Tips Mempersiapkan Dekorasi Meja Natal Tuk Buat Tamu Terkesan

Dekorasi Meja Natal – Hari Raya Natal tinggal sebulan lagi. Hal yang biasa dilakukan oleh orang yang merayakannya adalah mempersiapkan dekorasi ruang untuk menyambut para tamu yang akan datang. Meskipun pusat perhatian tetap ada pada pohon Natalnya, dekorasi ruang bertema natal-pun tak kalah pentingnya. Satu area yang worth it untuk didekor untuk menyambut perayaan Natal adalah meja makan.

Merayakan Natal dengan mengumpulkan keluarga bersama-sama dan menyantap makanan lezat yang telah disediakan adalah hal yang sering dilakukan. Untuk itulah, dekorasi meja Natal ini sering kali harus sudah dipikirkan jauh sebelum hari-H datang. Meja makan yang cantik tentunya akan membuat keluarga maupun tamu yang datang akan merasa terkesan, kamu-pun sebagai pemilik rumah juga akan merasa bangga.

Konsep Meja Makan Dekorasi Natal Merah Hijau
Dekorasi Natal Pada Meja Makan Berkonsep Warna Merah & Hijau
Gbr : pinterest

Bunga yang segar dengan dedaunan hijau adalah 2 hal favorit yang paling banyak dipakai ketika dekorasi meja natal di ruang makan. Namun, tak ada salahnya jika kamu memilih bunga kering dan hiasan kering lainnya yang tentunya lebih awet digunakan selama musim Natal.

Dekorasi Natal Pada Meja Makan Berkonsep Warna Putih & Dedaunan Kering
Gbr : pinterest

Ketika memutuskan untuk memilih dekorasi untuk meja Natal, hal terpenting yang harus dilakukan pertama kali adalah tentukan dulu tema warna yang diinginkan dan pertahankan warna itu. Untuk tahun ini, tentukan dulu akan menggunakan warna standar merah dan hijau atau style modern seperti warna rose gold (pink keemasan), atau warna lain misalnya warna emas semua, biru, ungu, putih dsb.

Jika ingin warna metalik, kamu bisa menggunakan dedaunan palsu tahun lalu kemudian menyemprotnya dengan warna metalik sesuai keinginanmu. Agar lebih unik, kamu juga bisa memasukkan unsur warna metalik pada hal yang bisa dimakan (kue, biskuit dan sebagainya). Atau, kamu juga bisa menggunakan tanaman hidup yang ada didalam pot lalu disemprot warna metalik misalnya pada pohon rosemary, pohon zaitun mini, atau tanaman succulent terrarium. Hiasi dengan pita atau benang yang disesuaikan warnanya dengan palet warna yang kamu pilih.

Saat akan menciptakan suasana Natal yang hangat dan damai, kamu tak bisa melewatkan keberadaan lilin. Buat meja lebih terang dengan adanya cahaya lilin atau bisa juga menggunakan lampu led.

 

Grazing Table Berlayer Konsep Dekorasi Natal Meja Makan
Grazing Table Berlayer | Gbr : lushplatters.com

Grazing Table Tanpa Layer Konsep Dekorasi Natal Meja Makan
Grazing Table Tanpa Layer | Gbr : pinterest

Grazing table sedang ngetrend di beberapa negara. Grazing table adalah konsep meja makan dimana berbagai jenis makanan seperti roti, kue, daging, ayam, cracker, buah, sayur, snack, keju, coklat, saus dan berbagai macam makanan ditata pada meja makan besar (jika sepintas dilihat, seolah berantakan). Konsep ini membuat para pengunjung yang datang dibuat enjoy menikmati makanan secara bersama-sama, bergaul, bersosialisasi, tidak individual. Biasanya konsep penataan mejanya ada 2, berlayer dan tanpa layer. Jika menggunakan konsep berlayer, maka diatas meja makan besar biasanya ada meja-meja kecil lain biasanya berukuran berbeda-beda untuk menata berbagai makanan. Untuk konsep tak berlayer maka sebaliknya. Kamu bisa gunakan konsep ini di meja makanmu nanti.

Berikut ini tips dekorasi meja Natal di ruang makan :

Pilih palet warna
Pilihlah warna yang sederhana, pilih satu warna utama, lalu dua warna lain untuk melengkapinya.

Meja Makan Tema Natal Nuansa Kayu & Warna Putih
Meja Makan Tema Natal Nuansa Kayu & Warna Putih
Dengan Sentuhan Gold & Hijau | Gbr : pinterest

Gabungkan berbagai macam tekstur agar menghasilkan visual yang lebih bagus
Tambahkan sentuhan kayu, kain bertekstur atau sentuhan metalik dan reflektif agar meja terlihat glamor

Buat berlayer
Cara termudah untuk mendapatkan “faktor wow” adalah dengan menggunakan taplak meja bertekstur, lalu gunakan taplak piring dengan warna yang kontras.

Nametag Tema Natal
Nametag Tema Natal | Gbr : pinterest

Atur tempat dengan kartu nama yang ditulis tangan
Buat alas name tag dengan dedaunan hijau kemudian tempelkan name tag yang telah ditulis tangan dengan nama pengunjung. Letakkan pada meja/kursi yang kalian kehendaki. Hal ini akan memberikan efek cukup besar bagi pengunjung yang datang.

Cake Sebagai Menu Utama Lebih Tinggi Letaknya
Cake Sebagai Menu Utama Lebih Tinggi Letaknya | Gbr : southernliving.com

Pertimbangkan benar saat meletakkan piring dan isinya
Jika terdapat makanan tertentu sebagai sajian utama di meja Natalmu ini misalnya cake, ayam utuh, daging, coba buat makanan utamamu pada posisi lebih tinggi, bisa dengan menggunakan talenan besar, nampan yang tinggi, maupun meja mini. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan piring yang bentuk atau warnanya berbeda dan sebagainya.

Featured Image : pexels.com

Itulah artikel mengenai Tips Dekorasi Meja Natal Tuk Buat Tamu Terkesan . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.