Memilih Arsitek Yang Tepat Untuk Bangun Rumah Jogja

Pada jaman yang modern sekarang ini, dimana internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, bahkan mencari apapun sudah tersedia di internet. Salah satu hal yang bisa kamu temukan adalah desain rumah. Berbagai desain rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi ada di internet. Jika menginginkan desain atau denah rumah yang lebih detail sekarang kamu bahkan bisa langsung memesannya. Beberapa arsitek maupun kontraktor menyediakan jasa desain rumah yang bahkan bisa dipesan online. Kamu tinggal menunjukkan apa saja kebutuhan rumahmu nantinya, lalu sebutkan luas rumah yang kamu inginkan dari tanah yang kamu miliki, kamu akan dibuatkan gambar secara profesional dan dikirim melalui email tanpa perlu bertatap muka (jika memang kamu tak menginginkannya) dengan arsitek seperti yang cara konvensional biasa lakukan. Biasanya terdapat 2 jenis desain yang bisa kamu pilih yaitu desain yang sudah jadi dan desain custom (dibuat sesuai pesanan). Meski menawarkan segala kemudahan sebaiknya, sebelum melakukan pembelian maupun pemesanan secara online, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal dibawah ini :

Jasa Rancang Bangun Kontraktor Jogja
3D Desain Rumah Minimalis

Kelebihan Membeli Desain Rumah Yang Sudah Jadi

  • Biaya
    Jika kamu ingin mencari desain rumah yang harganya lebih murah, tentu desain yang sudah jadi merupakan pilihannya. Desain yang sudah jadi tak perlu “membayar” biaya konsultasi dan biaya berkomunikasi dengan arsitek. Berbeda dengan gambar custom yang harus dikomunikasikan antara keinginanmu sebagai pemesan kemudian divisualisasikan kedalam gambar oleh arsitek.
  • Pilihan
    Membeli denah rumah secara online membuatmu bisa memilih dari ribuan bahkan lebih layout, style, tampilan eksterior yang ada berbagai macam di internet. Kamu memang tak bisa meng-custom kamar mandimu misalnya, tetapi jika tak cocok dengannya kamu bisa pilih desain lain dari sumber yang berbeda hingga kamu temukan mana yang memang benar-benar kamu sukai, kemudian gabungkan.
  • Waktu
    Membeli desain rumah yang sudah jadi tentu lebih cepat karena sudah tersedia. Mendesain rumah mulai dari awal membutuhkan waktu yang tak sebentar. Terlebih jika kamu masih saja tak menemukan kecocokan dengan gambar yang dibuat arsitekmu itu, kamu harus menemuinya dan sebagainya, hal ini tentu butuh waktu dan kesabaran. Hal ini tentu tak efektif jika kamu orang yang sibuk atau kamu sudah punya jadwal pembangunan sendiri yang telah direncanakan sebelumnya. Jika kamu hanya punya waktu sebentar, sebaiknya pilih saja desain yang sudah jadi, lalu segera eksekusi kepada tukang atau jasa kontraktor yang akan membangun rumahmu.
  • Mempercepat proses
    Terkadang kita sudah punya arsitek langganan, namun saat mereka sibuk dan hanya punya SDM untuk membangun rumahmu saja, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah membeli desain yang sudah jadi. Bahkan jika kamu nantinya tak akan menggunakan gambar yang kamu beli itu seutuhnya, gambar itu tetap bisa kamu serahkan ke arsitek langgananmu untuk di-custom dan tinggal mengolah beberapa bagian saja. Hal ini akan mempercepat proses perencanaan pembangunan rumahmu.
Desain Rumah 3D Minimalis
3D Desain Rumah Minimalis | Gbr : Proyek Reka Persada

Kekurangan Membeli Desain Rumah Yang Sudah Jadi

Membeli desain rumah yang sudah jadi memang baik dilakukan untuk beberapa orang namun tak semua orang dengan situasi tertentu cocok akan hal ini.

  • Banyak spesifikasi
    Ketika kamu membeli desain yang sudah jadi, kamu belum tentu mendapat ukuran luas lahan secara pas spesifik dengan luas lahan yang kamu miliki. Dalam beberapa kasus bahkan bisa kamu ibaratkan seperti membeli celana jeans tanpa mencobanya terlebih dahulu dan kemungkinan ketidakcocokannya sangatlah tinggi. Saat mencari desain rumah secara online, pastikan luasnya sesuai dan jangan kecewa jika berbeda dengan luas tanahmu, karena pada dasarnya jika ingin mendesain rumah biasanya arsitek harus mensurvey langsung kondisi lahan yang sebenarnya baru dibuatkan denah 2d dan 3d.
  • Custom biaya
    Membeli desain rumah jadi adalah pilihan yang lebih murah, akan tetapi cara ini-pun bisa lebih mahal. Kok bisa? Misal kamu membeli desain rumah yang sudah jadi, lalu suatu saat kamu adakan perubahan lagi untuk menyesuaikan dengan kondisi sekarang yang kamu inginkan atau disesuaikan dengan kondisi lahan yang sebenarnya, hal ini terkadang justru akan lebih mahal. Membuat desain rumah dari awal bisa lebih murah.

Kesimpulannya, jika kamu ingin hal yang lebih detail, kamu bisa mencari desain rumah melalui online, namun sebelum benar-benar membelinya, pikirkan dulu rencana jangka panjangmu. Membeli desain rumahmu secara online dapat menghemat waktu dan uang, tetapi ini artinya kamu harus menerima desain itu hingga kamu gunakan untuk pembangunan rumahmu nantinya. Namun jika kamu masih ingin memodifikasi desain rumah yang telah kamu lihat di internet, sebaiknya sewa saja jasa arsitek sekitarmu dan buatlah desain rumah itu dari awal, rencanakan sesuai dengan rumah impianmu.

Terima kasih telah membaca artikel Kelebihan & Kekurangan Membeli Desain Rumah Secara Online. Jika Kamu ingin bangun rumah, bangun, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.