Rumah Dengan Desain Tropical

Kontraktor Jogja – Membangun rumah merupakan project yang membutuhkan biaya yang tak sedikit terkait siapapun yang membangunnya dan dimanapun lokasinya. Meskipun kamu mungkin telah mengumpulkan banyak uang dan melakukan perbandingan harga biaya jasa, material dan biaya-biaya lainnya terkait pembangunan rumah, biaya tambahan mungkin saja tetap muncul secara tidak kamu prediksikan selama proses pembangunan tersebut. Agar terhindar dari hal tersebut karena sudah dipersiapkan di awal, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu pelajari sebelum membangun rumah. Berikut ini beberapa biaya tambahan yang mungkin saja harus kamu keluarkan saat proses pembangunan rumah berlangsung :

kontraktor jogja membangun rumah
Membangun Rumah dengan Kontraktor Jogja | Gbr : proyek rekapersada

Site costs

yaitu biaya yang harus dikeluarkan sebagai akibat dari pekerjaan pembangunan rumah. Berikut ini kami berikan contoh dengan ilustrasi cerita, misalnya sebuah rumah akan dibangun di tengah-tengah perkampungan, untuk membangun rumah disana diperlukan material yang harus diangkut menggunakan truk, dan diletakkan di sebelah lahan rumah yang akan dibangun tersebut. Akibat kerusakan dari truk yang melewati jalanan perkampungan dengan membawa material itu, serta kerusakan karena menitipkan material di dekat lahan pembangunan adalah salah satu macam biaya yang harus dikeluarkan (site costs). Contoh lain misalnya saat akan membuat pondasi rumah, ternyata diketahui bahwa jenis tanah yang akan dibangunkan rumah ternyata masih perlu pengolahan lagi agar pondasi bangunan yang akan dibuat disana cukup kuat/bangunan tidak miring, namun hal ini baru diketahui setelah proses pembangunan dimulai, ini juga salah satu contoh site cost, dan masih banyak lagi contoh site costs yang mungkin terjadi. Untuk menghindari hal ini, proses survey ke lokasi pembangunan oleh arsitek dari kontraktor jogja yang berpengalaman adalah salah satu kunci untuk mengetahui kondisi lahan yang ada dan mendapatkan perencanaan yang matang sedari awal sebelum pembangunan dimulai.

Tanaman Hias di Taman Rumah Oleh Kontraktor Jogja
Tanaman Hias di Taman Rumah | Gbr : pinterest

Taman

Salah satu yang membuat rumah jadi yang baru dibangun terlihat lebih indah dan menarik adalah taman yang ada disekitarnya. Membuat taman untuk halaman rumah bukan hal yang murah. Kamu mungkin saja bisa membuatnya sendiri agar lebih murah dengan membeli rumput dan menanamnya sendiri lalu menghiasnya sesuai seleramu namun tentu hal ini akan lebih cepat dan rapi bila memang dikerjakan oleh ahlinya. Selain membuat taman berupa rumput, pagar dan jalan setapak maupun kolam kecil bila halaman rumah memungkinkan merupakan salah satu daya tarik sendiri di rumahmu. Nah, jika menginginkannya tentunya hal ini membutuhkan biaya tambahan. Rencanakan dari awal mengenai keinginanmu ini agar biaya taman ini dapat dimasukkan kedalam RAB (Rencana Anggaran Biaya) pembangunan rumah.

Keramik Lantai Motif Kayu Oleh Kontraktor Jogja
Keramik Lantai Motif Kayu

Lantai

Menghias lantai dengan lapisan tertentu juga bisa menjadi biaya tambahan bila hal ini memang tak kamu rencanakan sedari awal. Terutama untuk material lantai kayu yang memiliki hasil akhir yang sangat indah berbanding lurus dengan harganya yang mahal.

Perijinan

Ada saja orang yang tak tahu bahwa sebelum membangun rumah harus melakukan perijinan terlebih dahulu. Sebelum membangun rumah, uruslah dulu IMB dengan jalur yang benar. Karena bila IMB bermasalah, keseluruhan proses pembangunan dapat dibatalkan dan kamu mengalami kerugian besar. Selain itu, bila pembangunan rumah harus diundur sebagai akibat dari pengurusan IMB yang lama/terlambat, biaya pembangunan rumah yang sudah direncanakan di awal tentu akan meningkat dan harga material tentu juga lebih mahal daripada sebelumnya.

Jasa Renovasi Rumah Jogja Oleh Kontraktor Jogja
Pagar Rumah

Perubahan

Membangun rumah baru dari awal artinya kamu terlibat mulai dari perencanaan denah dari hal yang paling detail. Pastikan sebelum pembangunan dimulai, perencanaan sudah dilakukan dengan matang beserta estimasi biaya yang dibutuhkan hingga rumah selesai dibangun. Pastikan kesepakatan ini tercantum dalam sebuah kontrak (MOU) dengan perusahaan kontraktor  jogja yang kamu pilih. Bila masih ragu dan memang memungkinkan, sisihkan dana untuk biaya darurat.

Dari keseluruhan hal diatas sebenarnya biaya tambahan pembangunan rumah bisa kamu hindari dengan cara menggunakan jasa kontraktor jogja yang berpengalaman seperti Reka Persada. Dengan memilih jasa Kontraktor Jogja Reka Persada, kamu akan diberikan proses yang jelas mulai dari konsultasi, survey lokasi pembangunan, perencanaan (gambar denah, 3D, RAB), penandatanganan kontrak pekerjaan hingga pelaksanaan pembangunan rumah.

Pada perencanaan & RAB (Rencana Anggaran Biaya) kamu harus konsultasikan biaya yang kamu sediakan dengan kebutuhan/keinginan rumahmu itu sendiri agar gambar dan biaya rumah bisa sinkron dan tidak ada penambahan hingga rumah siap huni. Yang terpenting adalah komunikasikan apa saja yang kamu inginkan secara detail dan biaya yang kamu miliki.

Source of Featured Images : pinterest

Itulah artikel mengenai Pelajari 5 Hal Ini Agar Biaya Bangun Rumah Tak Membengkak. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.