Mengecat Dinding Dengan Plester Cat

Cara termudah yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah ruangan terasa baru adalah dengan mengecatnya. Namun, seberapa banyak orang yang merasa nyaman dan percaya diri mengecat ruang di rumah mereka sendiri? Padahal jika menyewa jasa profesional sepertinya sangat menyayangkannya karena area yang dicat tak terlalu lebar. Lalu, meski prosesnya tak semudah yang terlihat, butuh waktu tak sebentar dan butuh ketelitian tertentu, mengapa tak melakukannya sendiri?

Mengecat Dinding Dengan Plester Isolasi Tembok
Mengecat Dinding Dengan Plester/Isolasi Tembok
Gbr : pinterest.com
 

Melakukan pengecatan ruang sendiri dapat menghemat uang, selain itu juga seolah lebih bernilai karena hasil kerja keras sendiri. Berikut ini yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya :

Siapkan Peralatan Yang Bagus

Beberapa alat yang mungkin akan kamu perlukan :

a. Kape, Compound untuk lapisan dinding yang berlubang
b. Pletser cat
c. Kuas berkualitas baik
d. Pengaduk semen
e. Baki/wadah cat roll
f. Paint roller (Ukuran seberapa pun, sebaiknya pilih frame kuas yang kuat & tak mudah lepas)
g. Kain lap/pel
h. Penutup furniture (Agar tak terkena cat)
i. Pakaian yang dipakai saat mengecat
j. Tangga untuk area tinggi
k. Sambungan roller

Menutup Furniture Dengan Plastik Sebelum Mengecat
Menutup Furniture Dengan Plastik Sebelum Mengecat
Gbr : homeguides.sfgate.com
 

Sediakan barang-barang diatas atau beberapa yang sekiranya sangat penting saja dari daftar diatas, dan pastikan belilah yang memang belum kamu miliki saja, sisanya pakai benda-benda yang sudah kamu miliki dirumah, lebih baik manfaatkan uangmu pada alat tertentu yang sebaiknya berkualitas tinggi.

Salah satu kesalahan umum yang orang lakukan adalah menggunakan alat yang murah dan tak berkualitas. Misalnya menggunakan kuas murah padahal jika digunakan, bulu kuas tersebut rontok dan bulunya menempel di dinding, akibatnya dinding jadi tak rata.

Mengecat Plafon Dengan Roller
Mengecat Plafon Dengan Roller
Gbr : aflakrenovations.com
 

Jika ingin mengecat pada dinding yang tinggi atau pada langit-langit, gunakan sambungan roller. Hal ini untuk mengurangi pegal saat mengecat dibandingkan tidak menggunakan sambungan.

Dari berbagai hal diatas tentu yang paling penting adalah cat-nya. Tanyakan pada penjual atau temanmu yang lebih tahu hal ini mengenai cat apa yang bagus untuk area tertentu misalnya.

Lakukan Persiapan

Proses penting lain yang harus dilakukan adalah persiapan sebelum pengecatan. Persiapan ini harus dilakukan dengan benar agar hasil akhir setelah pengecatan juga bagus. Area yang akan kamu cat harus bersih dan bebas dari kotoran serta debu. Lakukan langkah berikut ini :
– Mulai dengan menutup furnitur pada ruang tersebut, singkirkan benda-benda kecil yang bisa terkena cat disana.
– Bersihkan dinding dari jaring laba-laba, dan jika perlu cuci dinding dengan sabun dan air lalu biarkan dinding kering terlebih dahulu
– Gunakan plester pembatas cat (isolasi tembok) untuk membatasi area yang dicat dengan area yang tak dicat, juga untuk membatasi dinding dengan plafon agar pengecatan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Pastikan plester pembatas cat sudah menempel dengan benar pada dinding
– Gunakan primer sebelum cat yaitu lapisan yang berfungsi menutupi kekurangan dinding. Namun saat ini-pun sudah ada cat yang multifungsi yaitu sebagai primer dan sekaligus cat dinding agar pekerjaan lebih cepat.

Dinding yang belum pernah dicat mungkin akan lebih mudah mengecatnya karena masih rata permukaannya. Namun bagi dinding lama yang dicat ulang, terkadang dinding perlu dikikis dulu permukaannya dari cat dinding lama, kemudian juga beri compound pada dinding yang berlubang misalnya dinding berlubang bekas paku yang telah dicabut.

