Membangun Rumah di Jogja Kontraktor Arsitek

Membangun Rumah di Jogja – Saat akan membangun rumah, tentunya Anda memikirkan berbagai hal. Anda tahu apa yang dibutuhkan dan inginkan dalam rumah tersebut. Tetapi, sudahkah terpikirkan apa yang tak Anda inginkan dan tak Anda perlukan? Sudahkah semua Anda pikirkan?

Perencanaan yang tak matang dan dana yang kurang dapat menyebabkan berbagai kesalahan yang tak diinginkan. Ketika berencana membangun rumah baru, Anda harus melihat rumah dari berbagai sisi. Anda juga harus mempertimbangkan gaya hidup saat ini dan di masa mendatang. Sesuaikan juga dengan rencana anggota keluarga Anda apakah jumlahnya bertambah? atau berkurang? Apakah kerabat sering menginap atau tidak? Pikirkan baik-baik, dan konsultasikan dengan ahlinya bila perlu. Desain awal yang buruk tak hanya membuatmu tak nyaman tetapi juga dapat membuat Anda tak sehat tinggal disana. Arsitek, sipil, dan pelaksana pembangunan secara profesional dapat membantu Anda membuat keputusan lebih efektif.

– Perhatikan sistem ventilasi
Perencanaan buruk di tahap ini dapat menyebabkan masalah dengan kelembaban di rumah Anda yang mengakibatkan mudahnya tumbuh lumut/jamur bila terlalu lembab. Memiliki langit-langit yang sangat tinggi misalnya, meski sejuk di siang hari dan tak perlu menyalakan AC, namun dimalam hari tentu akan sangat dingin.

– Rencanakan luas ruang
Merencanakan ukuran ruang merupakan hal yang sangat penting, kecuali Anda akan membuat rumah yang sangat besar. Tempat yang luas memang keinginan semua orang, namun yang lebih penting adalah dimana meletakkan sebuah tempat pada lokasi yang tepat. Misalnya dikamar utama, pentingkah membuat ruang ganti dan rias (walk-in closet) tersendiri padahal ruang tersebut bisa saja digunakan untuk membuat kamar tidur makin lebar atau membuat kamar mandi?

– Rencana masa depan
Ketika mendesain rumah impian Anda, lihat seperti apa gaya hidup dan kebiasaan Anda. Berapa lama Anda berencana tinggal disana? Perlukah memasang sistem keamanan khusus untuk anak-anak Anda nantinya? Ataukah keperluan-keperluan lain saat usia pensiun Anda tinggal disana? Rencanakanlah dengan pertimbangan jangka pendek dan jangka panjang saat Anda tinggal disana.

– Pencahayaan dalam rumah
Sistem pencahayaan penting dipikirkan demi kesehatan penghuninya. Jendela seharusnya ada dalam setiap ruang dan cukup besar untuk menjangkau cahaya alami masuk, dan sebaiknya cahaya alami mataharilah yang menjadi sumber cahaya utama dirumah Anda.

– Ruang tak terpakai
Penambahan playroom dan semacamnya memang terdengar menarik, namun apakah diperlukan? Atau ruang olahraga misalnya, tidakkah sia-sia jika membuat ruang khusus untuk itu padahal jarang digunakan juga. Ruang-ruang tak terpakai seperti ini pada akhirnya malah menjadi ruang gudang tempat diletakkannya berbagai benda dirumah.

– Penempatan Ruang Cuci Baju
Pertimbangkan juga untuk memiliki ruang ini karena meski ada jasa laundry, terkadang tak semua dpakaian yang bisa Anda titip cuci, kan?

– Penempatan kamar tidur
Kamar tidur sebaiknya dijauhkan dari tempat yang bising dan dari lalu lalang kesibukan. Misalnya, kamar tidur utama sebaiknya tak ditempatkan di atas atau didekat garasi jika anggota keluarga Anda suka datang dan pergi saat Anda beristirahat/tidur karena ruang tidur yang selayaknya untuk beristirahat dari penat dapat rusak fungsinya karena Anda terganggu saat tidur.

dapur rumah di jogja

– Penempatan dapur
Letak dapur tergantung dengan selera Anda, bila Anda suka berbelanja, lalu meletakkannya ke dapur, tentu sebaiknya dapur berada di dekat pintu masuk area belakang. Namun yang pasti dapur terletak didekat ruang makan.

– Penempatan garasi
Garasi biasanya merupakan tempat sering terjadinya lalu lalang anggota keluarga lewat, terkadang masuk rumah melalui garasi dengan sandal dan sepatu kotor, setelah dari luar bepergian. Oleh karena itu pastikan setelah garasi, bukan ruang tamu yang Anda temui, agar kotoran dari luar tak masuk ruang tamu, setidaknya buat pintu khusus dari garasi menuju kedalam rumah lalu menuju ke dapur atau ruang lain.

– Biarkan oranglain melihat apa yang Anda perlukan
Seorang profesional tak sepenuhnya benar karena mereka tak kenal betul bagaimana gaya hidup, dan kebiasaan Anda. Oleh karena itu coba juga tanyakan orang terdekat seperti keluarga dan sahabat barangkali mereka memiliki masukan yang tak terpikirkan oleh Anda sendiri.

Sumber : freshome.com

Itulah beberapa hal yang perlu dicermati sebelum membangun rumah baru? Anda punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar ya.. Ingin membangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah, desain interior di Jogja dengan Arsitek Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

One Thought on “Lakukan Hal Ini Sebelum Membangun Rumah Baru”

Leave a Reply

Your email address will not be published.