Cabut Kabel Tak Terpakai Dari Stop Kontak

Penyebab dari kebakaran rumah bisa terjadi dari berbagai macam. Namun, penyebab yang cukup banyak untuk saat ini adalah dikarenakan konsleting listrik. Memang, musibah kebakaran rumah bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja, akan tetapi tak ada salahnya untuk menghindari terjadinya musibah ini dengan tindakan pencegahan. Untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh konsleting, berikut ini kami berikan tipsnya :

Cabut Kabel Tak Terpakai Dari Stop Kontak Cegah Kebakaran
Cabut Kabel Tak Terpakai Dari Stop Kontak
Gbr : kompas.com

Hemat energi

Biasakanlah untuk menghemat energi dimanapun kamu berada terutama di rumah. Dimulai dari hal kecil misalnya mencabut stop kontak atau mencabut charger hp yang telah selesai digunakan. Selain itu, matikan lampu bila sudah pagi, toh kita bisa gunakan cahaya alami dari sinar matahari yang selain lebih sehat juga menghemat biaya listrik tiap bulannya.

Periksa regulator tabung gas LPG dan instalasi listrik

Saat akan meningggalkan rumah, misalnya akan berlibur ke luar kota dalam beberapa hari sebaiknya kamu cek dulu regulator tabung gas. Lebih baik lagi kamu lepaskan regulator tersebut untuk mengurangi resiko kebakaran. Selain itu cek juga instalasi listrik, cabut semua listrik yang terpasang sebelum meninggalkan rumah.

Meskipun tak bepergian, kamu juga sebaiknya mengecek regulator gas secara rutin karena kegiatan memasak yang dilakukan tiap hari memungkinkan regulator terkena panas, rusak dan sebagainya yang terkadang perlu diganti.

Dapur Sekaligus Meja Makan desain dapur dan ruang makan sederhana
Dapur Dengan Berbagai Alat Elektronik | Gbr : Pinterest

Gunakan alat elektronik secara sesuai

Penggunaan alat elektronik juga harus sesuai dengan prosedurnya karena jika berlebihan hal ini ternyata juga dapat memicu terjadinya konsleting. Misalnya untuk menggunakan mixer saat membuat roti, sudah tertulis pada buku panduan untuk digunakan secara terus menerus tanpa henti maksimal 15 menit maka, turutilah prosedur yang sudah ditentukan tersebut, jangan melebihi aturannya. Mengapa? Karena peralatan elektronik yang overheat akan mudah memicu terjadinya hubungan arus pendek. Selain itu hal yang sepele namun sering tidak diperhatikan adalah penggunaan stop kontak yang bertumpuk sebaiknya juga kamu hindari untuk mencegah hal yang tak diinginkan seperti konsleting dan semacamnya.

Ketahui daya listrik

Saat membeli alat elektronik pastikan kamu membeli dan menggunakan sesuai dengan daya listrik yang kamu miliki. Misalnya rumahmu memiliki daya listrik hanya 900VA, namun kamu memasang 3 buah AC untuk 3 ruang kamar dengan daya masing-masing AC = 400Watt. Tentunya hal ini tak akan cukup bila kamu menyalakan ketiga AC tersebut secara bersamaan. Selain sia-sia, penggunaan listrk yang melebihi kapasitas yang ada dapat berpotensi mengalami kebakaran.

Jauhkan benda mudah terbakar

Singkirkan benda yang mudah terbakar dari sumber api misalnya korek api, rokok, lilin, minyak tanah sebaiknya disimpan dengan benar dan jauhkan dari sumber api atau panas matahari. Bagi kamu perokok, pastikan untuk melakukan aktivitas ini jauh dari benda yang mudah terbakar dan matikan puntung rokok di asbak sebelum pergi meninggalkan tempat.

Amankan surat berharga

Meskipun segala pencegahan telah dilakukan sebaiknya kamu tetap waspada karena musibah bisa saja terjadi dari berbagai sebab, untuk itu pastikan selalu menyimpan surat berharga di satu tempat yang benar-benar aman misalnya di dalam kotak brangkas besi, di bank, dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa memilih produk asuransi yang mencover perlindungan rumah dari resiko kebakaran dan semacamnya.

Itulah artikel mengenai Tips Terhindar Dari Kebakaran Akibat Konsleting Listrik. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

2 Thoughts on “Tips Terhindar Dari Kebakaran Akibat Konsleting Listrik”

  • Great goods from you, man. I have understand your stuff previous to and you are just too great.
    I actually like what you’ve acquired here, certainly like what you are stating and the way in which you say it.
    You make it entertaining and you still take care
    of to keep it sensible. I cant wait to read far more from you.
    This is actually a terrific web site.

Leave a Reply

Your email address will not be published.