Renovasi atau Bangun Rumah Baru, Pilih Mana? - CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
Tuesday, 19/6/2018 | : : UTC+7
CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
CV. REKA PERSADA KONTRAKTOR JOGJA
No Data

Renovasi atau Bangun Rumah Baru, Pilih Mana?

Renovasi atau Bangun Rumah Baru, Pilih Mana?

Tips kontraktor jogja – Pilihan untuk merenovasi rumah yang telah ada atau malah membangun rumah dari awal dipengaruhi oleh beberapa hal. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan membandingkan biaya dan kebutuhannya sebenarnya keputusan tersebut bisa diambil dengan mudah. Namun renovasi total maupun bangun rumah tentu membutuhkan uang yang tak sedikit. Bagi Anda yang masih bimbang mau mempertimbangkan yang mana, berikut ini beberapa hal yang harus Anda pikirkan lebih dahulu :

Diskusi
Langkah awal yang Anda perlu lakukan adalah melakukan diskusi dengan semua yang terlibat dengan rumah tersebut misalnya keluarga, orang tua, dan sebagainya. Diskusikan secara detail termasuk tujuan rumah renovasi atau bangun rumah baru, budget, kemungkinan timbul masalah dikemudian hari, dan waktu pengerjan proyek tersebut. Karena mungkin saja Anda ingin rumah baru, namun istri Anda ingin sekedar renovasi saja?

Mengapa Ingin Renovasi?

Merenovasi bangunan yang telah ada, biasanya memang lebih hemat biaya, namun hal yang lebih murah tak selamanya pilihan terbaik bila melihat rencana jangka panjang dan hal-hal lain seperti berikut :

Renovasi Rumah atau Bangun Rumah Baru

Renovasi Rumah 1 Menjadi 2 Lantai | Gbr : Proyek RekaPersada

a. Kemungkinan upgrade
Kondisi bangunan selalu menurun dari waktu ke waktu, hal ini tentu membuat fungsi rumah tersebut menurun daripada saat bangunan tersebut pertama dibangun. Jika Anda memilih untuk merenovasi, Anda tentu perlu mengeluarkan biaya khusus untuk memperbaiki berbagai hal yang mungkin rusak agar rumah lama tetap berfungsi baik seperti semula.

b. Biaya jangka panjang dan pendek
Setelah mempertimbangkan hal diatas, lihat juga seberapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk merenovasi dalam waktu dekat dan beberapa tahun kemudian? Artinya, apakah worth it biaya tersebut dikeluarkan hanya sekedar memperbaiki hal yang rusak? Pertimbangkan juga saat renovasi dilakukan apakah Anda harus pindah/menyewa rumah lain? Tentu biaya semakin banyak bila Anda perlu pindah. Namun, bila tidak pindah, apakah aktifitas renovasi tak mengganggu aktivitas keluarga Anda dirumah?

c. Lokasi
Apakah dengan merenovasi akan meningkatkan nilai bangunan itu sendiri? Contoh yang paling mudah ketika mempertimbangkan lokasi misalnya bila Anda memiliki sebuah toko kue yang tak terlalu laku karena berada di tengah kampung di jalan sempit, apakah worth it merenovasi toko kue ini ditempat yang sepi pembeli?

d. Nilai history & struktur rumah
Apakah ini pertama kalinya rumah Anda akan direnovasi? Sudahkah Anda melihat struktur konstruksi dari bangunan tersebut? Misalnya, bangunan awal dibangun diperuntukkan sebagai bangunan rumah tinggal 1 lantai. Bila Anda ingin merenovasi menjadi 2 atau 3 lantai, konsultasikan dulu dengan arsitek jogja apakah bangunan tersebut cukup kuat konstruksinya untuk dibuat 2 lantai? Bukan ini saja, pertimbangkan juga nilai historis dari rumah Anda tersebut, bila direnovasi bolehkah merubah nilai rumah dari bentuk awalnya?

e. Tujuan penggunaan
Tidak semua renovasi hanya sekedar merubah tampilan lama menjadi terlihat baru, namun dalam hal tertentu, renovasi juga membutuhkan perubahan menyeluruh dari luar dan dalam. Misalnya, merubah rumah makan menjadi kos-kosan tentu akan mengubah struktur rumah, menambah kamar mandi, mengubah sistem pembuangan, dan masih banyak lagi. Pastikan dulu tujuan penggunaan setelah renovasi karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kebutuhan renovasi bangunan Anda.

Mengapa Ingin Bangun Rumah Baru ?

Membangun mulai dari awal memang lebih mahal, namun manfaatnya lebih besar dan lebih “bebas” daripada renovasi. Misalnya :

a. Ketahanan Lingkungan
Mendesain dan membangun rumah dari awal membuat Anda mudah untuk mengontrol berapa biaya yang harus dikeluarkan mulai dari material bangunan, denah bangunan, listrik, sistem pemipaan semuanya bisa dibangun dengan lebih efisien dan hemat

b. Teknologi modern
Bangunan lama sering kali tidak kompatibel dengan teknologi terbaru, misalnya pada sistem listrik. Satu keuntungan membuat bangunan baru adalah dapat menerapkan rumah tersebut dengan sistem-sitem mutakhir masa kini

c. Lebih banyak pilihan
Jika penampilan merupakan salah satu jalan proses mengambil keputusan antara pilih renovasi atau bangun rumah baru, tentunya membangun rumah dari awal harus menjadi pilihannya karena arsitek sebagai desainer rumah Anda tentu lebih bisa bereksplor pada rumah baru tersebut sesuai dengan apa yang Anda inginkan tentunya.

d. Layout lebih efisien
Lebih mudah mendesain bangunan dari awal dibandingkan mengubah bangunan yang sudah ada dengan fungsi yang berbeda. Tergantung seberapa drastis perubahan yang Anda inginkan, namun tak menutup kemungkinan bahwa merenovasi bangunan lama bisa menimbulkan biaya yang lebih besar daripada membuat bangunan baru.

e. Sedikit pemeliharaan
Material baru dikombinasikan dengan konstruksi yang baru pula, setidaknya dapat mengurangi biaya pemeliharaan/perawatan rumah pada jangka waktu panjang

f. Bangun sebagian
Jika menggunakan konstruksi baru lebih mahal namun renovasi tak dapat cukup membantu, lebih baik Anda melakukan konstruksi ulang pada sebagian rumah saja. Artinya, bagian rumah yang tak layak untuk direnovasi sebaiknya dibongkar dan dibangun kembali, sementara itu bagian rumah yang lainnya bisa Anda renovasi saja.

Pada akhirnya, tidak ada jawaban pasti mana yang lebih baik. Merenovasi atau bangun rumah baru? Semua keputusan ini sangat tergantung pada keadaan karena tiap situasi memiliki tantangannya masing-masing, dan beberapa hal diatas semoga dapat membantu Anda, keputusan mana yang paling sesuai dengan keadaan Anda sendiri.

Itulah artikel Renovasi atau Bangun Rumah Baru, Pilih Mana? Anda punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah, desain interior di Jogja dengan Arsitek Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp : (0274) 433 – 1826 | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan masukkan email untuk berlangganan gratis tentang arsitek dan desain rumah, beserta tips krusial mengenai arsitektur dan property yang kami kirimkan hanya melalui email Anda:

IG Reka Persada

FB Reka Persada

Office & Studio Reka

Email: office@rekapersada.com

Phone: (0274) 433-1826 (Office Hour) atau 081-328-800-516

Address: Jl. Janti Gg. Kruwing III No 15 Caturtunggal Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Jam Pelayanan

Senin s/d Jumat : 08.30 - 16.30 WIB