Persiapan Pembuatan Rumah di Sebuah Tanah Kavling Jogja

Lebih dari sekedar sepetak tanah, kavling yang Anda akan beli adalah tempat dimana rumah Anda akan dibangun. Tempat dimana Anda dan keluarga tinggal, tumbuh, bermasyarakat dan bersosialisasi serta beristirahat disana. Untuk itu memilih kavling tanah untuk dibuat rumah sendiri harus melalui banyak pertimbangan. Berikut ini kami berikan beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli tanah kavling :

Lokasi
Pilih lokasi tanah yang relevan misalnya pertimbangkan kedekatannya dengan transportasi umum, fasilitas umum seperti toko, cafe, sekolah, puskesmas/rumah sakit dan sejenisnya.

Memilih tanah yang dekat dengan gaya hidup jaman sekarang seperti taman, tempat bermain/olahraga juga dapat membawa perubahan besar pada pertumbuhan keluarga Anda. Misalnya Anda akan dimudahkan untuk bersosialisasi dengan tetangga sekitar. Meski kebutuhan tiap individu tentu berbeda, gaya hidupnya juga, jadi pastikan lokasi tanah yang akan Anda beli sesuai dengan diri Anda. Seandainya pula jika Anda ingin menjualnya dikemudian hari, pastikan lokasi itu layak untuk diperjualkan.

Zona rawan
Tak ada yang lebih menjengkelkan ketika Anda sudah cocok dengan berbagai kriteria, namun tanah yang telah Anda beli tersebut ternyata berada di daerah rawan banjir. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya cek ulang tanah kavling incaran Anda dengan cara menanyakan pada pihak berwenang sekitar misalnya RT, RW dan semacamnya dan masyarakat sekitar yang sudah tinggal disitu.

Tanah Kavling Dalam Penggarapan Bangun Rumah
Tanah Kavling Dalam Proses Awal Bangun Rumah | Gbr : Proyek RekaPersada

Ukuran
Dalam sebuah keluarga tentu selalu terjadi pertumbuhan, hal ini tentu juga menentukan berapa banyak ruang yang nantinya Anda butuhkan. Semakin banyak ruang tentu ukuran tanah kavling untuk rumah Anda juga semakin lebar. Untuk itu, jika memungkinkan, sebelum membeli tanah kavling, pilih dulu denah rumah yang Anda inginkan. Tak perlu berpikir rumit, hanya sekedar melihat denah dari internet maupun majalah mungkin sudah bisa menggambarkan seberapa besar rumah yang Anda butuhkan. Selain ukuran/luasannya, bentuk juga cukup mempengaruhi. Ingin yang standar, pilih saja yang ukurannya persegi/persegi panjang. Jika ingin rumah yang sedikit unik, yang miring bisa jadi pilihan Anda.

Arah (Orientasi)
Arah rumah Anda mungkin juga penting saat Anda akan membeli tanah kavling nanti, terlebih bagi Anda yang meyakini fengshui, dan memang arah tertentu terkadang memang memiliki harga lebih tinggi. Misalnya rumah arah timur yang artinya menghadap matahari terbit, dalam fengshui arah ini dianggap membawa keberuntungan dalam hal kesehatan, sehingga konon penghuninya memiliki kesehatan yang baik, arah barat tentang keberuntungan keluarga yang harmonis dan bahagia, dan sebagainya. Namun, banyak arsitek maupun desainer interior memang menyarankan untuk rumah menghadap ke arah timur sekedar untuk efisiensi energi yang lebih baik karena rumah cenderung lebih hangat, dibanding arah lain karena terkena sinar matahari.

Sumber : domain.com.au

Itulah artikel mengenai Tips Membuat Rumah Kecil Terasa Lebih Luas. Anda punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar ya.. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

One Thought on “Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Tanah Kavling”

Leave a Reply

Your email address will not be published.