Memilih Arsitek Yang Tepat Untuk Bangun Rumah Jogja

Memilih Arsitek di Jogja – Saat akan membangun rumah, hal pertama yang terpikirkan selain biaya adalah bagaimana tampilan rumahmu nanti? Nah, untuk menentukan bagaimana desain denah maupun 3D rumah impianmu, tentu kamu membutuhkan seorang arsitek. Seorang arsitek sangat berpengaruh terhadap project pembangunan sebuah rumah, lalu bagaimana caranya mendapatkan arsitek yang benar? Mari kita cermati informasi dibawah ini :

Seorang arsitek dapat memvisualisasikan idemu dalam pikiranmu akan sebuah rumah kedalam gambar dengan membuat desain sesuai permintaanmu, mempertimbangkan segala kesulitan yang mungkin terjadi hingga proyek dapat dibangun dengan lancar.

Ilmu seorang arsitek dan pengalaman mereka-lah yang mempengaruhi proyekmu nanti, selain itu apa yang mereka desain nanti adalah tempat yang akan kamu sebut sebagai rumah yaitu tempat tinggal yang kamu huni. Jadi, memilih arsitek yang tepat merupakan salah satu tahap keputusan yang paling tepat yang harus kamu lakukan sedari awal. Apa tahapan yang harus kamu lakukan ?

Siapkan tempat

Sebelum kamu menemui seorang arsitek, sebaiknya cari dulu lahan untuk kamu beli dan akan kamu bangun rumah. Jadi, saat kamu menemui arsitek nanti, kamu tinggal menunjukkan area calon rumahmu, mereka akan memperkirakan akan mengambil project tersebut atau tidak.

Selain itu, setidaknya pikirkanlah apa saja yang kamu inginkan ada dirumahmu nanti. Misalnya jumlah kamar tidur, kamar mandi, style arsitektur rumah akan seperti apa, akan menggunakan material tertentu yang kamu inginkan atau tidak, dan semacamnya.

Lalu, dimana mencari Arsitek ?

 

Google

Di tahap ini, kamu mulai mencari siapa arsitek yang akan kamu hubungi. Cara termudah tentu dengan mencarinya di internet, melalui Pencarian Google, carilah arsitek di sekitarmu. Selain itu carilah di sosial media seperti instagram yang mana banyak juga arsitek yang mengupload hasil karya gambar mereka disana. Jika kamu menemukan yang kamu suka atau sesuai style-mu, hubungilah melalui detail kontak yang tercantum atau melalui Direct Message/Pesan Pribadi akun sosial media mereka.

Rekomendasi Memilih Arsitek

Jika kamu tipe orang yang susah untuk percaya pada orang baru, sebaiknya mintalah saran dari teman atau saudaramu mengenai arsitek mana yang mereka kenal, percaya dan recommended bagi mereka. Dengan ini setidaknya kamu tahu dan lebih percaya pada arsitek tersebut.

Memilih Arsitek Jogja Untuk Bangun Rumah
Memilih Arsitek Jogja Untuk Bangun Rumah
Gbr : Pinterest

Tetangga Sekitar

Cara lain yang mudah untuk dilakukan adalah menanyakan calon tetangga rumahmu nanti. Misalnya disekitar lahan yang akan dibangun rumahmu lihatlah rumah tetangga yang sekiranya menarik bagimu. Tanyakan kepada mereka menggunakan arsitek mana dan bagaimana pengalaman yang mereka alami.

Keuntungan menanyakan hal ini pada arsitek yang pernah mengerjakan proyek di daerah tersebut adalah arsitek itu telah familiar dengan desain rumah dan keadaan sekitar wilayah tersebut, termasuk juga dengan perijinannya. Tetapi, pastikan mereka dulu mengerjakan proyek di daerah sana berjalan dengan baik dan lancar.

Setelah kamu menemukan arsitek mana yang akan kamu pilih, buatlah janjian untuk survey ke lokasi lahan dan mendiskusikan proyek pembangunan rumahmu. Jika masih ragu, cari arsitek lain untuk perbandingan. Lihat tawaran yang mereka berikan namun kamu harus tetap realistis dengan apa yang arsitek tersebut katakan. Lihat seberapa cocok kamu dengan arsitek tersebut, lihat apakah sekiranya mereka dapat membangun rumah sesuai dengan yang kamu inginkan dan apakah mereka cukup mengerti apa yang kamu inginkan namun realistis dengan lokasi pembangunan maupun biayanya.