Kuas Cat

Jika piring kotor bisa berbau karena lama dibiarkan di bak cuci piring, begitu pula dengan kuas cat. Setelah selesai digunakan untuk mengecat, bersihkan kuas cat segera agar bisa digunakan lagi suatu hari nanti. Bersihkan kuas dengan sabun dan air ketika cat pada kuas tersebut masih basah. Saat mencucinya, tekan kuas atau gunakan sisir untuk menghilangkan cat-nya dari dasar kuas. Jika terlanjur susah dibersihkan, bisa menggunakan thinner.

Jangan tergesa-gesa saat proses memilih cat

Memilih warna cat yang tepat untuk sebuah ruangan sangatlah menyenangkan tapi juga bisa menjengkelkan. Ada banyak warna yang bisa dipilih, dan menentukan akan pilih yang mana bisa membingungkan. Sebelum kamu memutuskan warna mana, pertimbangkan dulu ruang yang akan kamu cat beserta semua item yang ada didalamnya.

Terkadang, orang akan mulai dengan mengecat dulu, baru memikirkan furniture. Padahal, sebaiknya kamu lakukan sebaliknya, Pikirkan furniture dulu seperti material apa, warna furniturenya, tekstur baru pilih warna cat dindingnya. Terlebih bagi kamu yang akan mengecat dinding lama, tentu di ruangan itu sudah ada benda-benda/furniture lain kan? Tinggal sesuaikan saja.

Buku Katalog Cat Dinding
Buku Katalog Cat Dinding
Gbr : bukalapak
 

Setelah kamu memiliki beberapa calon warna cat yang akan digunakan, mintalah buku/katalog warna cat atau sampel warna yang biasanya disediakan di beberapa toko cat secara gratis. Jika belum yakin, bawalah katalog pulang lalu tes dengan menaruhnya dibawah kondisi cahaya yang masuk ke rumahmu dan cahaya dari lampu di malam hari.

Kamu juga bisa mencoba aplikasi pada smartphone atau website produsen cat atau website sejenis yang menyediakan visualisasi warna kedalam ruang. Cara menggunakan aplikasinya yaitu kamu tinggal upload foto ruanganmu, lalu akan diproses oleh aplikasi, kamu bisa mengganti-ganti warna dinding sesukamu sesuai warna yang tersedia. Catatlah kode warna yang sudah sesuai dengan keinginanmu.

Pilihlah Jenis Cat Dengan Tepat

Jika kamu memilih jenis cat yang berkualitas tinggi biasanya efek paling terasa adalah ketahanannya yang bertahun-tahun. Namun ini juga tergantung seberapa seringnya terpapar panas dan lembab. Berikut jenis cat :

– Flat Paint : bagus untuk menyembunyikan kekurangan dinding karena finishnya tidak memantulkan cahaya. Bagus untuk plafon, ruang tamu, kamar tidur

Perbedaan glossy kilau tiap jenis cat dinding
Perbedaan kilauan tiap jenis cat. Semakin berkilau (glossy), semakin mudah dibersihkan. Namun permukaan dinding yang tak rata akan semakin terlihat.
Gbr : community.homedepot.com
 

– Eggshell : sedikit lembut, velvety, bagus untuk ruangan yang tak terlalu sering terekspose seperti ruang tamu, ruang makan

– Satin Paint : bagus untuk area yang sering kena kotoran/lembab seperti dapur dan kamar mandi karena jenis cat ini finishingnya sedikit glossy

– Semi gloss : licin dan berkilau tetapi mudah dibersihkan dan tahan noda dengan baik, cocok untuk kabinet dapur, trim (kayu berukir yang dipasang antara dinding & plafon), jendela dan pintu. Bagus juga untuk dapur dan kamar mandi.

– High gloss : glossy, berkilau, bagus digunakan pada kabinet dan furniture yang sering digunakan/dipegang & sering kotor.

Sulit mengecat area pinggir

Saat mengecat sendiri biasanya akan ditemui kesulitannya ketika masuk ke bagian pengecatan antara dinding dan plafon, kecuali kalau warna dinding dan plafon memang sama. Triknya adalah menggunakan kuas cat berbentuk miring dan menggunakan catnya sedikit-sedikit saja, kemudian ulangi beberapa lapis agar mendapatkan intensitas warna yang sama. Gunakan plester untuk cat juga akan memudahkanmu. Jika cat berlebihan keplafon atau sebaliknya, maka langsung lap dengan kain basah. Yang paling penting, saat mengecat area ini haruslah sabar.

Sumber : today.com

Itulah artikel mengenai Rumah kecil? Berikut Cara Membuat Ilusi Ruang Lebih Besar . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.