Membangun Rumah di Jogja

Ketika tabunganmu pada akhirnya telah siap untuk memiliki rumah, beberapa pilihan mungkin akan datang membingungkanmu misalnya memilih antara membeli rumah atau membangun rumah baru. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang secara langsung dapat berakibat pada pengalaman apa yang kamu dapat saat memiliki rumah pertama kali. Untuk memutuskannya, sebaiknya baca informasi dibawah ini, pilih membangun rumah baru yang sesuai keinginan atau membeli rumah jadi ?

Alasan memilih membangun rumah baru

Membangun rumah baru butuh waktu dan kesabaran, namun penantianmu tak akan sia-sia karena rumah akan jadi sesuai dengan yang kamu inginkan. Beberapa kelebihan membangun rumah baru antara lain :

Denah Rumah Layout Oleh Pemborong di Jogja
Denah Rumah | Gbr : Proyek Reka Persada

Bisa custom
Ketika membangun rumah baru, kamu akan mempertimbangkan mulai dari hal yang sangat awal seperti denah rumah yang menyesuaikan dengan tanah yang kamu beli. Artinya, kamu akan membangun rumah yang juga sesuai dengan dirimu dan keluarga. Apapun profesimu dan kondisi keuanganmu, kamu akan memiliki rumah yang benar-benar kamu inginkan daripada hanya sekedar menempati rumah yang memang apa adanya sedari awal.

No surprises
Kamu pasti pernah dengar pengalaman orang lain yang membeli rumah namun ternyata banyak jamur dan kebocoran serta masalah lainnya misalnya masalah struktur bahkanpondasi? Jangan khawatir, bila kamu membangun rumah baru, artinya kamu tak akan menemui hal-hal “surprise” seperti ini dibanding membeli rumah jadi.

Tak perlu renovasi
Rumah jadi, terutama membeli rumah yang berharga murah beresiko mengeluarkan uang lebih untuk renovasi. Misalnya renovasi dapur yang rusak, mengganti cat dinding, dan semacamnya. Berbeda dengan membangun rumah baru, sebelum membangunnya pastilah sudah dipertimbangkan matang apa saja yang kamu inginkan, artinya kamu tak harus merenovasi lagi untuk beberapa tahun kedepan. Maksudnya setelah rumah jadi, kamu sudah benar-benar dapat menikmati tinggal disana.

Membangun Rumah Baru di Jogja
Membangun Rumah Baru | Gbr : Proyek Reka Persada

Lebih modern
Rumah yang dibangun saat ini biasanya menggunakan teknologi yang berbeda dengan rumah lama misalnya saja di dapurnya yang sudah menggunakan exhaust atau kamar mandinya yang sudah menggunakan toilet duduk dan sebagainya (kecuali memang konsep rumahmu adalah rumah jadul/tradisional). Artinya selain mempermudah kamu saat tinggal disana, juga lebih efisien.

Bergaransi
Hampir semua kontraktor rumah terutama kontraktor jogja seperti Reka Persada menyediakan garansi ketika kamu menggunakan jasa bangun rumah mereka. Garansi yang di-cover seperti kebocoran, kerusakan cat akibat rembesan dinding dengan waktu yang cukup lama yaitu hingga musim hujan tiba dan semacamnya. Artinya, jika masih dalam garansi seharusnya jika ada sesuatu terjadi pada rumahmu, kamu masih bisa meminta tolong membereskannya secara gratis. Berbeda dengan membeli rumah, artinya kamulah yang bertanggungjawab untuk biaya kerusakan yang terjadi setelah serah terima dilakukan.

