Mengganti Genteng Retak Yang Mengakibatkan Kebocoran Atap

Di musim penghujan seperti sekarang ini, hal yang paling sering dialami adalah terjadinya kebocoran atap. Kerusakan atap sekecil apapun dapat merusak rumahmu, dan jika hal ini dibiarkan saja tanpa perbaikan dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang tak hanya terlihat kotor namun juga berpotensi membahayakan kesehatanmu dan keluarga. Itulah mengapa menemukan sumber kebocoran atap dan segera memperbaikinya merupakan prioritas yang harus kamu lakukan.

Sumber dari kebocoran atap terkadang sulit ditemukan karena sering kali tidak berasal dari tempat kebocoran muncul. Untuk menemukan sumber kebocoran, cobalah “berpikir seperti air”. Air biasanya masuk melalui bagian atap yang usang, rusak/hilang, serta paku yang longgar. Selain itu, air juga bisa masuk melalui sekitaran ventilasi, atau bisa juga melalui siku pertemuan atap. Begitu air melewati atap termasuk kuda-kuda atap, kemudian mengenai plafon, maka perabot rumahmu tak terhindar lagi dari air.

Cara paling mudah dalam mencari kebocoran atap yang tentu sebaiknya dilakukan pada saat siang hari yang cerah yaitu dengan cara mengecek langsung ke atap, pastikan menginjak kayu dari atap, bukan pada gentengnya. Mulai dari atas tempat terjadinya tetesan, kemudian cek area disekitarnya. Jika atap sudah kering, carilah tanda air, noda, atau perubahan warna pada kayu yang terlihat lembab. Kemudian cari lubang dimana sinar matahari bisa menembus atap. Namun jika hujan tak kian reda, demi keamanan jangan pernah naik ke atap saat hujan. Letakkan ember atau wadah sejenisnya dibawah area yang bocor. Biarkan ember mengumpulkan tetesan air, dan kamu baru bisa memperbaiki atap saat cuaca cerah.

Berikut ini kami berikan 5 cara untuk menemukan kebocoran atap agar dapat segera diperbaiki :

1. Cari Tanda-tanda Awal Kebocoran Atap
Biasanya tanda-tanda awal kebocoran adalah terlihat dan terdengarnya suara air menetes. Namun, ternyata ada tanda lain juga yang mungkin bisa kamu temukan, terlepas saat itu sedang hujan atau tidak, misalnya :

Dinding Interior Menonjol di Bagian Tertentu, Misalnya Pada Catnya
Dinding Interior Menonjol di Bagian Tertentu, Misalnya Pada Catnya
Gbr : bobvila.com

– Bau apek di ruangan tertentu
– Noda air di langit-langit (plafon)
– Terdapat bintik-bintik di dinding eksterior rumah
– Cat dinding interior rumah terlihat sedikit menonjol
– Lapisan dinding terlihat rusak

Tanda-tanda diatas mungkin menunjukkan potensi kebocoran terjadi di atap rumahmu. Sayangnya, tempat pertama yang kamu temukan belum tentu merupakan tempat dimana sumber kebocoran terjadi. Untuk tahu jelasnya, masih harus dilakukan pemeriksaan lagi.

2. Periksa Langit-langit
Langkah selanjutnya untuk menemukan kebocoran adalah dengan mengambil senter dan naiklah ke langit-langit rumahmu. Perhatikan langkahmu agar langit-langit rumahmu tak berlubang karenamu. Cari noda air, jamur atau bercak hitam di sepanjang langit-langit rumahmu.

Jika sekiranya langit-langit rumahmu rapuh, kamu tak perlu melakukan hal tersebut. Cek saja atap rumahmu adakah tanda-tanda kerusakan. Jika rumahmu berupa apartemen dan sejenisnya, sebaiknya panggil atau tanyakan ke pihak manajemen rumah, lalu mereka akan memperbaiki kebocoran atap rumahmu.

Dalam beberapa kasus, noda air kecil mungkin juga hanya disebabkan oleh paku yang berkarat. Paku berkarat ini disebabkan oleh lembabnya udara diruang sekitarnya.

Cek Kebocoran Atap Dengan Siram Genteng Dengan Pipa Air
Siram Genteng Dengan Pipa Air | Gbr : diynetworks.com

3. Hujan Buatan
Jika kamu tak bisa menemukan sumber kebocoran atap dengan hanya dari penglihatan luar dari atas saja, mungkin kamu bisa melakukan cara ini yaitu dengan menggunakan hujan buatan. Mintalah bantuan seseorang misalnya temanmu untuk berada di dalam rumah di dekat area dimana kamu curigai terdapat kebocoran disana, sambil membawa ember untuk menampung air nantinya. Kemudian kamu naik ke atap dengan membawa selang air panjang lalu siramlah atap dengan air dari selang. Mintalah temanmu tadi untuk mengawasi, atau berteriak bila dia melihat tetesan air.

Bergeraklah perlahan dari satu sisi ke sisi lain, hal ini untuk mempersempit area dimana kemungkinan sumber kebocoran terjadi. Tandai setiap kebocoran yang temanmu lihat dari dalam rumah tadi.

Cek Talang Air Adakah Kerusakan atau Tidak<br />
Cek Talang Air Adakah Kerusakan atau Tidak
Gbr : bocorberes.com

4. Lakukan Perbaikan Sebisamu
Tergantung pada letak kebocoran atap rumahmu, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sendiri jika kamu punya alatnya dan ilmu untuk itu. Misalnya jika kebocoran berasal dari genteng yang retak, ganti yang lama dengan yang baru, jika kerusakan ada di sekitar ventilasi, di topi-topi jendela dan semacamnya maka berikanlah sealer baru pada area yang rusak, jika rusak ada pada pipa talang penampung air hujan, ganti dengan yang baru atau cek saja di bagian sambungannya mungkin perlu karet baru.

Namun untuk perbaikan sendiri ini bisa dilakukan tergantung dari jenis atap rumahmu juga. Memperbaiki kerusakan atap cukup sulit dan berbahaya. Namun kalau atap rumahmu cukup rendah dan kamu sudah punya cukup pengalaman, alat yang memadahi dan kepercayaan diri untuk menyelesaikan pekerjaan perbaikan tersebut dengan aman kamu bisa memperbaikinya sendiri. Jika sebaliknya, alangkah lebih baik jika kamu memanggil jasa tukang professional.

5. Panggil Jasa Tukang
Jika kerusakan atap rumahmu tak bisa diselesaikan sendiri karena kondisi kerusakan ternyata lebih kompleks, sebaiknya panggil jasa tukang profesional. Mereka dapat mengidentifikasi kebocoran atap yang mungkin bisa melibatkan kerusakan struktural atap juga. Solusi dari permasalahan yang kompleks mungkin akan melibatkan penggantian beberapa bagian atap seperti pergantian material pertemuan atap bahkan bisa sampai bongkar dan pemasangan atap secara total.

Sumber : budgetdumpster.com

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menemukan & Memperbaiki Kebocoran Atap. Jika Kamu ingin bangun rumah dengan menggunakan jenis lantai semen seperti diatas, atau ingin renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.