Renovasi Rumah di Akhir Tahun? Mana Yang Worth It? - CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
Tuesday, 19/6/2018 | : : UTC+7
CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
No Data

Renovasi Rumah di Akhir Tahun? Mana Yang Worth It?

Renovasi Rumah di Akhir Tahun? Mana Yang Worth It?

Kontraktor Jogja – Mengakhiri tahun 2017 dan menyambut tahun baru 2018, banyak yang menyusun resolusi tahun baru seperti target karir, personal life hingga renovasi rumah di Jogja. Jika Anda sudah ada rencana renovasi rumah di Jogja dari sekarang, maka akhir tahun seperti sekarang ini merupakan waktu yang pas untuk mewujudkannya. Mengapa? Karena di akhir tahun banyak toko/perusahaan/online store yang menjual furniture, sering mengadakan diskon atau cuci gudang dengan penawaran harga yang lebih murah.

Bagi Anda yang akan renovasi karena ingin menjual kembali rumah tersebut, atau sekedar ingin mempercantiknya untuk meningkatkan “nilai” rumah tersebut, berikut ini beberapa hal yang Sangat Worth It untuk direnovasi :

Renovasi Area Pintu Masuk Rumah

Area rumah bagian depan merupakan yang pertama kali orang lihat, oleh karena itu tampilan depan rumah seperti pintu masuk, teras dan sebagainya bila terlihat menarik akan menambah nilai estetika rumah Anda. Bila Anda berencana menjualnya, dapat membuat calon pembeli untuk lebih melirik rumah Anda. Renovasi bagian depan rumah ini misalnya pada pintu, jendela, atap teras dan sebagainya.

Renovasi Dapur

Dapur merupakan tempat penting untuk direnovasi karena tempat ini mungkin yang cukup sering digunakan bagi ibu rumah tangga yang sering memasak. Bila dapur dalam keadaan yang tak cukup baik, tentu bagi calon pembeli rumah yang sedang survey melihat bagian dalam rumah Anda, akan berpikir berapa uang yang harus mereka keluarkan lagi untuk renovasi sendiri. Bila renovasi dapur cukup membebankan calon pembeli, tentu mereka akan mengurungkan niat membeli rumah Anda. Renovasi dapur yang dapat Anda lakukan misalnya mengganti pintu kabinet yang telah usang, membersihkan/mengganti bak cuci dan kran air, pengecatan dan sebagainya yang pasti harus disesuaikan dengan style rumah secara keseluruhan.

Renovasi Garasi Pintu

Garasi biasa digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai kendaraan yang Anda miliki seperti mobil, motor, sepeda dan sebagainya. Mengganti garasi pintu yang sudah usang dengan yang baru dan material yang baik akan menambah nilai plus pada rumah Anda karena pemilik rumah baru tentu tak mau kendaraan yang mereka miliki terancam mengalami pencurian hanya karena pintu garasi dalam keadaan yang sudah tak layak.

Bila Anda telah mengetahui hal sangat worth it yang dilakukan untuk direnovasi, berikut ini beberapa hal yang baik dilakukan namun tak terlalu worth it untuk direnovasi karena tak cukup memberikan nilai banyak untuk rumah Anda :

renovasi rumah kontraktor jogja

Renovasi Kamar Mandi | Gbr : Proyek Reka Persada

Renovasi Kamar Mandi

Merenovasi kamar mandi sebelum menjual rumah bisa saja Anda lakukan untuk menambah nilai rumah Anda. Namun, ini bukan hal yang terlalu penting untuk dilakukan karena calon pembeli rumah biasanya hanya mengecek kebersihan dan fungsi toilet, kran air, shower berfungsi dengan baik atau tidak. Anda sebaiknya tak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk sekedar mempercantik kamar mandi saja. Jika ingin merenovasi sebaiknya pada hal-hal yang kecil saja seperti keramik yang pecah dan semacamnya.

Renovasi Kamar Utama

Seperti kamar mandi, kamar utama tentu juga bisa menjadi daya tarik bagi calon pembeli rumah Anda, namun merenovasi kamar utama sepertinya tak terlalu dapat menambah nilai rumah Anda karena yang orang lihat dalam sebuah rumah biasanya ada pada berapa jumlah kamar dalam rumah tersebut. Untuk penggunaan kamar mana yang digunakan sebagai kamar utama, hal ini bisa berbeda-beda pada tiap orang.

