Tips Merapikan Pakaian

Siapa Marie Kondo? Bagi kamu yang kurang familiar, dia adalah seorang ahli menata rumah dari Jepang yang telah menerbitkan buku Best Seller berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing” pada 2011 lalu, dan telah diterbitkan di lebih dari 30 negara. Namun kepopulerannya dalam menata rumah semakin menanjak akhir-akhir ini sejak Netflix mengeluarkan serial dimana Kondo mengunjungi rumah dari beberapa keluarga di Amerika yang sedang memerlukan keahliannya ini dan membantu mereka menata rumahnya sendiri dengan metodenya yang disebut Metode KonMari.

Metode KonMari ini bahkan tak hanya memberikan tips menata rumah, namun kamu juga akan dibawa untuk refleksi diri dulu sebelum masuk ke hal teknis merapikan rumah. Apa saja tips dari KonMari yang bisa kamu ambil sebagai pelajaran? Berikut informasinya :

Tips Merapikan Pakaian
Tips Merapikan Pakaian ala Marie Kondo | Gbr : lauraofpembroke.com

1. Cara paling tepat melipat pakaian
Bahkan jika rumahmu sudah rapi, kamu patut mencoba cara Kondo melipat pakaian. Caranya adalah dengan melipat pakaian menjadi panjang, lalu lipat lagi setengahnya kemudian lipat setengahnya lagi dan membentuk persegi yang bisa kamu letakkan menghadap ke atas pada laci lemarimu. Kamu bisa menggunakan teknik lipatan ini untuk semua kain termasuk pakaian dalam dan kaos kaki. Dengan cara ini, bisa menghemat tempat lebih banyak dan tentunya lebih mudah untuk menemukan pakaian yang kamu inginkan karena saat kamu menarik laci, kamu bisa melihat mana pakaian yang kamu cari, dan langsung bisa mengambilnya.

2. Buat list lengkap tentang apa yang kamu punya
Salah satu hal yang Kondo minta untuk dilakukan orang-orang adalah membuang semua pakaian mereka kedalam satu area sehingga bisa melihat apa saja yang kamu miliki. Mengumpulkan benda-benda seperti pakaian, buku, dsb menjadi satu kelompok tertentu akan membuatmu sadar bahwa kamu tak terlalu butuh pakaian baru lagi.

3. Merapikan barang dalam urutan tertentu
Metode Marie Kondo menyarankan untuk menata pakaian dan buku-buku terlebih dahulu karena akan lebih mudah melakukan pada barang-barang ini dibanding yang lain. Setelah itu, kamu bisa mulai lanjut ke kamar mandi, dapur, garasi dan lainnya. Item-item yang sentimental biarkan dulu terakhir. Hal ini dikarenakan, dengan melihat benda sentimental kamu bisa menentukan manakan yang “spark joy” dan yang bukan.

4. Apakah membuatmu “Spark Joy”
Kondo percaya bahwa cara terbaik adalah dengan memilih apakah benda yang kamu sedang miliki dapat memberikan kesan menyenangkan (spark joy) atau tidak. Pegang benda yang akan kamu akan pertimbangkan lalu rasakan apakah kamu merasa harus tetap menyimpannya atau malah membuangnya. Memilih benda-benda dirumahmu dengan cara ini, artinya nanti setelah rumahmu dirapikan, kamu hanya akan dikelilingi oleh benda-benda yang memang membuatmu senang.

Kabinet Dapur Terlihat Rapi
Kabinet Dapur Terlihat Rapi | Gbr : balizones.com

5. Semua barang ada tempatnya
Agar rumah selalu rapi, pastikan bahwa semua benda ada tempatnya. Artinya, saat suatu barang keluar dari tempatnya, kamu bisa dengan mudah mengembalikan benda itu ditempat semestinya. Artinya, saat kamu perlu menemukan barang tertentu, kamu akan dengan mudah dimana mencarinya.

6. Fokus pada barangmu sendiri
Saat kamu tinggal dengan orang lain, merapikan barang-barang akan cukup merepotkan. Untuk itu, Marie Kondo tidak merekomendasikan untuk turut mengurusi barang milik orang lain. Fokuslah pada barang-barangmu sendiri dan jangan menggurui yang lain. Syukur-syukur jika orang sekitarmu ikut terinspirasi olehmu nanti. Jika kamu sudah berkeluarga dan terdapat anak-anak, libatkanlah anak untuk turut serta merapikan rumah termasuk saat melipat pakaian, agar mereka juga berlatih bertanggungjawab terhadap barang mereka sendiri.

7. Jangan paksa untuk membuang barangmu jika memang kamu tak ingin
Tiap orang punya barang yang banyaknya berbeda-beda, untuk itu Kondo menyarankan bahwa perlu sampai membatasi satu orang hanya satu laci yang berisi sedikit pakaian. Jika kamu suka sesuatu dan memang sangat ingin menyimpannya, maka lakukanlah.

Sumber : news.com.au

Terima kasih telah membaca artikel Tips Merapikan Rumah Ala Marie Kondo. Jika Kamu ingin bangun rumah dengan menggunakan jenis lantai semen seperti diatas, atau ingin renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

One Thought on “Tips Merapikan Rumah Ala Marie Kondo”

Leave a Reply

Your email address will not be published.