Ruang Tamu Desain Dekorasi Minimalis

Ketika memikirkan tentang rumah yang sempurna untuk kita, apa yang terlintas di pikiranmu? Apakah rumah yang terlihat seperti di majalah-majalah? Atau rumah yang lebih sederhana namun teman dan keluarga tetap merasa nyaman? Jika kamu pilih yang kedua, biasanya pilihan jatuh pada desain rumah minimalis. Meski minimalis, tentu kamu tak mau rumahmu terlihat biasa saja kan? Lalu, bagaimana caranya mendapatkan rumah yang minimalis namun tak kehilangan pesona dan keindahannya?

Pada desain rumah minimalis, terkadang kita jumpai sebuah rumah tampak terlihat bagus namun malah terkesan terlalu steril dan kurang berkarakter seolah seperti di rumah sakit. Di lain sisi, ada pula rumah minimalis yang terlihat terlalu sederhana dan justru tampak seperti rumah tak terawat dan tak berpenghuni yang dibiarkan begitu saja.

Melihat dari 2 kasus diatas sebaiknya bagi kamu yang ingin memiliki rumah minimalis, terapkanlah titik tengah dari kedua rumah tersebut. Artinya, buatlah rumah yang sesuai dengan karaktermu namun tetap suguhkan kesan utama yang minimalis dipadukan dengan sisi modern dan fungsional. Jangan buat rumah yang kesannya terlalu ramai, tetapi jangan buat yang terlalu minimalis juga.

Pemilihan material dan warna cukup berpengaruh pada keindahan rumahmu. Dua elemen utama untuk rumah yang berdesain bagus adalah layout dan finishing warnanya. Keduanya harus diterapkan secara seimbang agar menghasilkan rumah yang menarik.

Ruang Tamu Dengan Desain Minimalis
Ruang Tamu Desain Minimalis Dengan Tangga & Hiasan Dinding Yang Menarik Perhatian | Gbr : royalscourge.com 

Layout (Tata Letak)
Hal paling penting saat menentukan layout rumah adalah bagaimana rencana penggunaan dari ruang di tiap rumahmu itu. Sebelum memutuskannya, pikirkan dimana kamu akan menempatkan peralatan dan furnitur rumahmu. Seberapa terbuka rumahmu nantinya, dan apakah hal tersebut cocok kamu gunakan saat semua anggota keluargamu nanti tinggal disitu?

Terkadang kita melihat sebuah rumah yang terlalu banyak memiliki hiasan dinding, sampai-sampai tak ada dinding yang cukup untuk sekedar menggantungkan tv hingga harus menaruh tv di dekat jendela.

Untuk menghindari hal ini, pertimbangkanlah layout rumahmu dan buat sedikit renovasi bila memungkinkan, untuk meningkatkan desain rumahmu ini.

Rumah Desain Minimalis Dengan Mayoritas Warna Putih & Kayu
Rumah Desain Minimalis Dengan Mayoritas Warna Putih & Kayu | Gbr : omega-pure.com 

Finishing/Warna
Trik untuk mendapatkan desain dan layout rumah dengan tepat adalah menggunakan kombinasi produk yang tepat, warna maupun finishingnya untuk meningkatkan keindahan rumahmu. Kesemuanya harus dipertimbangkan matang terkait pemilihan warna, bahan, tekstur, jenis furnitur, hiasan jendela, dan hal-hal lain yang langsung terlihat saat seseorang masuk ke rumahmu. Namun pastikan kamu tak hanya mementingkan bagaimana tampilannya tetapi juga bagaimana “feel” dari ruangan tersebut.

Apakah semua pilihanmu dapat menghasilkan rumah yang sesuai dengan keinginanmu? Akankan mereka menghasilkan kombinasi produk yang feel-nya memang kamu sukai?

Renovasi yang baik bisa dilakukan secara bertahap misalnya pilih warna dulu, finishing, kemudian pilih tekstur dari tiap hal yang kamu inginkan kemudian tambahkan detail kecil dari renovasi tersebut dan padankan kesemuanya secara bersama-sama.

Satu yang diingat, secantik apapun rumahmu kelihatannya, namun jika kamu tidak merasa senang tinggal didalamnya, mungkin kamu kurang satu hal yaitu karaktermu sendiri terhadap rumah tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel Miliki Rumah Minimalis Tanpa Terlihat Biasa Saja. Jika Kamu ingin bangun rumah minimalis, atau ingin renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.