Rumah 2 Lantai di Jogja

Trik Desain Ruang Pada Rumah Kecil – Membahas mengenai trik menyiasati rumah kecil nan sempit sepertinya tak ada habisnya. Hal ini dikarenakan bagaimanapun juga, penelitian membuktikan bahwa manusia sebenarnya tak suka “dikurung” yang tentunya hal ini sangat dirasakan oleh para pemilik rumah kecil. Mayoritas manusia cenderung suka tinggal di tempat yang lebih besar dan lebih terbuka. Dan dari berbagai faktor seperti ukuran, warna ruang, posisinya dan pencahayaan, semuanya dapat mempengaruhi kita dalam mempersepsikan sebuah ruangan. Kesemuanya itu adalah elemen yang dipertimbangkan oleh para desainer ataupun arsitek saat mendesain sebuah ruang, dan dari sini terdapat beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk membuat rumah, apartemen dan ruang apapun tampak lebih lapang :

Ruang Tamu Menghadap ke Outdoor View Rumah Kecil
Ruang Tamu Menghadap ke Outdoor View
Gbr : pinterest.com

“Memperluas” ruang

Jika rumahmu masih memiliki ruang terbuka di bagian luarnya, sebaiknya gunakan area tersebut. Dengan menghadapkan ruang tamu dan furniturnya ke arah jendela atau balkon, pemandangan terbuka diluar rumah ini seolah menjadi bagian dari ruang di dalam rumah, tentunya hal ini dapat meningkatkan persepsi pada sebuah ruangan. Cara ini sering digunakan oleh para arsitek untuk membuat kesan ruang sempit yang memiliki plafon rendah, agar ruang terlihat lebih besar karena teralihkan oleh pandangan diluar ruang. Untuk melakukan hal ini pun kamu tak harus memiliki jendela yang terlalu besar, setidaknya 20% dari luas dinding sudah cukup untuk membuat ilusi ini. Kamu juga dapat meletakkan cermin berlawanan dengan area luar tersebut yang membuat efek ini (efek ruang terlihat besar) lebih kuat lagi.

Plafon dengan lampu gantung malah membuat jarak plafon dan lantai terlihat lebih pendek. Untuk itu sebaiknya pasang lampu pada dinding saja, kira-kira 300mm dibawah plafon dan diarahkan untuk menerangi plafon dan dinding itu sendiri. Teknik ini akan menyebar cahaya secara merata daripada berkonsenterasi pada satu arah saja. Jenis lampu berdiri dan lampu meja juga dapat memberikan efek yang serupa.

Gunakan warna

Desainer interior mengikuti petunjuk berdasarkan studi tentang warna dan teori cahaya untuk menciptakan tampilan ruang lebih besar, namun penilaiandari warna ini masih subyektif dan mengandalkan intuisi.

Warna yang ringan misalnya, dianggap paling bagus dalam merefleksikan cahaya dan menciptakan tampilan ruang yang lebih baik. Warna gelap, wallpaper dekoratif dan kain bermotif dapat mengesankan ruangan lebih kecil dan menyerap cahaya. Plafon dengan warna yang terang juga dapat membuat langit-langit terasa lebih tinggi daripada plafon gelap.

Menggunakan lantai berwarna gelap juga dapat mengesankan ruang lebih sempit, karpet dengan banyak motif juga demikian. Pemilihan lantai kayu akan terasa lebih baik pada tampilan ruangan rumahmu.

Fleksibelkan ruang

Untuk membuat ruang lebih besar, kamu juga bisa mengatur ulang ruang di rumahmu. Lihat, apakah kamar tidur sudah diletakkan pada tempat yang tepat? Atau haruskah ruang tamu dipindahkan ke area yang lebih baik? dan sebagainya. Umumnya, view dari luar rumah adalah yang paling baik digunakan sebagai pencahayaan di siang hari serta cocok untuk ruang tamu dan ruang kerja.

Rak TV Built In Pada Dinding Lebih Hemat Tempat
Rak TV Built In Pada Dinding Lebih Hemat Tempat
Gbr : pinterest.com
 

Gunakan furnitur

Meskipun ada yang beranggapan bahwa penggunaan furnitur akan membuat ruang lebih sempit, namun tak sepenuhnya benar, asalkan menggunakan furnitur yang tepat dan tak terlalu banyak maka silakan menggunakan furnitur yang kamu inginkan. Namun yang perlu diingat adalah semakin banyak furnitur yang kamu miliki di ruanganmu, ruang tersebut tentu akan terlihat semakin kecil.

Furnitur di ruang tamu dengan meja built-in di dinding lebih baik untuk membuat ruang lebih luas daripada menggunakan meja terpisah untuk masing masing alat elektronik seperti tv, sound system dan sebagainya.

Jenis furnitur yang paling pas untuk digunakan di ruangan kecil adalah meja dan kursi sederhana dengan frame terbuka bisa berbahan besi atau kayu.

Sumber : the conversation.com

Itulah artikel mengenai Rumah kecil? Berikut Cara Membuat Ilusi Ruang Lebih Besar . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.