Renovasi Rumah Partisi Kayu Sebagai Aksen Rumah

Semua orang pasti tahu bahwa menjaga kebersihan rumah merupakan sebuah keharusan. Hal ini mungkin memang sudah menjadi kebiasaan karena pembelajaran dari orang tua sejak kecil, atau memang sekedar tekanan sosial yang mendorongmu untuk menjaga kebersihan rumah. Namun sebenarnya, apakah penting untuk menjaga kebersihan rumah? Jawabannya adalah YA. Ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari rumah yang bersih. Begitu pula sebaliknya, rumah yang kotor dan tidak rapi dapat berakibat buruk bagi mental maupun fisik penghuninya.

Terkadang untuk menjaga rumah selalu bersih memang perlu dorongan kuat pada diri sendiri agar hal ini menjadi sebuah kebiasaan, berikut ini kami berikan beberapa informasi mengenai manfaat memiliki rumah yang bersih :

Kamar yang bersih dan rapi membuat lebih sehat
Kamar yang bersih dan rapi membuat lebih sehat | Gbr : Proyek Reka Persada

Mengurangi Stress
Rumah yang berantakan menyebabkan mental yang “berantakan” pula. Mungkin kamu beranggapan bahwa ruangan berantakan tak ada pengaruhnya untukmu karena sudah menjadi kebiasaan, padahal sebenarnya terdapat efek yang tak kamu sadari.

Pada penelitian tahun 2010 yang dilakukan oleh Personality and Social Psychology Bulletin menunjukkan bahwa wanita dengan rumah yang berantakan memiliki level kortisol (hormon yang dilepaskan dalam tubuh ketika sedang stres) yang lebih tinggi daripada wanita dengan rumah yang lebih rapi. Artinya, tingkat stressmu berkaitan dengan bagaimana ruanganmu pula.

Lebih Aktif
Mungkin hal ini terdengar sederhana, padahal kenyataannya memang demikian, mengapa? Kalau ingin memiliki rumah yang bersih, tentunya harus sering bersih-bersih rumah, hal ini tentunya mengharuskanmu untuk lebih banyak bergerak. Memang, sekedar menyapu dan merapikan barang-barang dirumah tak akan banyak membakar kalori jika dibandingkan dengan ke gym, tetapi hal ini tentu lebih baik daripada sekedar duduk bermalas-malasan menonton tv saja.

Lebih Produktif
Saat kamu punya kegiatan yang sebenarnya ingin kamu hindari, terkadang kita akan mencari berbagai alasan. Rumah yang tak rapi memudahkan kita untuk menemukan alasan itu. Artinya, ketika rumah sudah tertata rapi, kamu tak akan menemukan alasan untuk melakukan kegiatan yang harus kamu lakukan. Hal diatas sudah dibuktikan oleh penelitian tahun 2011.

Makan Makanan Yang Lebih Sehat
Pernahkah terpikirkan bahwa saat sedang stress, kamu biasanya akan mencari junk food misalnya mi instan, burger, pizza, kentang goreng dan sejenisnya? Hal ini adalah reaksi natural yang dikeluarkan oleh tubuh saat stress. Namun, dengan bersih-bersih rumah keinginan memakan makanan junk food akan berkurang, dan akan cenderung lebih memilih makanan sehat. Pada penelitian tahun 2013 dilakukan pengujian akan pilihan makanan dari beberapa orang. Orang-orang yang bekerja di ruangan yang rapi 2x lebih mungkin untuk memilih apel daripada coklat dibanding mereka yang bekerja di ruang yang berantakan.

Kamar Tidur Yang Rapi & Bersih Rumah Yang Bersih
Kamar tidur yang rapi & bersih | Gbr : Pinterest

Tidur Lebih Baik
Saat ingin tidur, tentunya akan lebih mudah dilakukan bila tak ada hal yang mengganggu di pikiran kita. Seperti saat rumah kita bersih, ketika melihat disekeliling dan tak menemukan ada hal yang harus dilakukan, tentu kita bisa tidur dengan lebih tenang. Seperti yang diungkapkan oleh National Sleep Foundation yang melakukan survei, mengungkapkan bahwa kamar yang bersih akan membuat tidur dimalam hari lebih nyenyak sekitar 20% lebih baik.

Jarang Sakit
Rumah yang bersih membuat kuman maupun bakteri yang tersembunyi tentu lebih sedikit. Selain itu debu dan alergi yang ada di karpet, tempat tidur dapat memperburuk alergi dan asma bagi penderitanya. Artinya, manfaat kesehatan yang didapat hanya dengan memiliki rumah yang bersih sangatlah jelas. Jadi, jika kamu dan keluargamu ingin sehat, bersihkan rumahmu secara teratur. Jangan sekedar menyedot debunya, namun pindahkan juga barang-barang yang berantakan karena semakin banyak barang yang kamu miliki maka semakin sulit pula membersihkan rumah.

Sumber : freshome.com/health-benefits-of-a-clean-home, ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19934011, ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21228167

Terima kasih telah membaca artikel Manfaat Kesehatan Memiliki Rumah Bersih. Jika Kamu ingin bangun rumah dengan style industrial, bangun, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.