Tanaman Indoor

Resiko Gangguan Kesehatan di Rumah Yang Tak Kamu Ketahui – Kita semua tentu tahu rumah adalah tempat dimana kita berlindung dan beristirahat bersama keluarga. Namun rumah itu sendiri ternyata juga bisa menjadi gudangnya pengganggu kesehatan jika tidak dirawat sebagaimana seharusnya. Contohnya terkait munculnya jamur, gas lpg dari dapur, ruang dengan ventilasi kurang memadai dan bahaya lainnya. Secara detail, apa saja yang bisa menggganggu kesehatan penghuni rumah? Berikut ini detailnya :

Debu
Debu bisa dimana saja meskipun kita cukup sering membersihkannya dan hal ini tak bisa kita hindari. Terkadang debu juga berkumpul di sudut-sudut yang sulit dijangkau misalnya di belakang tempat tidur, sofa, dibawah lemari es, di rak paling tinggi dan sebagainya. Beberapa dari kita mungkin lebih memilih untuk mengabaikannya karena merasa tak ada habisnya meski telah dibersihkan beberapa hari kemudian pasti debu akan menumpuk lagi.

Padahal, menurut penelitian debu yang terkumpul dirumah kita penuh dengan bahan kimia yang berbahaya. Saat kita menggunakan cairan pembersih lantai misalnya, cairan ini akan menguap di udara saat digunakan untuk membersihkan rumah, dan beberapa diantaranya akan turut mengendap dengan debu menutupi lantai dan permukaan benda lain. Debu tersembunyi yang bercampur dengan bahan kimia inilah yang berbahaya bagi bayi dan anak-anak jika mereka bermain di lantai dan sekitar debu tersebut. Untuk itu, agar terhindar dari hal-hal tak diinginkan, ganti produk pembersih dengan yang lebih ramah lingkungan. Jika tak mempermasalahkan  kerepotan demi kesehatan di rumah, kamu bisa gunakan bahan alami misalnya mengganti cairan pembersih lantai dengan sabut kelapa dan sebagainya.

Selalu bersihkan kasur agar terhindar dari masalah kesehatan di rumah
Selalu bersihkan kasur agar terhindar dari masalah kesehatan di rumah | Gbr : pinterest

Kasur yang kotor dan kurang nyaman
Saat pulang kerumah seusai kerja atau melakukan aktivitas apapun diluar rumah, hal yang paling ingin dilakukan adalah tiduran di kasur. Tak hanya untuk tidur, terkadang sekedar duduk saja sambil menonton tv, kita memilih melakukannya di kasur saja. Artinya, kasur atau tempat tidur adalah salah satu bagian penting dalam rumah kita.

Itulah kenapa memiliki tempat tidur yang nyaman dan bersih adalah sebuah keharusan, karena sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa paparan alergen juga terjadi di tempat tidur. Misalnya saja pada bantal yang digunakan dengan rentang waktu tertentu tanpa dicuci dapat menimbun berbagai macam jamur seperti jamur Aspergillus Fumigatus yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Bahkan bagi anak-anak yang secara rutin terkena paparan jamur ini bisa memicu asma.

Penelitian lain menunjukkan bahwa ada 110 tungai per gram pada kasur yang kotor, dan tingkat bahayanya bervariasi tergantung pada tingkat kelembaban udara. Untuk itu, sebaiknya kurangi kelembaban udara yang ada di dalam kamar dengan cara membiarkan sebanyak mungkin udara segar bersirkulasi di dalam kamar untuk mengurangi perkembangan tungai di kasur, bantal maupun sprei.

Sabun Batang
Mungkin salah satu bahaya kesehatan di rumah yang paling tidak diharapkan adalah bersumber dari sabun antibakteri yang kita gunakan, dimana seringkali diiklankan cukup ampuh membasmi kotoran dan bakteri yang menempel pada tubuh. Terdapat studi yang menghasilkan bahwa sabun anti bakteri ternyata belum ampuh melakukan kerjanya karena tidak ada bukti khusus bahwa sabun anti bakteri lebih baik daripada air dan sabun jenis lain.

Namun berbeda dengan sabun pembersih tangan yang memang cukup disarankan untuk digunakan untuk mengurangi kuman yang ada pada tangan setelah melakukan berbagai macam aktivitas. Disisi lain, sebaiknya pilih produk yang akan digunakan secara cermat karena beberapa produk perawatan wajah, tubuh dan sejenisnya tidak cocok untuk bayi dan ibu hamil.

Lilin Aromatherapy Yang Berbahaya Bisa Menyebabkan Migrain
Lilin Aromatherapy Yang Berbahaya Bisa Menyebabkan Migrain | Gbr : av3x.me

Bau/Wewangian
Siapa yang tak suka bau wangi dari lilin beraroma khusus? Beberapa orang butuh wewangian ini untuk membuat tubuh mereka relaks dan nyaman. Namun pembakaran lilin beraroma mungkin juga memiliki efek negatif bagi kesehatan. Pembakaran lilin yang menimbulkan asap tertentu justru dapat menyebabkan kanker dan penyakit lain.

Bahkan bagi beberapa orang yang sensitif terhadap wewangian, mencium bau lilin yang dibakar meski tidak ada asap berlebihan, bau ini bisa memicu asma dan bahkan migrain. Solusinya, sebaiknya gunakan lilin alami misalnya berbahan kedelai, kelapa, dan sebagainya yang tidak menghasilkan bahan kimia berbahaya.

Waspada Terkait Penempatan Tanaman Indoor
Waspada Terkait Penempatan Tanaman Indoor | Gbr : pexels.com

Tanaman Indoor
Kalau bicara tentang wewangian dalam ruangan, tak ada yang lebih alami dari pada aroma bunga. Itulah kenapa selain karena untuk penyegaran tampilan, pot berisi bunga sering menghiasi meja, rak dan di kusen jendela atau area sekitar karena keindahan & wanginya.

Meskipun bunga dan tanaman kaya akan keindahan, aroma yang menyenangkan dan menyegarkan udara ruangan, beberapa tanaman butuh penanganan dan penempatan yang lebih berhati-hati karena bisa berbahaya. Misalnya beberapa tanaman mungkin aman-aman saja saat hanya dicium baunya namun akan berbahaya jika dimakan, untuk itu letakkan tanaman pada tempat yang tepat agar tidak dimakan oleh anak-anak atau hewan peliharaan yang memiliki rasa ingin tahu besar.

Untuk tanaman pot yang diletakkan di rumah, lidah buaya adalah salah satu tanaman yang menjadi pilihan banyak orang karena perawatannya praktis dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Getahnya yang seperti gel dapat mendinginkan luka bakar, ruam dan memiliki kandungan anti bakteri. Namun sebaiknya jangan campurkan daging/gel lidah buaya dengan kulitnya untuk dikonsumsi karena memiliki efek buruk.

Jika kamu lebih suka meletakkan bunga dalam pot, yang perlu kamu perhatikan adalah air yang ada dalam pot-nya. Ganti air secara rutin karena air yang dibiarkan berhari-hari kotor akan menghasilkan bau dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan di rumah.

Sumber : medicalnewstoday.com

Itulah artikel mengenai Resiko Gangguan Kesehatan di Rumah Yang Tak Kamu Ketahui. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.