah Untuk Backsplash di Dapur
Bata Merah Untuk Backsplash di Dapur | Gbr : remingtonavenue.com

Mengkombinasikan Tekstur

Salah satu ciri yang digunakan pada sebuah ruang yang modern adalah digunakannya berbagai tektur yang cukup berbeda satu sama lain. Untuk itu, gambar diatas sudah sangatlah tepat menerapkan hal ini. Bata merah pada backsplash (dinding didapur yang letaknya diantara meja dapur dengan rak diatasnya) memberikan tekstur yang kuat. Sementara itu, marmer yang digunakan untuk papan meja dapur dan kayu untuk rak dibawahnya maupun diatasnya menambahkan tekstur berbeda pula. Hal ini menunjukkan bagaimana ketiga tekstur tersebut dapat menciptakan tampilan yang sangat menarik dalam sebuah ruang. Style seperti ini juga sangat bagus bila diterapkan pada ruang untuk menyimpan karya seni atau ruang yang memang dikhususkan untuk mencerminkan sisi seni dari pemilik rumah, dimana kontras tiap tekstur memang menjadi tema andalannya.

sumber : freshome.com

Terima kasih telah membaca artikel 4 Inspirasi Menggunakan Bata Merah Yang Di Ekspos. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.