Renovasi Rumah Partisi Kayu Sebagai Aksen Rumah

Kebanyakan orang beranggapan bahwa hasil renovasi rumah akan terlihat bagus jika menggunakan material atau barang-barang yang mahal, padahal hal ini belum tentu benar. Sebenarnya, alasan renovasi rumah bisa terlihat bagus karena kombinasi antara warna, benda-benda dan penempatannya dilakukan dengan tepat bukan karena komponen di tiap individunya yang mahal. Jadi, kesuksesan sebuah project/desain renovasi adalah gabungan antara keseimbangan dan fokus bagaimana memadukannya saat implementasi renovasi dilakukan.

Alasan kenapa proyek renovasi hasilnya tidak memuaskan, karena tidak mengindahkan aspek diatas atau karena kesalahpahaman pengertian tentang apakah begini terlihat bagus atau tidak. Kami contohkan misalnya style kamar mandi yang terlihat bagus di sebuah acara tv bisa saja terlihat kurang/berbeda jika ditempatkan dirumahmu sendiri karena berbagai alasan seperti bentuk ruangan, pencahayaan, style arsitektur rumahmu dan sebagainya.

Jika kamu tak tahu betul bagaimana menyeimbangkan interior sebuah ruangan, sebaiknya tanyakan pada ahlinya. Berikut ini bagaimana cara seorang desainer dapat membantumu memaksimalkan ruangan yang direnovasi :

Keterpaduan Desain

Desain yang bagus adalah desain yang bagus dipadu-padankannya. Seorang desainer interior/eksterior akan memastikan bahwa tiap space ruangan terlihat berbeda dari sebelumnya tanpa mengesampingkan keindahannya. Mereka juga memastikan keindahan tiap ruang dapat terlihat secara visual maupun secara fisik seimbang.

Renovasi Kantor
Renovasi Ruang Kantor | Gbr : Proyek Reka Persada

Layout & Fungsionalitas Ruangan

Seorang desainer terlatih memikirkan layout dan fungsionalitas sebuah ruangan dibandingkan orang awam. Mereka juga dapat membayangkan bagaimana tampilan ruangan tersebut saat jadi nanti bahkan sebelum renovasi dimulai.

Tak Ketinggalan Jaman

Seorang desainer mengikuti trend terbaru tetapi juga tahu batasan trend seperti apa yang tak patut dicontoh. Banyak orang memang tahu apa saja yang sedang ngetrend, namun kuncinya bukan hanya sekedar tahu tetapi juga mengerti bagaimana membuat sesuatu yang ngetrend, modern dan kontemporer tak lekang waktu karena meskipun tiap tahunnya trend rumah selalu berganti, seorang desainer harus tahu desain kontemporer seperti apa yang masih cocok dipakai di 10 tahun yang akan datang karena renovasi tak mungkin dilakukan setahun sekali kan?

Tahu Perkiraan Biaya Renovasi

Salah satu penyebab proyek renovasi melebihi budget adalah meng-underestimate biayanya. Misalnya terkait mengeramik. Kamu mungkin bisa memperkirakan biaya mengeramik hanya dengan mengalikan harga per keramik dengan luas area ditambah biaya jasa pemasangan. Padahal itu hanya awalnya, masih ada aspek lain yang seharusnya diperhatikan misalnya biaya persiapan lantai, semen, plin lantai, antisipasi keramik pecah dan sebagainya.

Kesimpulannya adalah desain/renovasi bisa bagus bukan karena menggunakan material/furniture-furniture yang mahal, namun karena kamu bisa mencocokkan tiap-tiap elemen yang ada pada sebuah ruangan agar terlihat seimbang dan yang lebih tahu akan hal ini tentu saja seorang yang berpengalaman misalnya desainer interior, eksterior, arsitek, dan semacamnya. Tapi jika kamu ingin melakukannya sendiri, pastikan sudah membaca/melihat banyak referensi agar hasilnya tidak mengecewakan. Atau, jika kamu tak tahu betul bagaimana perencanaan hingga pelaksanaan renovasi rumah, sebaiknya gunakan jasa kontraktor jogja seperti Reka Persada.

Itulah artikel mengenai Renovasi Tak Harus Mahal, Mengapa?. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

2 Thoughts on “Renovasi Tak Harus Mahal, Mengapa?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.