Speaker Pada Plafon Rumah

Jika bicara tentang tren rumah, sepertinya cukup mudah diprediksi misalnya desain rumah minimalis yang sepertinya masih terus akan digunakan di tahun 2019 ini meski tren ini sudah ada dari beberapa tahun belakangan ini. Namun selain tren desain minimalis, beberapa tren berikut ini juga perlu kamu pertimbangkan bila ingin membangun rumah :

Speaker Pada Plafon Rumah
Speaker Built-in Pada Plafon Rumah | Gbr : outeraudio.com

Hidden tech
Konsep smarthome dimana mengkombinasikan desain rumah dengan teknologi memang bukan hal baru. Bahkan sekarang ini, keberadaan teknologi sudah menjadi bagian dari desain rumah, bukan sekedar fitur tambahan saja. Seperti membangun ruang tv dengan speaker benam dan sebagainya sudah didesain sedari awal rumah dibuat agar kamu tak perlu lagi melihat kabel dimana-mana.

Denah Rumah Layout Oleh Pemborong di Jogja
Denah Menyesuaikan Kondisi Rumah
Gbr : Proyek Reka Persada

Desain yang fleksibel
Selera tiap orang berbeda-beda, untuk itu kamu tak perlu terpaku pada banyaknya denah rumah yang ada di internet. Oleh karena itu di tahun 2019 ini, banyak desainer/arsitek mulai menerapkan desain arsitektur yang fleksibel dimana desain ruang seharusnya memang dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing rumah yang mana tiap keluarga memiliki cara mereka masing-masing saat tinggal di rumahnya sendiri. Artinya, desain rumah nantinya akan lebih detail dan sesuai dengan keinginan pemilik rumah itu sendiri.

Tanaman Hias di Taman Rumah
Tanaman Hias di Taman Rumah
Gbr : Pinterest

Berkelanjutan
Desain yang berkelanjutan mungkin bukanlah hal baru karena rumah memang notabene dibuat untuk dihuni selama beberapa tahun. Akan tetapi konsep rumah yang berkelanjutan ini disesuaikan dengan era tahun 2019 misalnya dengan dipakainya perabotan rumah yang hemat energi, menggunakan energi surya untuk mengurangi energi listrik, dan sebagainya yang tujuannya untuk mengurangi dampak buruk bagi lingkungan. Selain itu kini banyak juga digunakan tanaman indoor dan pepohonan hijau untuk area luar rumah.

Rumah Tumbuh 2 Lantai di Jogja
Rumah tumbuh 2 lantai solusi rumah di lahan yang minim
Gbr : Proyek Reka Persada

Rumah Dengan Ukuran Kecil
Beberapa tahun yang lalu, ukuran rumah sangatlah berpengaruh saat mendesain rumah. Padahal ada juga rumah yang meski berukuran besar, finishingnya tidak rapi dan tak memiliki keistimewaan khusus jika dibandingkan memiliki rumah berukuran kecil. Kini di tahun 2019 semakin terbatas dan mahalnya lahan untuk membangun rumah, banyak orang lebih memilih untuk memiliki rumah berukuran kecil. Bahkan karena bukan terkait biaya namun memang pemilik rumah memilih demikian karena ingin membuat penghuni rumah lebih sering berinteraksi satu sama lain, selain itu juga ingin mengoptimalkan area luar rumah menjadi area taman hijau yang cantik untuk bermain bagi anak-anak misalnya.

Open Space Konsep Sedang Tren Karena Rumah Minimalis
Rumah Berkonsep Open Space dimana Area Dapur, Ruang Makan, Ruang Tamu dalam 1 Ruang
Gbr : Pinterest

Ruang yang Tersegmentasi
Dalam beberapa tahun ini open space konsep (konsep dimana satu ruangan besar rumah diatur terbuka untuk digunakan beberapa fungsi, misal dalam satu ruang besar digunakan untuk ruang tamu, ruang makan & dapur tanpa sekat yang menutupinya) seolah digunakan oleh siapa saja yang membuat rumah baru. Namun seiring dengan banyaknya digunakan konsep terbuka ini ternyata terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Misalnya karena saking terbukanya sebuah rumah, arsitek harus pintar-pintar menempatkan dan mendefinisikan sebuah ruang secara jelas tanpa ditutupi oleh dinding sebagai sekat tiap ruang. Untuk itulah kenapa pada rumah-rumah modern sering kita temui rumah yang didalamnya ada area ruang yang lebih rendah dibanding area lain, atau ada plafon yang sengaja dibuat berbeda tingginya dan ide-ide lain yang digunakan sebagai cara untuk membuat rumah berkonsep terbuka tidak terasa membosankan, dan ketika pertama kali melihat ruang itu, orang lain langsung bisa mendefiniskan kegunaan dari area tertentu. Nah, ruang yang tersegmentasi seperti ini haruslah dipikirkan dari awal saat perencanaan bangun rumah, apakah kamu nantinya akan suka saat diimplementasikan dalam rumahmu?

Ruang makan di balkon
Balkon Dimanfaatkan Untuk Area Hijau Dengan Berbagai Tanamannya | Gbr : Pinterest

Outdoor Living
Area halaman belakang rumah tak lagi disepelekan. Kini sudah banyak orang yang memberikan perhatian tak hanya pada area dalam ruangan saja namun area luar ruang juga. Sekedar digunakan untuk tempat barbeque, kolam ikan, kolam renang atau hanya tempat yang digunakan untuk area bermain anak-anak. Hal ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah dan bagaimana kebiasaan mereka dalam menggunakan ruang. Artinya, kini area luar ruang tak kalah penting dari area dalam rumah karena dengan mendesain area luar rumah secara tepat, kamu akan seolah sudah meningkatkan ukuran rumahmu. Terlebih lagi, merencanakan area luar ruang sebagai bagian desain dan bangunan rumahmu justru akan lebih hemat budget dibandingkan mempercayakan kepada desainer berbeda di waktu berbeda pula.

Rumah Bergaya Farmhouse
Farmhouse yaitu desain rumah yang mengarah pada hunian di area pedesaan. Beberapa orang menyukai desain ini karena kesan yang ditimbulkannya hangat, tenang dan nyaman. Di tahun 2019 ini, beberapa orang yang suka suasana tenang pedesaan mungkin akan mempertimbangkan untuk memiliki desain rumah bergaya farmhouse ini.

sumber : freshome.com

Terima kasih telah membaca artikel Ingin Rumah Terlihat Beda Namun Renovasi Sendiri? Lakukan Hal Ini!. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.