Membeli Rumah Second dengan KPR

Memiliki rumah impian dengan menggunakan metode Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan hal yang biasa dilakukan saat ini, membeli Apartemen atau Rumah baru di Perumahan biasanya akan lebih mudah Proses KPR nya karena pihak Developer penjual biasanya sudah memiliki kerjasama dengan pihak Bank penyedia Kredit KPR. namun terkadang kita tidak selalu cocok membeli rumah melalui Developer, dan lebih memilih membeli rumah second dari pemilik Perorangan, namun rumah dari Penjual Perorangan belum tentu di Approve oleh pihak Bank Pemberi Kredit KPR untuk pencairan kredit KPR. Berikut beberapa syarat tips memilih rumah second yang bisa dibiayai Bank dengan KPR.

Tips Membeli Rumah Second dengan KPR

  1. Pastikan jalan akses ke rumah yang akan dibeli minimal memiliki lebar jalan 3 meter, karena hampir semua Bank penyalur KPR mensyaratkan rumah yang dibeli memiliki akses keluar masuk mobil.
  2. Hindari membeli rumah yang dekat dengan Makam, dipinggir Sungai atau Tower Sutet Listrik (jika dekat dengan tower selular tidak apa2).
  3. Hindari membeli rumah berlokasi di T-Junction jalan (istilah Rumah Tusuk Sate), yaitu rumah yang berlokasi di tengah pertigaan jalan, karena beberapa Bank Penyedia KPR mensyaratkan hal tersebut.
  4. Disarankan membeli rumah yang ada IMB nya, untuk beberapa Bank Penyedia KPR mensyaratkan harus memiliki IMB (Ijin mendirikan bangunan), namun beberapa Bank juga bisa syarat IMB nya menyusul.
  5. Harga rumah yang dibeli adalah harga yang wajar/ tidak kemahalan, karena Bank Penyedia KPR nantinya akan melakukan Appraisal Penilaian Harga rumah sebelum proses kredit, jika harga rumah nantinya selisih jauh lebih mahal dari Penilaian Appraisal maka anda diharuskan menyediakan DP yang lebih tinggi.
  6. Disarankan saat akan membeli Rumah Second anda menemui Orang/Penjual yang sesuai atas nama pemilik di Sertifikat tanah, karena jika anda melakukan proses jual beli tanpa bertemu dengan Pemilik atas nama sertifikat akan menyulitkan saat proses Akad Jual Beli (AJB).

Itulah beberapa Tips dari kami dalam memilih Rumah second agar disetujui kredit pemilikan rumah (KPR).

Itulah artikel mengenai Tips Membeli Rumah Second dengan KPR. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.