Renovasi atau Penambahan Lantai Atas

Melakukan renovasi penambahan lantai (rumah 1 lantai menjadi 2 lantai) sepertinya terlalu berat untuk dilakukan. Biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya terlalu besar untuk sebuah rumah yang akan dijual kembali, selain itu juga belum tentu dapat menjadi nilai plus pada calon pembeli. Bisa saja orang lain malah khawatir terhadap rumah tersebut, akan aman atau tidak bila dihuni, mengingat struktur awal rumah tersebut adalah rumah 1 lantai. Namun, bila rumah Anda memang terlalu kecil untuk dihuni bahkan untuk keluarga Anda sendiri, mungkin menambah kamar di lantai atas merupakan pilihan bijak.

Selain hal diatas yang sangat worth it dan sekedar cukup worth it untuk direnovasi karena banyak memberikan nilai plus pada sebuah rumah, yang berakibat harga rumah pun ikut naik, ternyata ada juga hal yang tak worth it atau tak cukup memberikan nilai lebih bagi rumah Anda bila direnovasi karena perubahannya yang tak cukup bermanfaat meski direnovasi :

Penambahan Kolam Renang

Penambahan kolam renang di halaman rumah yang masih cukup luas mungkin bisa menjadi nilai tambah bagi rumah Anda. Namun harus disesuaikan dengan area rumah Anda. Jika rumah Anda terletak di kawasan kota yang cukup sering mengalami hujan, atau rumah di daerah rawan banjir sepertinya kolam renang tak cukup berguna ada di rumah Anda.

Taman

Taman memang dapat memperindah rumah Anda. Namun memiliki taman yang bagus ternyata tak cukup dapat menambah nilai rumah Anda. Ketika melihat taman, mungkin calon pembeli akan tertarik dengan ini, namun jika pembeli tak memiliki waktu dan tenaga untuk menjaga taman seperti ketika Anda menawarkannya, tentu hal ini tak akan berefek apa-apa pada harga bangunan rumah Anda.

Wallpaper dan Lantai Carpet

Memiliki dinding full wallpaper ataupun lantai full carpet menurut beberapa orang memang membuat rumah terlihat lebih menarik. Tapi sebagian orang yang lain tak menganggapnya demikian. Mereka yang tak setuju menggunakan lantai karpet mungkin lebih memperhatikan terhadap dampak kesehatan bila menggunakannya karena bahan kimia ataupun kotoran di karpet yang tak sepenuhnya terangkat bila dibersihkan, selain itu debu juga lebih mudah mengendap di lantai karpet. Selain itu belum tentu style wallpaper ataupun carpet pilihan pemilik rumah satu selera dengan calon pembeli rumah tersebut. Agar lebih aman, sebaiknya gunakan lantai biasa seperti lantai keramik, dan cat biasa untuk dindingnya.

Peningkatan Yang Tak Terlihat

Yang dimaksud disini adalah renovasi pada hal-hal yang menurut Anda cukup bermanfaat namun untuk orang lain belum tentu berpikiran sama karena mereka takkan dapat membedakannya bahkan mungkin tak mempedulikannya, misalnya sistem pemipaan baru atau sistem penghangat air, ventilasi dan semacamnya. Calon pembeli biasanya hanya mengecek apakah masih berfungsi atau tidak sehingga apakah mereka harus mengeluarkan uang tambahan untuk memperbaikinya bila rumah akhirnya mereka beli.

Ingin bangun rumah, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah, desain interior di Jogja dengan Arsitek Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp : (0274) 433 – 1826 | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

kontraktor jogja, kontraktor bangunan, jasa bangun rumah, jasa arsitek rumah, jasa gambar rumah, kontraktor rumah, jasa renovasi rumah, rumah di yogyakarta, kontraktor rumah mewah, jasa pembangunan rumah, jasa kontraktor, jasa bangun rumah murah, jasa desain rumah mewah, jasa bangunan rumah, jasa bangun rumah jogja, jasa desain rumah online, jasa desain rumah di jogja, jasa bangunan rumah, jasa desain rumah online, rumah jogja murah, konsultasi bangun rumah, jasa renovasi rumah murah, jasa kontraktor rumah murah, renovasi rumah jogja, renovasi rumah di jogja, rumah murah di jogjakarta, kontraktor jogja, pemborong di jogja, arsitek di jogja

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan masukkan email untuk berlangganan gratis tentang arsitek dan desain rumah, beserta tips krusial mengenai arsitektur dan property yang kami kirimkan hanya melalui email Anda:

IG Reka Persada

FB Reka Persada

Office & Studio Reka

Email: office@rekapersada.com

Phone: (0274) 433-1826 (Office Hour) atau 081-328-800-516

Address: Jl. Janti Gg. Kruwing III No 15 Caturtunggal Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Jam Pelayanan

Senin s/d Jumat : 08.30 - 16.30 WIB