Rumah Kecil di Lahan Minimalis

Anda memiliki rumah berukuran kecil? Jika ya, biasa hal yang ingin lakukan adalah membuat rumah yang kecil tersebut terasa lebih luas. Namun untuk dapat melakukannya, terkadang Anda harus mengurungkan niat karena terkendala oleh style rumah yang kurang Anda sukai bila ikut tips yang disarankan. Namun, untuk berkompromi pada ukuran ternyata tak harus mengorbankan style. Ada banyak cara dan triknya mengakali rumah kecil pada lahan yang kecil namun tetap membuat iri yang melihatnya. Berikut kami berikan beberapa tipsnya bahkan sebelum rumah Anda dibangun :

Biarkan cahaya luar masuk ke rumah
Jendela dan pintu yang besar membuat rumah kecil menjadi berbeda. Sebuah rumah akan selalu terlihat lebih besar dari kenyataannya dengan cara menyediakan banyak cahaya dengan jendela dan pintu besar yang menghubungkan interior dan ekstrior ruang tamu dengan tetap memperhatikan garis pandangnya.

Banyak kaca di rumah dapat membuat cahaya matahari alami masuk menerangi semua ruang, dan menciptakan lingkungan rumah yang terasa terbuka dan lapang.

Denah yang tepat
Untuk mengurangi sisa ruangan yang terbuang sia-sia di rumah Anda, pastikan sedari awal saat membuat denah rumah, desain rumahmu memiliki area umum pada satu grup misalnya dapur, ruang makan dan ruang tamu yang sejajar kemudian menggunakan sistem open plan. Setting seperti ini akan mengurangi penggunaan lorong dan pintu yang tak terlalu penting.

Kabinet Built-in
Jika memungkinkan, saat membangun rumah buat juga built in kabinet sebagai tempat penyimpanan barang-barang Anda misalnya pakaian, buku, dan sebagainya. Bukan hanya kabinet built-in untuk buku, di ruang lainpun bisa seperti kabinet di kamar mandi, atau kamar tidur. Untuk kamar tidur, Anda juga bisa manfaatkan kolong kasur (tempat tidur) Anda sebagai penyimpanan rahasia untuk sepatu, maupun tas.

Rumah Kecil di Lahan Minimalis
Rumah Minimalis di Jogja | Gbr : Proyek RekaPersada

Membuat plafon atau langit-langit yang tinggi
Langit-langit yang tinggi dapat memberikan kesan rumah kecil terasa lebih besar. Untuk itu, saat membangun rumah, bila rumah Anda kecil, setidaknya buatlah langit-langit yang tinggi selain rumah lebih sejuk juga terasa lapang.

Perhatikan hal kecil
Saat membangun rumah kecil, usahakan riset terlebih dahulu apa saja yang akan Anda optimalkan agar meski rumah memang kecil, tak semakin sempit karena Anda salah pilih detail rumah. Misalnya pada pintu kamar, apakah memungkinkan bila menggunakan pintu sliding(geser). Contoh lain misalnya area bawah tangga apakah memungkinkan bila dipergunakan untuk lemari penyimpanan, ruang baca dan semacamnya. Pastinya, saat Anda miliki rumah kecil, usahakan jangan memiliki pernak-pernik kecil yang malah dapat membuat rumah Anda terasa sesak karena berantakan.

Sumber : domain.com.au

Itulah artikel mengenai Tips Membuat Rumah Kecil Terasa Lebih Luas. Anda punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar ya.. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

One Thought on “Tips Membuat Rumah Kecil Terasa Lebih Luas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.