Alasan memilih membeli rumah

Tak semua orang suka dan punya waktu dengan keribetan membangun rumah sendiri sesuai keinginan. Untuk itu jika kamu tipe orang yang seperti itu (simple) membeli rumah jadi tentu memiliki keuntungan tersendiri seperti :

Rumah 2 Lantai di Sleman
Rumah 2 Lantai | Gbr : Proyek Reka Persada

Waktu yang lebih cepat
Rata-rata proses membeli rumah yang sudah jadi mulai dari pembelian hingga serah terima mungkin 1 atau 2 bulan. Jika dibandingkan dengan membangun rumah baru yang bisa menghabiskan waktu hingga 7 bulan, hal ini tentu terasa lama. Jika kamu memang sedang mencari rumah dan ingin cepat-cepat pindah, tanpa menyewa rumah untuk sekedar menunggu rumah yang dibangun jadi, sebaiknya kamu memilih beli rumah saja.

Lingkungan yang lengkap
Kebanyakan bangunan baru dibuat di tanah kosong yang mungkin lingkungan belum lengkap. Berbeda dengan membeli rumah jadi yang lingkungannya biasanya lebih komplit seperti di perumahan misalnya yang sudah ada taman, tempat bermain, tetangga rumah, mushola, dan sebagainya. Lebih tepat lagi jika kamu menanyakan pada tetangga rumah tersebut apa yang mereka sukai dan tidak suka pada lingkungan rumah tersebut, sebagai pertimbangan membeli rumah itu.

Taman yang sudah jadi
Jika kamu suka dengan taman yang ada di sekitar rumah, membeli rumah jadi mungkin pilihan yang tepat. Karena jika kamu membuat rumah yang baru dibangun tentunya untuk memiliki taman haruslah membuat sendiri mulai dari awal yaitu menanam, memupuk, menyirami hingga tanaman tumbuh dan membesar. Berbeda jika membeli rumah jadi, kamu tinggal pilih saja rumah yang memang sudah ada tamannya mulai dari yang ada rumput, bunga bahkan pohon dan sebagainya.

Lebih sering negosiasi
Membeli rumah yang sudah jadi menuntut kamu untuk bernegosiasi dengan penjual rumah lebih banyak. Berbeda dengan membangun rumah yang biasanya negosiasi seputar dana yang kamu punya yang disesuaikan dengan material, denah dan hal-hal terkait rumah yang akan dibangun oleh kontraktor yang kamu sewa. Jika kamu berniat membeli rumah, akan menemukan banyak negosiasi untuk mencapai kesepakatan. Ini artinya, kamu akan lebih banyak pengalaman kan?

Minim stress
Membangun rumah baru adalah hal yang tak mudah dan perlu banyak pertimbangan. Mulai pemilihan material, hingga pelaksanaan pembangunan, bahkan kadang ada biaya tambahan untuk rumah dengan kasus tertentu misalnya faktor sosial, teknis dan sebagainya. Berbeda dengan membeli rumah jadi, yang harus kamu lakukan setelah memiliki dana yang cukup adalah hanya tinggal memilih rumah yang dijual agen/pemiliknya.

Saat mempertimbangkan untuk membangun rumah baru atau membeli rumah tentu harus disesuaikan dengan lifestylemu. Untuk beberapa orang, konsep membuat rumah mulai dari nol dan terlibat langsung untuk memikirkan apa saja yang harus ada dirumahmu seperti membuat perencanaan denah, mengkomunikasikan 3D rumah dengan arsitekmu, dan merencanakan biaya yang harus dikeluarkan hingga rumah jadi, mungkin menyenangkan. Tetapi, bagi orang lain yang simple dan tidak ingin ribet mungkin akan lebih memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi saja.

Itulah artikel mengenai Membangun Rumah vs Membeli, Mana Yang Lebih Baik?. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

2 Thoughts on “Membangun Rumah Baru vs Membeli, Mana Yang Lebih Baik?”

  • I not to mention my guys came checking the great helpful tips on your web page and so before long I got a terrible suspicion I had not thanked the blog owner for those tips. All the guys happened to be so glad to read through all of them and now have really been making the most of those things. Appreciation for indeed being considerably thoughtful and also for choosing this form of ideal subjects most people are really wanting to learn about. Our sincere regret for not expressing appreciation to you earlier.

Leave a Reply

Your email address will not be published.