Tips Membangun Rumah Sendiri - CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
Tuesday, 19/6/2018 | : : UTC+7
CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
No Data

Tips Membangun Rumah Sendiri

Tips Membangun Rumah Sendiri

Membangun Rumah di Jogja – Saat akan membangun rumah, ada banyak hal yang harus dipikirkan, mulai dari budget, gambar rumah sebagai tahap perencanaan, hingga pelaksanaan pembangunannya. Mengingat membangun rumah bukan hal sepele dan bukan pula budget yang kecil, pastikan beberapa hal ini Anda pertimbangkan matang agar dalam prosesnya berjalan dengan lancar :

Pilih lokasi tanah dengan tepat
Sebelum membangun rumah, pastikan Anda membeli tanah terlebih dahulu. Saat sedang memilih lokasi tanah pastikan Anda mempertimbangkannya dengan matang. Tanyakan orang-orang disebelahnya adakah hal yang sekiranya bermasalah di lingkungan tersebut. Pastikan juga kelengkapan surat dari tanah tersebut lengkap.

Pelajari sistem
Setelah memiliki tanah, pelajari sistem pembangunan yang akan Anda gunakan. Apakah harian atau borongan. Coba pelajari keuntungan maupun kerugian masing-masing sistem tersebut.

Budget yang utama
Yang ini pasti Anda sangat paham, biaya adalah hal paling utama yang Anda harus siapkan. Lihat dulu berapa uang Anda, kemudian tentukan berapa uang yang akan Anda keluarkan sebelum mencari tanah atau bahkan menginginkan desain untuk rumah Anda tersebut. Pastikan budget Anda sedikit lebih besar daripada biaya yang Anda siapkan untuk rumah tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak, yang tak terduga, pastikan Anda masih punya uang simpanan. Jika Anda ingin sekalian membeli furniture baru untuk rumah baru tersebut, pastinya lebih banyak lagi budget yang harus Anda sisihkan.

Pikirkan rencana jangka panjang
Tentukan berapa lama Anda akan menempati rumah tersebut. Jika selamanya Anda ingin tinggal disitu, membuat rumah dengan dinding full kayu tentu ini keputusan yang aneh, karena dinding kayu tak tahan lama oleh hujan dan panas. Dinding dengan bata merah atau batako akan lebih cocok. Namun, jika Anda berencana pindah beberapa tahun kemudian, pastikan Anda selalu menjaga rumah tetap baik untuk dijual kembali.

Membangun Rumah

Proses Membangun Rumah di Jogja | Gbr : rekapersada

Cari jasa pembangunan rumah
Membangun rumah tentu tak bisa Anda lakukan seorang diri. Anda tentu butuh tim yang tahu betul teknis pembangunan rumah secara detail. Agar lebih mudah, Anda tinggal menyewa jasa kontraktor jogja Reka Persada yang dapat membantu Anda mulai dari Perencanaan (denah, 3D), RAB (Rencana Anggaran Biaya), hingga Pelaksanaan Pembangunannya.

Buat desain berdasar tanah
Pastikan Anda membuat desain rumah berdasarkan tanah yang Anda miliki. Memiliki rancangan rumah sebelum memiliki tanah bisa jadi sia-sia bagi Anda karena bentuk tanah yang Anda beli bisa saja berbeda dengan desain rumah yang telah Anda rancang.

Buat desain rumah berdasar budget
Total budget dikurangi biaya beli tanah adalah budget pembangunan rumah Anda. Ungkapkan kepada kontraktor jogja Anda berapa budget yang Anda miliki untuk pembangunan ini. Kemudian, kontraktor di jogja Anda tersebut akan membuatkan desain hingga RAB sampai rumah selesai sesuai budget Anda. Bila melebihi, tentu Anda wajib meminta untuk diturunkan.

Berkenalan dengan tetangga
Banyak juga orang yang tak suka disebelah rumahnya ada pembangunan, karena selama pembangunan, tentu di sekitar lokasi pembangunan akan lebih bising dan mengganggu dari biasanya misalnya saat truk berisi material datang, dan sebagainya. Maka, sebelum melakukan pembangunan rumah, pastikan ijin dengan rt/rw sekitar dan tetangga rumah kalian.

Sistem pembayaran
Untuk menjaga proses pembangunan berjalan lancar, jangan melakukan pembayaran secara full diawal. Ketika Anda melakukan itu, pekerjaan pembangunan bisa diluar kendali Anda. Setiap kontraktor di jogja pasti punya sistem kerja berbeda, namun mayoritas mereka memiliki sistem pembayaran berdasar progress yang dikerjakan. Misalnya pada Kontraktor Jogja Reka Persada, kami menggunakan sistem termin yang tahap awal dibayarkan setelah kontrak kerja ditanda tangani, kemudian pembayaran selanjutnya dilakukan bila pembangunan sudah dilakukan 30% – 40% dan seterusnya.

Cek proses pembangunan
Ketika pembangunan telah dimulai, pastikan Anda selalu mengeceknya apakah dibangun sesuai dengan kesepakatan atau tidak. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada rumah Anda.

Pilih kontraktor yang tepat
Memilih jasa kontraktor jangan asal, bisa saja Anda menggunakan jasa dari saudara atau teman dekat Anda, yang terpenting pastikan mereka bekerja secara professional dan sesuai kontrak.

Buat waktu pembangunan yang realistis
Anda mungkin saja mengungkapkan ingin membuat rumah ini jadi sebelum Lebaran, namun apakah realistis misalnya membuat rumah 2 lantai dengan luas 400m2 hanya dengan 2-3 bulan? Mungkin sih, namun hal ini beresiko karena pekerjaan dilakukan dengan terburu-buru meski menggunakan tukang lebih banyak. Pastikan sebelum membangun, pikir realistis pada apa yang kontraktor tawarkan, untuk Anda pribadi, beri jarak waktu 1-2 bulan toleransi sebelum rumah tersebut Anda huni, misal untuk cek kebocoran di musim hujan atau pemesanan material yang inden dan kejadian-kejadian tak terduga yang bisa saja terjadi.

 

Itulah artikel Tips Membangun Rumah Sendiri, Anda punya tips lain? Tulis di kolom komentar. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah, desain interior di Jogja dengan Arsitek Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp : (0274) 433 – 1826 | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

kontraktor jogja, kontraktor bangunan, jasa bangun rumah, jasa arsitek rumah, jasa gambar rumah, kontraktor rumah, jasa renovasi rumah, rumah di yogyakarta, kontraktor rumah mewah, jasa pembangunan rumah, jasa kontraktor, jasa bangun rumah murah, jasa desain rumah mewah, jasa bangunan rumah, jasa bangun rumah jogja, jasa desain rumah online, jasa desain rumah di jogja, jasa bangunan rumah, jasa desain rumah online, rumah jogja murah, konsultasi bangun rumah, jasa renovasi rumah murah, jasa kontraktor rumah murah, renovasi rumah jogja, renovasi rumah di jogja, rumah murah di jogjakarta, kontraktor jogja, pemborong di jogja, arsitek di jogja, bangun rumah di jogja

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan masukkan email untuk berlangganan gratis tentang arsitek dan desain rumah, beserta tips krusial mengenai arsitektur dan property yang kami kirimkan hanya melalui email Anda:

IG Reka Persada

FB Reka Persada

Office & Studio Reka

Email: office@rekapersada.com

Phone: (0274) 433-1826 (Office Hour) atau 081-328-800-516

Address: Jl. Janti Gg. Kruwing III No 15 Caturtunggal Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Jam Pelayanan

Senin s/d Jumat : 08.30 - 16.30 WIB