Open Plan Terdapat Pembatas Antara Ruang Tidur dan Ruang Tamu
Desain layout rumah open floor plan (open plan) pada ruang dengan luas cukup lapang dan cahaya lampu yang memadahi beberapa tahun terakhir ini kian diminati. Akan tetapi sebenarnya, mendesain rumah dengan konsep open plan tidaklah mudah. Jika tak melakukannya dengan benar, rumah akan terasa tidak nyaman, dan terkadang malah seolah mengumbar privasi. Lalu, bagaimana mendapatkan desain rumah open plan yang benar?
Secara desain dan fungsional, membuat rumah berkonsep open plan bisa lebih mudah dilakukan. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membayangkan dulu yang akan kamu buat pada rumahmu. Mana ruang tamu, ruang kantor, dapur, ruang makan maupun area kamar tidur. Saat kamu sudah terpikirkan hal itu, lakukan hal dibawah ini :
Kursi Tamu yang Diletakkan Tidak Menempel Dinding
Kursi Tamu yang Diletakkan Tidak Menempel Dinding | Gbr : westelm.com 

Atur furnitur menjauh dari dinding

Jika rumahmu yang berdesain open plan cukup luas, agar ruangan rumah yang besar dan terbuka ini tak terasa sempit, letakkan furnitur ditengah ruang, jauhkan dari dinding. Buatlah dinding seolah jalan menuju satu tempat ke tempat lain.

Membedakan Tiap Fungsi Ruang Dengan Karpet
Gunakan Karpet Untuk Mempermudah Dalam Membedakan
Fungsi Tiap Ruang | Gbr : boxdsg.co
 

Pisahkan tiap ruang dengan karpet

Saat mengatur ruangan berukuran besar dengan konsep open plan, menentukan dimana tempat untuk ruang makan, ruang keluarga merupakan hal yang cukup rumit dilakukan. Setelah mengatur peletakannya, terkadang tak mudah membedakan mana ruang makan, mana ruang keluarga. Dengan menambahkan karpet berukuran besar di masing-masing area. Meski hanya karpet, dengan ini kamu sudah bisa menegaskan bahwa tiap area tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Menggunakan Material Kayu Sebagai Elemen Yang Menyatukan Ruang
Menggunakan Sedikit Elemen Kayu di Tiap Ruang
Untuk Membuat Saling Terkoneksi | Gbr : freshome.com
 

Ulangi elemen favoritmu di tiap sisi ruang

Meski dalam open plan satu ruang besar diperuntukkan bagi beberapa ruang, ruang tersebut haruslah berpadu satu sama lain yang artinya saling terkoneksi dalam sisi tampilannya. Tipsnya, kamu bisa mengulangi elemen kesukaanmu di tiap area ruang. Misalnya kamu suka menggunakan elemen kayu, maka kamu bisa menggunakan meja kayu di ruang tamu, dan meja tamu di ruang makan, kemudian kerangka lampu gantung dari kayu untuk dapur, dan seterusnya.
Memberikan Warna Tertentu Pada Beberapa Elemen Dalam Ruang
Untuk Membedakan Fungsi Tiap Ruang
Bisa Menggunakan Warna Cat | Gbr : homedit.com
 
Padukan dengan warna

Selain menggunakan elemen yang sama, untuk membedakan fungsi tiap ruang, namun tetap merasakan koneksi di masing-masing ruang dalam sebuah rumah, kamu juga bisa menggunakan warna cat dinding. Berilah cat pada spot ruang yang ada dengan warna yang sama, pilih warna natural. Misalnya di dinding dapur kamu menggunakan warna hijau muda, lalu kamu gunakan juga warna ini untuk meja makan, dan sebagainya.

Flow Dalam Sebuah Ruangan
Ruang Dengan Flow yang Sama | Gbr : pinterest  

Buat tiap ruang memiliki “flow” yang sama

Flow yang kami maksud adalah bagaimana alur seseorang melewati tiap-tiap ruang secara fisik maupun visual. Dalam Feng Shui, flow ruang juga dianggap memiliki dampak tertentu pada pergerakan energi di rumah itu seperti energi udara dan cahaya, yang dipercaya dalam Feng Shui juga berpengaruh dalam kebahagiaan, kemakmuran dan aspek lain bagi penghuni rumah tersebut.
Ruang Tamu Dengan Warna Karpet Cerah Menarik
Ruang Tamu Dengan Warna Karpet Cerah Menarik | Gbr : thunderdomemag.com 

