Dapur Dengan Plafon Dicat Bergaris-garis

Dari berbagai elemen pembentuk sebuah ruang yaitu plafon, dinding dan lantai sepertinya yang sangat berpengaruh terhadap tampilan ruang adalah plafonnya. Jika tak suka terhadap tampilan sebuah ruang, menambahkan sesuatu pada plafon akan menghasilkan kesan yang lebih berbeda dibandingkan bila menambahkan hiasan di lantai misalnya menambah karpet untuk lantai.

Plafon atau langit-langit adalah permukaan yang “memberikan cahaya”, karena sumber cahaya seperti lampu biasanya dipasang disana. Ketinggian plafon juga sangat mempengaruhi apa yang orang rasakan dan pikirkan saat masuk ke sebuah ruangan. Plafon yang tinggi membantu sebuah ruangan agar tampak lebih cerah, lebih luas dan juga mempengaruhi cara pandang seseorang, karena orang yang memandang plafon rendah cenderung merasa tertindas/sumpek dan membuat suasana hati lebih negatif dibandingkan plafon tinggi.

Namun, tidak semua rumah memiliki plafon yang tinggi. Terlebih bagi kamu yang tak membangun rumah sendiri, misalnya membeli rumah di perumahan, rumah second dan sebagainya. Tidak ada kesempatan untuk mengubah plafon menjadi lebih tinggi. Akan tetapi, ada cara untuk mengakali plafon rendah ini agar tampak lebih tinggi, berikut informasinya :

Gorden Putih
Tirai Tipis Dipasang Dari Plafon ke Lantai | Gbr : pinterest

Gunakan Tirai Panjang

Pada rumah kebanyakan, tirai yang digunakan adalah yang pas dengan jendela dari segi lebar maupun tingginya, karena tirai biasa hanya digunakan untuk mencegah cahaya masuk saat tak diperlukan dan menjaga privasi di ruang itu. Namun, mengganti tirai yang benar ternyata dapat membantu sebuah ruangan terasa lebih luas. Daripada menggantung tirai tepat diatas jendela, pindahkan batang tirai ke atas sampai plafon dan juga melebihi lebar jendela, ganti dengan tirai yang lebih panjang, sepanjang plafon hingga lantai. Dengan cara ini, plafon akan terlihat lebih tinggi. Sementara itu, tirai yang sedikit melebihi lebar jendela akan membuat kesan seolah jendela lebih besar saat jendela terbuka, hal ini sekaligus akan membuat ruang terlihat lebih luas.

Dinding Dengan Pola Garis Vertikal Untuk Ruang Plafon Rendah
Dinding Dengan Pola Garis Vertikal Untuk Ruang Plafon Rendah
Gbr : impressiveinteriordesign.com

Buat Pola Vertikal

Mirip seperti tips diatas, cara lain untuk membuat plafon rendah terlihat tinggi adalah dengan membuat garis vertikal di dinding. Cara ini dapat membantu memindahkan fokus mata ke arah atas dan bawah bukan secara horizontal. Caranya bisa berbagai macam misalnya dengan memasang karya seni yang meninggi (bukan melebar), memilih jendela yang tinggi dan tipis atau sekedar membuat pola vertikal pada dinding. Untuk pola vertikal di dinding, kamu bisa menggunakan wallpaper atau mengecatnya saja. Jika tak suka dengan pola garis yang jelas, kamu juga bisa mengakalinya dengan cara menggunakan 2 jenis cat berbeda untuk mengecat pola tersebut misalnya cat dinding glossy dan cat doff atau matte dengan warna yang sama namun hasilnya akan sedikit berbeda.

Contoh Ruang Dengan Warna Plafon Ringan
Contoh Ruang Dengan Warna Plafon Ringan
Gbr : freshome.com

Pilih Warna Cat Plafon Yang Ringan

Salah satu tren mendekorasi ruang yang sedang populer adalah melukis plafon yang biasanya dibiarkan warna putih saja. Namun, sebelum mengikuti tren sebaiknya berpikirlah lagi karena menggambari plafon justru akan membuat plafon rendah terlihat semakin rendah dan efeknya, ruang terasa sumpek. Hal ini berbeda bila kamu sekedar mengecatnya tanpa memberi tambahan gambar tertentu. Mengecat plafon dengan warna yang ringan (tidak terlalu terang, dan tak terlalu gelap) justru akan terasa nyaman dan menarik. Plafon seperti itu cocok dipadukan dengan dinding yang berwarna cerah, sehingga dapat membuat ruang tampak lebih luas.

Ruang Dengan Lampu Tanam Pada Plafon
Contoh Ruang Dengan Lampu Tanam Pada Plafon
Gbr : kitchensbymilestone.co.uk

 

Hindari Objek Yang Mencolok

Jika plafon rumahmu rendah, sebaiknya jangan gantungkan kipas angin maupun lampu gantung disana. Sebagai gantinya, pilihlah model plafon dengan lampu tanam. Aksesoris yang digantung pada plafon dapat merusak fokus ruang dan mata hanya tertuju pada aksesoris dan plafonnya itu.

Selain benda/aksesoris di plafon, aksesoris lain yang menonjol sebaiknya kamu jauhkan juga dari dinding. Misalnya hiasan tepian plafon yaitu ukiran (biasanya dari kayu) yang diletakkan diantara dinding dan plafon. Hal ini akan membuat plafon semakin rendah. Namun jika kamu menginginkannya, pasanglah yang berdesain minimalis saja.

 

Bantulah Dengan Aksesoris

Benda apapun yang ada di sebuah ruang yang memiliki plafon rendah juga berpengaruh untuk memperbaiki atau justru memperparah tampilan ruang tersebut. Seperti dengan furnitur, pilihlah yang lebih rendah yang dapat membantu ruang tak terlihat semakin sempit.

sumber : homedit.com

Itulah artikel mengenai Trik Buat Plafon Rendah Tampak Lebih Tinggi . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.