Rumah Tumbuh, Solusi Membangun Rumah Sesuai Budget - CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
Tuesday, 19/6/2018 | : : UTC+7
CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
No Data

Rumah Tumbuh, Solusi Membangun Rumah Sesuai Budget

Rumah Tumbuh, Solusi Membangun Rumah Sesuai Budget

Kontraktor Jogja – Pernahkah Anda mengenal istilah rumah tumbuh? Rumah tumbuh adalah salah satu cara membangun rumah dengan bertahap dan pada jangka waktu yang cukup panjang. Alasan paling sering orang memilih rumah tumbuh adalah karena dana yang belum cukup, namun juga tak ingin memiliki rumah jadi dengan kualitas rendah hanya demi mencukupkan dananya. Intinya, maksud dari pengguna konsep rumah tumbuh ini adalah karena menginginkan rumah impian yang sesuai keinginan pemilik, dengan dana dan pelaksanaan pembangunan bertahap, meski butuh waktu cukup lama.

Dalam proses pembangunannya, rumah tumbuh ini memiliki 2 konsep yaitu secara vertikal dan horizontal. Vertikal atau pertumbuhan ke atas artinya Anda berencana meningkat rumah tersebut (lebih dari 1 lantai). Oleh karena itu, tumbuh vertikal sangat cocok untuk pemilik lahan kecil dan tak ingin membeli tanah lagi di lain tempat. Horizontal atau pertumbuhan ke samping adalah kebalikan dari tumbuh vertikal, yakni pemilik harus memiliki lahan yang cukup luas untuk pertumbuhan rumah di masa mendatang, karena dengan konsep ini artinya penambahan bangunan tidak diletakkan ke atas, namun disamping bangunan lainnya namun masih terkoneksi satu sama lain.

Bagi yang ingin menerapkan rumah tumbuh vertikal, Anda harus pastikan bahwa pada saat proses perencanaan, kekuatan struktur harus dimatangkan terlebih dahulu, akan dikembangkan menjadi rumah berapa lantai untuk kedepannya. Hal ini untuk menjaga struktur bangunan seperti pondasi, kolom harus kuat menahan beban lantai atas.

Untuk rumah tumbuh horizontal, struktur bangunan mungkin saja tak perlu dibuat sekuat rumah vertikal, hanya saja yang perlu dilakukan saat proses pembangunan adalah membiarkan tulangan struktur tetap keluar agar mudah saat akan melakukan penyambungan struktur pada tahap pertumbuhan rumah di masa mendatang.

Tertarik dengan konsep rumah tumbuh? Perhatikan beberapa hal berikut agar pembangunan rumah Anda berjalan lancar mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan :

Rumah Tumbuh

Rumah Tumbuh, Solusi Bangun Rumah Sesuai Budget | Gbr : Proyek RekaPersada | Tumbuh Vertikal

Pastikan Arah Pertumbuhan Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, rumah tumbuh ada dua jenis yaitu tumbuh vertikal dan horizontal. Tentukan dari awal saat perencanaan dilakukan, Anda akan pilih yang mana. Sesuaikan dengan kondisi & lingkungan calon rumah Anda tersebut. Setelah itu, Anda harus tetap konsisten saat pelaksanaan dilakukan agar tak terjadi pengeluaran yang membengkak dari seharusnya.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Susun RAB bila pada poin pertama sudah matang. RAB adalah perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pembangunan rumah Anda tersebut mulai dari biaya material, upah tukang, dan biaya ekstra untuk berjaga-jaga. Untuk dapat menghitung RAB, Anda harus tentukan dulu kebutuhan ruang yang Anda inginkan seperti kamar tidur, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi dan sebagainya. Tentu ukuran ruang-ruang tersebut harus Anda sesuaikan dengan ukuran lahan yang Anda miliki. Gambarlah denah rumah dengan berbagai kebutuhan ruang tersebut untuk mempermudah Anda dalam merencanakan rumah impian Anda.

Memperhitungkan Perkembangan Harga Bahan Bangunan

Untuk awal pembangunan, tentu harga bahan material bangunan adalah harga saat ini pula di pasaran. Namun untuk pembangunan tahap berikutnya tentu harga sudah berbeda, dan yang hampir pasti terjadi adalah kenaikan harga. Anda harus melakukan perkirakan, berapa tahun lagi tahap pembangunan akan dikerjakan setelah pembangunan awal dilakukan, kemudian masukan kenaikan harga sebesar 5-10% tiap tahunnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah perencanaan Anda meleset terlalu jauh karena Anda telah memperhitungkan kenaikan harga yang akan terjadi. Namun bila mungkin uang Anda saat ini masih cukup untuk mencicil tahap selanjutnya, Anda bisa membeli beberapa material sekarang untuk dipergunakan kedepannya dengan catatan Anda sudah terpikirkan tempat untuk menyimpannya, dan pastikan material yang akan Anda beli awet untuk kemungkinan beberapa tahun kedepan seperti keramik, genteng dan semacamnya.

Konsultasi Pada Ahlinya

Bagi Anda yang terlalu awam akan hal diatas, sebaiknya melakukan konsultasi pada ahlinya, misalnya berkonsultasi pada jasa kontraktor Jogja Reka Persada yang menyediakan konsultasi gratis dengan arsitek berpengalaman. Konsultasikan keinginan Anda terkait rumah tumbuh ini. Bila memungkinkan, ungkapkan juga anggaran yang Anda akan keluarkan, mereka akan memberikan solusi terbaik pada Anda.

Dengan jasa kontraktor Jogja Reka Persada, Anda juga bisa menyewa jasa mereka mulai perencanaan seperti denah, 3d, perhitungan RAB hingga pelaksanaan pembangunan rumah Anda tersebut. Bekerjasama dengan jasa kontraktor jogja tentu akan memberikan kemudahan bagi Anda karena ditangani sesuai oleh ahlinya, Anda hanya perlu mengawasi agar proses tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan.

Itulah artikel Solusi Membuat Rumah Sesuai Budget dengan Rumah Tumbuh? Anda punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar ya.. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah, desain interior di Jogja dengan Arsitek Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan masukkan email untuk berlangganan gratis tentang arsitek dan desain rumah, beserta tips krusial mengenai arsitektur dan property yang kami kirimkan hanya melalui email Anda:

IG Reka Persada

FB Reka Persada

Office & Studio Reka

Email: office@rekapersada.com

Phone: (0274) 433-1826 (Office Hour) atau 081-328-800-516

Address: Jl. Janti Gg. Kruwing III No 15 Caturtunggal Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Jam Pelayanan

Senin s/d Jumat : 08.30 - 16.30 WIB