Renovasi Kos di Bantul

Pilihan Rumah Berdasar Kepribadian – Saat bertanya pada seorang agen properti yang terbiasa menjual rumah, kadang ada berbagai hal mengejutkan yang pernah mereka alami misalnya saat menemukan seorang pembeli yang saat ditawari rumah, langsung suka pada rumah tersebut. Bagi mereka, hal ini cukup berkesan dan terasa berbeda karena mayoritas para pencari rumah sedari awal sudah berkomentar mengenai berbagai kekurangan rumah yang ditawarkan misalnya posisi jalan utama dan sebagainya. Terkadang juga ada sebuah keluarga yang memiliki kesukaan tertentu, misalnya suka berkebun akan berakhir pada pilihan rumah yang identik dengan rumah lamanya karena ditempat baru bisa berkebun seperti sebelumnya.

Terkadang sebuah rumah terjual karena kepribadian pencari rumah cocok dengan penjualnya, hal inilah yang menjadi penyebab munculnya pertanyaan apakah jenis atau style rumah/properti tertentu memiliki kecocokan khusus dengan orang tertentu pula?

Misalnya, rumah bergaya kontemporer dengan garis yang jelas biasanya lebih diminati oleh orang-orang yang detail dan metodis. Sedangkan orang yang eksentrik biasanya lebih tertarik dengan rumah yang menurut orang yang detail itu termasuk rumah yang aneh dan terkesan berantakan. Berikut pilihan rumah yang terlihat dari kepribadian pembelinya :

Menurut seorang psikolog bernama Meredith Fuller, dikutip dari domain.com.au, kepribadian kita memiliki pengaruh terhadap pilihan rumah kita yang bahkan hingga ke warna, dekorasi dan bahan/materialnya. Beliau menjelaskan bahwa pembeli rumah terbagi dalam 2 kategori dasar yaitu :

Arsitek Jogja Konsultasi Dengan Konsumen Terkait Pilihan Rumah
Konsultasi Konsumen Terkait Pilihan Rumah | Gbr : Pinterest

Tipe Intuitif
Tipe orang yang intuitif/perasa dan lebih menggunakan feelingnya saat membuat keputusan. Orang jenis ini biasanya mencari dari beberapa rumah dan langsung tahu rumah itu tepat untuknya. Jika kamu termasuk orang yang seperti ini, datang dan lihatlah langsung rumah yang ingin kamu beli lalu temukan jawabannya saat melakukannya. Biasanya ada perasaan familiar, seolah-olah ini adalah tempat dimana kamu bisa menjadi dirimu sendiri yang sebenarnya, ini adalah tempat dimana kamu bisa bersantai dan semacamnya.

Orang yang intuitif membeli rumah berdasarkan emosionalnya, dimana ia langsung bisa membayangkan saat ia tinggal disana nanti. Mereka ini biasanya tidak terlalu memikirkan jika sebuah rumah tidak memiliki segala hal yang mereka cari dan sekedar berkata bahwa “inilah rumah yang tepat untukku”.

Tipe Logis
Berbeda dengan tipe orang yang satunya, dimana orang ini kebalikan dari si intuitif. Orang ini sangat logis dan mempertimbangkan dari berbagai fakta. Untuknya, rumah adalah hal yang fungsional. Rumah adalah bangunan, bukan sekedar tempat tinggal. Orang logis biasanya membuat daftar (list) hal-hal yang mereka perlukan dan mereka akan mencari rumah berdasarkan keperluan ini dan disiplin akan hal itu. Rumah dimana checklist-nya paling banyak akan dipilih oleh mereka meski terkadang sebenarnya mereka punya keinginan terpendam pada rumah lainnya.

Orang yang logis biasanya sangat memperhatikan detail. Misalnya saat menjual rumah kepada orang ini, agen rumah harus ekstra menjelaskan detail rumah, fitur, layanan dan sebagainya saat menawarkan rumah itu dengan sangat detail. Pembeli rumah jenis ini biasanya bertanya banyak hal tentang rumah itu lalu memilih properti yang akan dibeli berdasarkan detail yang ditanyakannya tadi, bahkan kalau bisa orang logis memilih rumah yang sudah berfurnitur. Mereka mengapresiasi usaha ekstra yang pemilik rumah lakukan saat memilih furnitur yang berkualitas.

Konsep Pemilihan Rumah Open Plan
Rumah Minimalis Konsep Open Plan | Gbr : Pinterest

Jika 2 tipe diatas adalah kategori dasar yang membedakan jenis rumah pembeli satu dengan lainnya, dibawah ini tipe desain maupun letak rumah berdasar beberapa kondisi kepribadianmu saat membeli rumah tersebut :

Tipe Temperamental
Psikolog diatas mengatakan bahwa apa arti rumah untukmu akan mempengaruhi pilihan rumah mu. Apakah kamu ingin tempat berteduh dimana kamu bisa beristirahat dan “mengasingkan diri”, melupakan kegiatan di luar rumah? Ataukah kamu ingin tempat dimana kamu bisa dengan mudah melihat lalu lalang orang lewat, menegur tetangga sebelah dan bercengkerama bersama mereka?

Rumah dengan konsep open plan akan cocok dengan seseorang yang suka berada disekeliling keluarganya, namun orang lain mungkin lebih suka hal yang lebih privasi. Beberapa orang mudah saja tinggal di tempat yang sedikit berantakan, disisi lain ada juga yang membencinya.

Rumah Menghadap Cahaya Matahari
Kost/Rumah Menghadap Cahaya Matahari | Gbr : Proyek Reka Persada

Suasana Hati/Mood
Mood tertentu juga mempengaruhi pilihan rumah. Orang yang mengalami Seasonal Affective Disorder (SAD) yaitu salah satu bentuk depresi dimana seseorang merasa ada pada titik terendah pada musim tertentu. Jika orang itu mengalami SAD pada musim dingin misalnya, orang ini sangat membutuhkan cahaya dan sinar matahari. Mereka sangat senang dengan tempat yang menghadap timur yang artinya mereka bisa mendapatkan matahari sebanyak mungkin. Namun orang lain mungkin sebaliknya, tak suka dengan cahaya matahari bahkan memilih menutupnya dengan tirai agar merasa lebih nyaman.

Pilihan di Masa Kecil
Bagaimana kepribadianmu biasanya dipengaruhi oleh keadaan masa kecilmu. Orang akan cenderung memilih sesuatu yang mengingatkannya pada rumah masa kecil mereka atau sebaliknya (jika masa kecil mereka tak terlalu baik pada rumah itu). Seseorang yang tumbuh di lingkungan yang berantakan biasanya akan merasa lebih nyaman tinggal dirumah yang minimalis dan rapi.

Sumber : domain.com.au/living/what-is-your-property-personality/ | dengan berbagai penyesuaian

Terima kasih telah membaca artikel Tanpa Disadari, Pilihan Rumah Dipengaruhi Kepribadian. Jika Kamu ingin bangun rumah, bangun, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.