Pagar Kolam Renang Agar Anak Aman

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika terdapat bayi dalam sebuah keluarga adalah mempersiapkan dekorasi rumah yang aman dan nyaman bagi anak-anak tanpa mengesampingkan style rumahmu sendiri. Ada tipsnya agar rumah tetap terlihat stylish namun tetap nyaman bagi anak serta tanpa melupakan keamanannya. Berikut ini tipsnya :

Ottoman Sebagai Pengganti Meja Biasa
Ottoman Sebagai Pengganti Meja Biasa | Gbr : pinterest

Ganti meja biasa dengan meja ottoman

Ottoman adalah jenis bangku yang tak terdapat sandarannya, biasanya sepaket dengan bangku biasa, untuk menyangga kaki ketika berselonjor, namun sering kali digunakan untuk tambahan kursi tamu atau bahkan pengganti meja. Meja biasa yang terbuat dari kayu biasanya memiliki sudut yang tajam dan berbahaya karena bisa menyebabkan cedera bagi anak-anak terlebih yang baru belajar merangkak atau berjalan. Hal yang paling mudah sebenarnya kamu juga bisa memasang bumper meja di tiap sudutnya. Namun tak ada salahnya bila kamu mengganti meja dengan ottoman yang memiliki sudut yang lembut.

Rak Buku Rendah Tak Dipanjat Anak
Rak Buku Rendah Tak Dipanjat Anak | Gbr : pinterest

Amankan rak buku dan kabinet

Agar memiliki rumah yang aman bagi anak, terkadang kamu juga harus mencoba berpikir seperti mereka agar kamu bisa memprediksi apa saja yang sekiranya menarik untuk anak-anak tetapi tidak aman baginya. Misalnya anak sering memanjat rak buku atau kabinet dapur yang dapat menyebabkan perabotan jatuh dan menimpanya. Sebaiknya amankan rak dan barang-barang kedalam lemari terkunci.

Barang Mudah Pecah Diletakkan Di rak Tinggi
Barang Mudah Pecah Diletakkan Di rak Tinggi | Gbr : pinterest

Simpan barang mudah pecah di tempat tinggi

Vas kaca, pahatan untuk hiasan meja yang menjadi kesukaanmu tentu tidak aman untuk anak-anak, tetapi bukan berarti kamu harus menyingkirkannya. Kamu hanya perlu menaruh jauh dari jangkauan anak misalnya dengan meletakkannya di rak tinggi yang masih bisa kamu lihat tetapi tidak dengan anak-anak.

Hindari Meletakkan Meja Kursi Dekat Jendela Agar Anak Aman
Hindari Meletakkan Meja Kursi Dekat Jendela Agar Anak Aman
Gbr : c.stocksy.com

Jauhkan furnitur dari jendela

Anak balita mungkin akan tertarik untuk memanjat kursi atau lemari kecil lalu melompat keluar jendela dari sana, tentunya hal ini sangatlah berbahaya. Cara termudah menghindari hal ini adalah menjauhkan furnitur dari jendela agar anak tak berkesempatan mencoba hal tersebut.

Tali Tirai Bisa Berbahaya Bagi Anak
Tali Tirai Bisa Berbahaya Bagi Anak | Gbr : parents.com

Singkirkan tali untuk menarik tirai

Tali tirai yang biasanya menggantung begitu saja sangat berbahaya untuk anak-anak. Cara menghindarinya adalah lepaskan tali tirai, menyembuyikannya saja agar tak terjangkau tangan anak-anak atau bahkan mengganti penutup jendela dengan yang lebih aman.

Dinding Kamar Dengan Cat Satin
Dinding Kamar Dengan Cat Satin Mudah Dibersihkan Jika Kotor | Gbr : quora.com

Gunakan cat dengan finishing satin

Pada satu waktu anak-anak terkadaang memutahkan makanan atau minuman yang dibawanya, Agar tak terlalu repot membersihkan dinding atau mengecat yang baru, sedari awal pergunakanlah cat dengan finishing satin yang mengkilap dan licin. Dengan ini kamu akan lebih mudah ketika membersihkan noda di dinding.