Hiasi Lantai

Untuk membuat desain open plan lebih menarik dan dinamis, kamu bisa menambahkan karpet dengan banyak tekstur atau hiasan khusus untuk area lantai. Selain itu, area plafon (langit-langit) juga bisa kamu hias agar lebih menarik.
Meja Dapur Multi Fungsi Juga Bisa Digunakan Sebagai Rak Buku
Meja Dapur Multi Fungsi Yang Juga Bisa Digunakan
Sebagai Rak Buku | Gbr : decoist.com
 
Hiasi dengan furnitur multi fungsi

Jika kamu menjauhkan furnitur dari dinding dengan tujuan memaksimalkan penggunaan ruang, (di tips pertama), pastikan untuk memilih furnitur yang multifungsi. Misalnya dengan menggunakan meja dapur yang memiliki fungsi juga sebagai rak buku di bagian bawahnya. Hal ini berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan ruang. Selain itu, hal ini juga penting dilakukan jika kamu memiliki rumah berukuran kecil berdesain open plan.

Ruang Open Plan Dengan Dinding Gelap Sebagai Titik Fokus
Ruang Open Plan Dengan Dinding Gelap
Sebagai Titik Fokus | Gbr : shomedesignlover.com
 

Cat dinding yang difokuskan, dengan warna kontras

Untuk menghangatkan suasana ruang berdesain open floor plan (open plan), kamu bisa menambahkan warna kontras pada dinding. Contohnya dengan cara memberi warna berbeda pada satu sisi dinding, atau warna berbeda pada kabinet dapur, sementara sisanya masih menggunakan warna netral.

Meja Berbentuk Bundar Untuk Menetralkan Ruangan Yang Mayoritas Kotak dan Bersudut
Meja Berbentuk Bundar Untuk
Membuat Ruang Banyak Sudut Lebih Soft | Gbr : pinterest
 

Gunakan perabot bundar untuk membuat rumah lebih soft

Dikarenakan style open plan biasanya berbentuk persegi panjang, dan bersudut, dengan menambahkan perabot maupun aksesoris bulat membuat tampilan rumah tak terlalu kaku.

Open Plan Terdapat Pembatas Antara Ruang Tidur dan Ruang Tamu
Terdapat Pembatas Antara Ruang Tidur & Ruang Tamu
Gbr : superdraft.com.au
 

Tambahkan pembatas ruang untuk privasi

Untuk membuat rumah berdesain open plan tetap terasa terbuka namun area privasi tetap terjaga, hal paling mudah yang dilakukan adalah dengan menambahkan pembatas ruang. Kamu bisa memilih pembatas yang tak terlalu tertutup agar kesan ruang terbuka tetap terasa.

Meja Yang Dapat Digeser
Meja Dapur Yang Bisa Digeser | Gbr : pinterest 

Hiasi rumahmu dengan perabot yang bisa dipindah

Kelebihan rumah berdesain ruang open plan adalah ruangan tersebut bisa menjadi apa saja yang kamu inginkan. Untuk itu, jika kamu termasuk orang yang sering bosan pada suatu hal, sebaiknya jangan buat satu layout secara permanen, pilih saja perabot rumah tangga yang bisa dipindah dengan mudah. Misalnya menggunkan meja dapur atau meja makan yang bisa digeser dengan memasang roda di kaki-kakinya.

Ruang Makan Sejajar Dengan Meja Dapur
Meja Makan Diletakkan Sejajar Dengan Meja Dapur Untuk
Langsung Membedakan Perbedaan Fungsi Ruang Tiap Furnitur
Gbr : usualhouse.com
 

Buat perbedaan fungsi tiap ruang secara “tegas”
Saat kamu menata ruang tertentu misalnya ruang tamu, ruang makan atau dapur, pikirkan secara matang dulu bagaimana memaksimalkan tiap fungsi ruang tersebut agar konsep open plan lebih optimal. Misalnya sebuah meja dapur kecil diletakkan tegak lurus dengan kabinet dapur untuk secara langsung membedakan mana tempat masak dan mana tempat makan.

Saat menginginkan interior rumah dengan desain open plan, visualisasikan dulu mana area paling pentingnya. Saat kamu sudah memutuskan dimana ruang tamu, ruang tidur, ruang makan & area dapur, berbagai tips yang kami tulis diatas baru akan terasa bermanfaat dalam memaksimalkan fungsi tiap ruangnya.

Sumber : freshome.com

Terima kasih telah membaca artikel Buat Ruang Open Plan Semakin Menarik Dengan Cara Ini. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.