Plafon Pink Cocok Untuk Kamar Anak

Tips Mendekorasi Kamar Anak Sesuai Psikologi Warna – Ketika mendekorasi kamar anak, kita terkadang memilih warna yang kita suka. Tak ada salahnya sih melakukan hal tersebut, terlebih jika anak belum bisa menentukan sendiri warna kesukaannya, namun sebenarnya pemilihan warna tak sesimpel itu. Tiap warna memiliki efek yang berbeda pada tubuh dan pikiran manusia dan tentunya hal ini perlu kalian perhatikan khususnya ketika akan mendekorasi kamar anak balita. Pastinya kamu mau semua yang terbaik untuk anak-anakmu kan? Hal ini bisa dimulai dari sini. Yuk pelajari bagaimana warna dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku anak-anak dan temukan mana warna terbaik yang cocok untuk kamar anak-anak :

Warm Colors (warna hangat)
Warna hangat biasanya menstimulasi pikiran dan dapat memberi energi pada tubuh. Warna ini membuat ruang yang besar terasa nyaman dan ramah. Namun warna hangat tak terlalu santai sehingga tak cukup baik untuk kamar tidur terutama bagi anak-anak yang energik. Yang termasuk kedalam warna hangat misalnya Orange, Kuning, Merah, Pink.

Kamar Warna Oranye Kombinasi Coklat & Putih
Kamar Warna Oranye Kombinasi Coklat & Putih | Gbr : idealhome.co.uk

Oranye
Jika ingin menghadirkan warna orange pada kamar anak, triknya adalah mengkombinasikan warna hangat dan dingin (warm and cold shades). Warna hangat seperti oranye dapat menimbulkan perasaan nyaman yang menstimulasi anak untuk berinteraksi sosial dan berkomunikasi. Namun terlalu banyak warna oranye efeknya juga berlebihan bagi anak. Untuk itu, seimbangkan penggunaan warna orange misalnya dengan warna biru, coklat dan warna-warna dingin lainnya.

Warna Kuning Sebagai Aksen Kamar Anak
Warna Kuning Digunakan Sebagai Aksen Kamar Anak Untuk Menambah Keceriaan

Kuning
Jika ingin menggunakan warna kuning, bisa dikombinasikan dengan warna netral seperti abu-abu dan sejenisnya untuk mengimbanginya. Hal ini karena kuning adalah warna ceria dan energik yang memberikan nuansa cerah pada sebuah ruangan. Warna kuning juga sangat berkaitan dengan kebahagiaan. Warna kuning lembut (kuning pucat) dapat merangsang konsentrasi, sedangkan warna kuning cerah dapat merangsang memori. Selain dikombinasikan dengan warna abu-abu, warna biru juga bisa digunakan agar terlihat kontras dengan kuning.

Mendekorasi Kamar Anak Dengan Aksen Merah
Kamar Anak Dengan Aksen Merah

Merah
Gunakan warna merah hanya untuk aksen saja lalu kombinasikan dengan warna dingin. Merah adalah salah satu warna yang tidak direkomendasikan digunakan pada kamar anak-anak, alasannya warna ini berkaitan dengan sifat agresi, ketidakmampuan untuk fokus, dan sakit kepala. Tentunya hal ini akan dialami ketika menggunakannya secara berlebihan. Akan tetapi, jika digunakan dengan tepat warna merah juga memiliki dampak yang bagus misalnya memberi energi pada tubuh dan meningkatkan kemampuan atletik.

Pink Dipadukan Dengan Warna Lain Pada Kamar Anak
Pink Dipadukan Dengan Warna Lain Pada Kamar Anak

Pink
Menggunakan warna pink di keseluruhan ruangan mungkin akan baik-baik saja, namun hal ini biasanya hanya akan bertahan sebentar. Lebih baik mengkombinasikan warna pink dan putih secara seimbang. Warna pink berkaitan dengan hal-hal yang girly dan princess dan hal ini bukanlah kebetulan. Mengapa? Warna pink memiliki efek yang menenangkan dan membangkitkan sisi feminim dan empati pada suatu hal. Memang warna pink berefek menenangkan, akan tetapi warna ini dapat memicu kecemasan. Untuk itu, jangan mendekorasi kamar anak secara keseluruhan ruangan dengan warna pink.

Cold Colors (warna dingin)
Jika dibandingkan dengan warna hangat, warna dingin biasanya memiliki efek lebih untuk menenangkan pada tubuh dan pikiran. Warna ini membuat ruangan terasa luas dan santai. Beberapa warna gelap juga termasuk kedalam warna dingin. Tetapi, warna-warna gelap harus digunakan secara seimbang agar terhindar dari suasana suram. Yang termasuk kedalam warna dingin misalnya Biru, Hijau, Ungu, dan sebagainya.

