Arsitek Jogja Konsultasi Dengan Konsumen

Arsitek Kontraktor di Jogja – Saat akan membangun rumah dengan jasa arsitek di Jogja yang berpengalaman, Anda tentu akan mengungkapkan segala keinginan Anda kepada mereka. Anda tentu akan mengatakan berbagai hal yang diinginkan karena Anda sebagai pemilik dan yang akan menghuni rumah tersebut. Meskipun kepuasan Anda adalah prioritas utama bagi arsitek rumah Anda, namun terkadang ada saatnya ketika arsitek mengatakan tidak pada hal yang Anda inginkan terkait rumah tersebut.

Arsitek Jogja Konsultasi Dengan Konsumen
Konsumen Sedang Konsultasi Dengan Arsitek
Sumber Gambar : northernsound.ie

Background pendidikan, dan pengalaman yang mereka dapat saat membangun berbagai rumah sebelum rumah Anda tersebut tentu membuat mereka lebih mengerti akan hal-hal yang sekiranya mungkin dan tak mungkin akan dibuat pada rumah baru yang hendak Anda bangun tersebut. Jika arsitek Anda telah mengatakan tidak, tentu ada alasan tertentu dibaliknya yang harus Anda patuhi, berikut beberapa hal yang mungkin mendasari larangan tersebut :

Akan terjadi pembengkakan budget

Arsitek yang baik dan berpengalaman akan menanyakan budget yang Anda miliki saat Anda berkonsultasi dengan mereka. Hal ini untuk memudahkan mereka memperkirakan berapa uang yang akan dikeluarkan dalam satu meter persegi rumah Anda tersebut dimana hal ini mungkin akan mempengaruhi eksterior rumah Anda misalnya seperti pada tampilan/hiasan fasad, material rumah, dan sebagainya.

Fasad Batu Alam
Fasad Batu Alam

Misalnya, Anda ingin memiliki plafon dengan desain unik yang tak rata seperti kebanyakan, namun Anda sudah “menghamburkan uang” dengan menginginkan banyak fasad batu alam pada bagian luar rumah Anda dan menggunakan granit atau marmer pada lantai rumah Anda, jangan heran bila arsitek Anda bilang tidak. Karena hal ini mungkin saja akan melebihi budget yang Anda miliki. Bisa saja Anda ngotot untuk melakukannya, namun ini artinya Anda juga harus siap untuk menambahkan budget yang telah dibicarakan di awal.

Melanggar aturan di daerah tersebut

Di suatu daerah, khususnya Indonesia terkadang memiliki aturan-aturan tertentu yang tak boleh dilanggar, misalnya dari sisi hukum terkait penggunaan kawasan. Contohnya, sebuah tanah yang terlanjur telah Anda beli, ternyata termasuk dalam Kawasan Pelayanan Umum tentu permohonan IMB Anda akan ditolak oleh pemerintah daerah setempat yang mana seharusnya daerah tersebut memang tidak diperuntukkan untuk pendirian bangunan rumah tinggal, sebaiknya bangun rumah pada tanah Anda yang lain.

Di lain sisi, di Indonesia terkadang juga terdapat mitos membangun rumah, dan mitos ini cenderung sudah dipercaya oleh masyarakat sekitar. Contohnya, satu kampung yang warganya tidak berani membangun rumah 2 lantai atau bangunan bertingkat sejenisnya, mitosnya bila pemilik rumah melanggarnya, maka akan terkena malapetaka dan hal ini secara kebetulan atau tidak ternyata ada beberapa kejadian yang menyatakan bahwa beberapa pendatang baru yang berniat membangun rumah bertingkat mengalami kejadian tak menyenangkan.

Ketika suatu daerah sudah dibatasi hal-hal tersebut, kreatifitas arsitek tentu akan lebih terbatas. Untuk dapat membangun rumah sesuai dengan keinginan Anda tanpa melanggar hal-hal tersebut, konsultasikan dulu dengan arsitek Anda untuk solusi alternatifnya.

Proses Pembangunan Rumah Dengan Dinding Batako
Proses Pembangunan Rumah Dengan Dinding Batako
Sumber Gambar : Project Reka Persada
Salah pilih material

Internet merupakan tempat dimana Anda dapat mencari berbagai inspirasi desain namun terkadang diantara gambar-gambar di internet tersebut, Anda belum tentu tahu mengapa pemilik rumah membuat desain seperti itu. Mungkin saja pemiliknya memilih material untuk rumahnya itu untuk menjaga rumah mereka agar tetap aman menghadapi iklim yang ekstrem di daerah tersebut, padahal sebenarnya material seperti itu tak diperlukan di daerah Anda. Memilih material yang salah hanya berdasarkan pada mencontek atau terinspirasi dari Pinterest seperti itu tak sekedar mubazir pada budget Anda namun juga tak cocok bagi rumah Anda. Percayakan pada arsitek bila Anda benar-benar awam akan material-material bangunan seperti itu, arsitek Anda tentu akan menyesuaikan material seperti apa yang cocok untuk rumah Anda.

Tanda Tangan Kontrak

Diluar kontrak

Saat Anda bekerjasama dengan arsitek yang juga menyediakan jasa bangun rumah atau kontraktor misalnya, biasanya sebelum membangun rumah, mereka akan menawarkan Anda penandatanganan kontrak sebelum proses pembangunan rumah dimulai yang isinya mulai dari biaya pelaksanaan hingga waktu pembangunannya. Pastikan Anda membaca dan mencermati kontrak tersebut dan menentukan apa saja yang masuk dalam kontrak dan diluar kontrak. Jangan sampai Anda sudah menyepakati kontrak, namun ditengah proses berjalannya pembangunan, Anda meminta hal-hal diluar kontrak yang selain melanggarnya, tentun biayanya juga akan berbeda dari yang sudah disepakati di awal.

Lebih Efisien

Tentunya ada alasan tersendiri mengapa Anda menyewa jasa arsitek di Jogja. Untuk itu, dapatkan kelebihan-kelebihan mereka dari berbagai pengalaman dan pendidikan yang telah mereka lakukan dan biarkan arsitek memberikan Anda beberapa solusi bagi rumah Anda. Terkadang, arsitek melarang Anda melakukan hal ini dan itu untuk membuat hal lebih mudah, lebih cepat dan lebih efektif biaya, dan lebih efisien dalam membangun rumah yang Anda inginkan.

Anda tentu memiliki hal lebih terkait bagaimana desain rumah Anda karena Anda sebagai pemiliknya, namun sebaiknya jangan abaikan arsitek Anda. Biarkan mereka mendengar keinginan dan budget Anda serta memahami bagaimana lifestyle Anda kemudian arsitek akan menyesuaikan keseluhannya hingga Anda mendapatkan rumah sesuai ekspektasi Anda.

Pernahkah Anda bekerjasama dengan arsitek dalam membangun rumah? Yuk share pengalaman Anda pada kolom komentar!

Sumber : freshome.com

Itulah artikel mengenai Rencana Bangun Rumah? Berikut Alasan Arsitek Katakan Tidak. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

2 Thoughts on “Rencana Bangun Rumah? Berikut Alasan Arsitek Katakan Tidak”

Leave a Reply

Your email address will not be published.