Inspirasi Tempat Asik Sebagai Spot Baca Buku

Membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat dilakukan dimana saja meski hanya di rumah. Karena manfaatnya inilah, bagi yang tak suka membaca mungkin kamu harus menyelami dirimu apa alasan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah karena belum menemukan tempat yang tepat untuk menikmati buku bacaan, mungkin kini saatnya kamu secara sengaja menyediakannya. Tak harus menyediakan satu ruang khusus yang besar, kamu cukup mencari sedikit celah di rumahmu yang dapat kamu fungsikan sebagai spot baca. Berikut beberapa inspirasi spot baca yang bisa kamu terapkan dirumah :

Buat spot baca yang senyaman mungkin. Sediakan bantal yang nyaman dengan selimut untuk spot baca barumu ini. Selain itu yang terpenting, pilih kursi yang tepat agar kamu betah duduk membaca disana.

Spot Baca Di Halaman Belakang Rumah Dibawah Pohon
Spot Baca Di Halaman Belakang Rumah Dibawah Pohon
Gbr : pinterest

Spot baca tak harus didalam rumah, kamu juga bisa membuatnya di luar ruangan (outdoor). Misalnya membuat spot baca di halaman belakang rumah, dibawah pohon yang teduh dengan ditemani bantal, selimut dan beberapa buku yang ingin kamu baca.

Spot Baca Pada Area Balkon
Spot Baca Pada Area Balkon | Gbr : pinterest

Jika ingin spot baca sekaligus menikmati pemandangan yang menyenangkan, buatlah di area teras rumah dimana didepan pandanganmu terdapat tanaman bunga yang kamu tanam atau buatlah di balkon.

Pemanfaatan Area Bawah Tangga Sebagai Spot Baca
Pemanfaatan Area Bawah Tangga Sebagai Spot Baca
Gbr : pinterest

Masih punya ruang di area bawah tangga? Mengapa tak membuatnya menjadi spot baca? Rapikan area bawah tangga, buat rak untuk meletakkan buku-bukumu disana. Selain pemanfaatan area kosong, spot baca di area ini juga terasa lebih tenang karena biasanya jarang area ini digunakan untuk beraktifitas karena tempatnya yang kecil.

Loteng Sebagai Ruang Baca
Loteng Sebagai Ruang Baca | Gbr : pinterest

Solusi lain bila kamu ingin menghemat ruang adalah menggunakan area loteng. Jika loteng rumahmu memungkinkan, tempatkan kasur yang nyaman diatas sana, beberapa lampu dan rak buku. Kegiatan membacamu tak akan terganggu oleh penghuni rumahmu yang lain.

Spot Baca Dibawah Jendela Dengan Kursi/Rak Panjang
Spot Baca Dibawah Jendela Dengan Kursi/Rak Panjang
Gbr : avatars.mds.yandex.net

Area jendela adalah salah satu tempat yang cocok untuk digunakan sebagai spot baca. Jika terdapat area jendela yang tak digunakan, manfaatkan sebagai ruang baca. Berikan kursi panjang di dinding bawah jendela, atau buat rak panjang diletakkan di lantai untuk menyimpan buku, kemudian bagian atas rak bisa kamu manfaatkan sebagai kursi dengan tinggal menambahkan bantal kursi. Saat membaca di siang hari, kamu tak perlu lampu. Cahaya alami dari sinar matahari sudah cukup baik untuk spot baca-mu ini.

Spot Baca Dengan Kursi Gantung dari Rotan
Spot Baca Dengan Kursi Gantung dari Rotan | Gbr : pinterest

Untuk pemilihan kursi, pilihlah yang santai, fun dan nyaman. Kamu juga bisa mencoba kursi yang berbeda misalnya kursi gantung seperti gambar diatas. Kursi jenis ini justru malah bisa kamu gantung dimana saja, tinggal tambahkan meja disamping kursi gantung ini untuk meletakkan buku dan pendamping kegiatan baca bukumu.

Featured Image : maxpixel.net

Itulah artikel mengenai Inspirasi Tempat Asik Sebagai Spot Baca Buku . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.