Kombinasi Biru Muda Pada Dinding & Putih Pada Plafon di Kamar Anak
Kombinasi Biru Muda Pada Dinding & Putih Pada Plafon di Kamar Anak

Biru
Jika ingin membuat kombinasi warna yang menenangkan secara pas, pilihlah kombinasi warna putih dan biru. Biru adalah warna yang bertentangan dengan warna merah. Biru memberikan efek tenang, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan dan agresi. Biru juga pilihan warna yang baik jika kamu ingin menciptakan lingkungan yang sejuk di tempat yang panas dan lembab. Akan tetapi, warna biru tertentu justru akan menciptakan suasana menyedihkan seperti warna biru keabuan.

Ruang Hijau Di Kamar Anak Dengan Rak Buku Perlengkapan Belajar
Ruang Hijau Di Kamar Anak Dengan Rak Buku Perlengkapan Belajar

Hijau
Hijau menenangkan dan tepat digunakan dimanapun. Hijau dikaitkan dengan alam, melambangkan kesehatan dan kesejahteraan. Warna hijau memiliki efek menenangkan pada tubuh, meningkatkan konsentrasi dan beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa warna ini dapat meningkatkan kemampuan membaca. Untuk itu, warna hijau cocok digunakan di lingkungan belajar.

Kamar Berwarna Ungu Akan Terlihat Glamor
Kamar Berwarna Ungu Akan Terlihat Glamor

Ungu
Ungu adalah perpaduan warna biru dan merah, warna ini glamor dan misterius cocok jika kamu ingin mendapatkan tampilan yang sophisticated. Warna ungu berkaitan dengan kemewahan dan juga kebijaksanaan serta spiritualitas. Warna pastel seperti ungu muda, lavender membawa kesan menenangkan, sedangkan warna ungu yang lebih gelap akan menimbulkan efek glamor yang lebih kuat.

Warna Kamar Putih Dipadukan Dengan Coklat Muda Krem di Kamar Anak
Warna Kamar Putih Dipadukan Dengan Coklat Muda Krem di Kamar Anak

Putih
Warna putih akan terasa lebih hangat dengan tambahan beberapa warna alam seperti coklat muda. Jika tak mau terlihat monoton, pilih saja kombinasi warna kontras seperti hitam dan putih. Warna putih dikaitkan dengan kepolosan dan ketenangan. Putih juga berkaitan dengan kerahasiaan dan modernisasi.

Kamar Abu-abu Dikombinasikan Dengan Kuning Terlihat Lebih Ceria
Kamar Berwarna Abu-abu Dikombinasikan Dengan Kuning Terlihat Lebih Ceria

Abu-abu
Kuning bagus digunakan sebagai aksen dari ruangan yang memiliki dekorasi warna utama abu-abu. Meskipun warna abu-abu terkesan sedikit suram, sedih dan sejenisnya tetapi warna ini juga membangkitkan emosi lainnya misalnya karena efeknya yang tenang dan relaks akibatnya warna ini membuat kita ingin merenungkan banyak hal. Namun, jika warna ini terlalu banyak, akan condong ke bangkitnya rasa kesepian, jika kamu ingin menggunakan warna abu-abu, kombinasikanlah dengan warna hangat dan cerah seperti kuning.

Furniture Hitam Di Kamar Berwarna Utama Hijau Dengan Jendela Besar
Furniture Hitam Di Kamar Berwarna Utama Hijau Dengan Jendela Besar

Hitam
Paling sering, warna hitam digunakan pada furnitur dan dikombinasikan dalam ruangan yang cerah. Ruang kamar anak jarang menggunakan warna hitam. Jika ingin menggunakannya, gunakan secukupnya saja karena warna ini powerful dan gelap, jadi gunakanlah bila sebuah ruang memiliki jendela yang besar, banyak cahaya alami yang masuk dan kombinasikanlah dengan warna yang kontras.

Ruang Kamar Anak Dengan Warna Coklat
Ruang Kamar Anak Dengan Warna Coklat | Gbr : digsdigs.com

Coklat
Penggunaan warna coklat dapat menarik perhatian untuk aksen tertentu pada ruang kamar anak-anakmu. Hangat dan berkesan alam, warna coklat cocok untuk digunakan di kamar anak. Gunakanlah warna coklat gelap atau coklat muda.

Sumber : homedit.com/color-psychology-for-nursery-rooms

Gbr : pinterest

Itulah artikel mengenai Yuk Belajar Psikologi Warna Sebelum Mendekorasi Kamar Anak . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.