Arsitek adalah orang yang kamu percaya untuk mendesain rumah impianmu. Kamu akan mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk proyek ini. Oleh karena itu, kamu harus pastikan untuk memilih arsitek yang dapat mengkomunikasikan semua hal yaitu antara keinginanmu, input dari arsitek itu sendiri dan disesuaikan dengan lokasi dan anggaran.

Pengalaman

Ketika memilih arsitek, pastikan kamu telah melihat pengalaman mereka yang pernah menangani perencanaan pembangunan hingga pelaksanaannya. Pastikan mereka pernah mengatasi beberapa jenis proyek yang berhasil mereka handle dan inilah biasanya yang membedakan arsitek satu dengan yang lainnya.

Proyek Sebelumnya

Sekarang ini cara termudah dan tercepat untuk melihat pekerjaan sebelumnya dari seorang arsitek adalah dengan mengeceknya di internet (website). Arsitek kini biasanya menggunakan website/blog sebagai sarana “pemasaran” karya mereka. Disini kamu bisa melihat bagaimana ciri khas style arsitektur mereka, material yang mereka gunakan, dan konstruksinya. Hal ini juga penting untuk kamu perhatikan karena setidaknya kamu bisa membayangkan apakah mereka nanti dapat membangun rumah impianmu atau tidak.

Memilih Arsitek Yang Tepat Untuk Bangun Rumah Jogja
Berkonsultasi Dengan Arsitek
Gbr : blackline-house.com

Apakah Mereka Mendengarkanmu?

Ketika kamu mencari-cari arsitek mana yang cocok, pasti kamu mengungkapkan keinginan akan rumahmu. Lihat bagaimana arah pembicaraan kalian. Apakah arsitek itu hanya ikut saja dengan apa yang kamu inginkan tanpa memberikan masukan/saran yang mungkin saja kamu butuhkan? Jika iya, bisa jadi mereka kurang kreatif atau kurang mengerti keadaan daerah tersebut. Usahakan kamu memilih arsitek yang selain mendengarkan kebutuhanmu, juga tetap mengungkapkan sisi kreatifitas mereka terhadap rumahmu namun tetap tidak memaksakan kehendak mereka itu sendiri. Intinya harus sesuai dan seimbang antara kedua belah pihak.

Respect Pada Budget

Biaya pelaksanaan pembangunan rumah juga tergantung pada desain rumahmu itu sendiri. Oleh karena itu inilah alasan mengapa kamu harus memilih arsitek yang tepat karena meskipun kamu memiliki dana yang sangat banyak dan tak terbatas, kamu tetap harus bijaksana dan tahu mana batasan terkait berapa uang yang harus kamu keluarkan dan arsitekmu-pun harus menghormati keputusanmu itu.

Sedari awal jujurlah dengan arsitek yang kamu pilih, hal ini untuk memicu apakah mereka dapat realistis dengan apa yang bisa mereka kerjakan dengan batasan dana yang kamu ungkapkan. Juga hati-hati saat membahas tentang tambahan-tambahan dalam bangunan/rumahmu karena mungkin ini akan menambah biaya yang dari awal telah disepakati, untuk itu memilih arsitek yang sesuai dengan kamu adalah salah satu hal yang mempengaruhi kelancaran proses pembangunan rumahmu nanti.

Itulah artikel mengenai Tips Memilih Arsitek Yang Tepat Untuk Rumah Anda. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

2 Thoughts on “Tips Memilih Arsitek Yang Tepat Untuk Rumah Anda”

  • I wanted to send a word to be able to thank you for the remarkable hints you are writing at this website. My incredibly long internet lookup has finally been recognized with reputable insight to talk about with my guests. I ‘d mention that we visitors are unequivocally lucky to dwell in a superb community with many wonderful professionals with helpful concepts. I feel quite privileged to have come across your webpages and look forward to so many more cool times reading here. Thank you again for everything.

Leave a Reply

Your email address will not be published.