Pagar Pengaman Menuju Tangga
Pagar Pengaman Menuju Tangga | Gbr : pinterest.com

Pasang pagar pengaman

Pembatas/pagar seperti diatas sangat berguna untuk membatasi akses ke tangga atau ke ruang tertentu yang tak memperbolehkan anak/balita untuk mengaksesnya. Misalnya pembatas menuju ke tangga, ke dapur dan ruang lain yang sekiranya berbahaya diakses anak. Pilihlah pembatas seperti ini tak terlalu tertutup, sehingga kamu masih bisa melihat aktifitas anak-anak dari ruang sebelahnya.

Penutup Kolam Renang
Penutup Kolam Renang | Gbr : pinterest.com
Penutup Bak Mandi
Penutup Bak Mandi | Gbr : pinterest.com
Pagar Kolam Renang
Pagar Kolam Renang | Gbr : euglena.biz

Penutup kolam/bak mandi

Jika kamu memiliki kolam renang atau bak mandi besar yang berisi banyak air, sebaiknya berilah penutup diatasnya. Tutuplah saat kolam tidak dipergunakan. Namun jika hal ini tak memungkinkan dilakukan, solusi lain adalah dengan menutup kolam dengan pagar dan menguncinya saat tidak digunakan. Begitu pula dengan bak mandi. Jangan biarkan anak mengaksesnya tanpa pengawasan kalian.

Pelindung Jendela
Pelindung Jendela | Gbr : pinterest.com

Pasang pelindung jendela

Pagar jendela sebenarnya tak terlalu populer digunakan dirumah, padahal memasang ini cukup berguna untuk keselamatan anak-anak, terutama bagi kamu yang memiliki jendela di lantai atas. Biasanya pelindung jendela ini tidak permanen, bisa dilepas bila anak sudah besar.

Penutup Stop Kontak Warna Transparan
Penutup Stop Kontak Warna Transparan | Gbr : pinterest

Gunakan penutup stop kontak

Stop Kontak memang biasanya dipasang cukup tinggi dari jangkauan anak-anak. Namun, tak ada salahnya untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan dengan memasang penutup stop kontak. Selain itu, penutup ini sekarang desainnya sudah bervariatif, ada yang lucu hingga elegan. Jadi, tak hanya bermanfaat tetapi juga terlihat indah.

Bumper Sudut Meja
Bumper Sudut Meja | Gbr : events-digital.com

 

Pasang bumper di sudut furnitur

Kamu mungkin bisa mengganti meja biasa dengan ottoman, namun jika mejamu banyak, kan tak mungkin semua meja diganti. Beberapa meja tinggi juga fungsinya tak akan sama bila diganti, misalnya meja makan. Namun, agar menggunakan meja tetap aman solusinya kamu juga bisa menggunakan bumper yaitu pengaman berbentuk L untuk sudut meja, biasanya terbuat dari silicon, karet dan sebagainya. Memang, dengan memasang ini mejamu akan terlihat aneh, namun lebih baik mengutamakan keselamatan kan daripada sekedar tampilan. Tetapi, jika kamu merasa risih dengan tampilannya yang berbeda, kamu juga bisa mengubah/memilih warna bumper yang seperti warna mejanya agar sedikit tersamarkan.

Penahan Pintu
Penahan Pintu | Gbr : pinterest
Penahan Pegangan Rak
Penahan Pegangan Rak | Gbr : pinterest

Penahan pintu & laci

Anak-anak terkadang memiliki tingkah yang tak biasa. Misalnya dengan sengaja menjepitkan jari tangan mereka pada pintu atau laci. Dengan memasang penahan pintu, tentunya mereka tak terluka jika terjepit. Sementara untuk pegangan laci, tentu mereka tak bisa membukanya, sehingga lebih aman dari resiko terjepit maupun kejatuhan benda didalam rak.

Terima kasih telah membaca artikel Perhatikan Hal Ini Agar Rumah Aman Bagi Anak-anak. Jika Kamu ingin bangun rumah, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.