Ruang Kamar Investasi Kos di Jogja

Kontraktor Jogja – Saat ini sudah banyak kita ketahui terdapat berbagai macam bentuk investasi dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Misalnya seperti investasi emas, tanah, reksa dana, saham dan sebagainya. Dari berbagai investasi yang ada, investasi yang dianggap lebih minim resiko adalah investasi dalam bentuk emas, tanah, rumah, dan sejenisnya. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan investasi bangunan dalam bentuk indekos atau investasi kos-kosan, berikut akan kami ulas lebih lanjut.

Investasi properti, khususnya membangun kos-kosan atau indekos merupakan salah satu investasi yang mengutungkan dan minim resiko dibanding investasi saham. Namun, meski dianggap menguntungkan, hal ini bisa juga menjadi kebalikannya bila Anda tak cermat saat membangunnya. Berikut ini kami berikan beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan sebelum terjun ke jenis investasi kos ini :

Lokasi

Satu hal terpenting yang membuat kos-kosan Anda akan membawa pasive income rutin ke kantong Anda atau tidak adalah peminatnya. Tentunya peminat akan datang ke kos-kosan bila lokasi kos tersebut strategis. Misalnya, pilih lokasi kos yang dekat dengan perkantoran, sekolah, atau kampus. Selain itu, lebih baik lagi bila lokasi indekos Anda dekat dengan mini market, rumah makan, dan tempat-tempat yang banyak dikunjungi orang. Tentu, lokasi kos yang dekat dengan tempat-tempat tersebut lebih diminati.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan akan membangun kos pada tempat tertentu, pastikan Anda sudah melakukan survey dan menganalisis lingkungan sekitar apakah cocok untuk dibuat kos? apakah dekat dengan tempat vital? apakah pangsa pasarnya sesuai dengan target Anda? dsb. Kecermatan akan hal-hal tersebut diperlukan agar Anda tak mengalami kerugian. Selain itu dengan menganalisis target “pasar” sekitar, Anda juga dapat menentukan kos jenis apa yang akan Anda bangun, apakah kos biasa, kos eksklusif, kos untuk rumah tangga, dan lain-lain.

 

Ruang Kamar Investasi Kos di Jogja
Ingin Investasi Kos? Yuk Simak Hal Ini Sebelum Melakukannya | Gbr : Proyek RekaPersada

Keamanan & Kebersihan

Setelah lokasi yang strategis, biasanya para pencari kos seperti karyawan atau mahasiswa/i akan melihat keamanan dan kebersihan tempat kos tersebut. Kedua hal ini tak bisa dikesampingkan, karena tanpa melihat apakah penghuni kos ini ceroboh atau tidak menempatkan barang-barang pribadi mereka di kos, tentu penghuni kos tetap tak ingin kehilangan barang-barangnya.

Termasuk juga kebersihan, penghuni kos tentu akan lebih nyaman bila tempat yang mereka sewa bersih dari kotoran dan debu penyebab bau dan penyakit. Untuk keamanan yang ketat, mungkin Anda butuh penjaga kos misalnya satpam dan hal ini perlu masuk dalam anggaran pengeluaran perbulan Anda. Namun, terkadang pengawasan yang terlalu ketat pun bisa memicu penghuni kos tak nyaman, jadi analisis baik-baik seperti apa lingkungan di tempat kos Anda berada. Apakah perlu penjagaan khusus atau sekedar memperketat aturan internal untuk para penghuni kos, mulai dari aturan bersih-bersih, aturan jam malam, batasan tamu yang datang, dan sebagainya.

Fasilitas

Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan apakah kos-kosan Anda diminati atau tidak. Wifi dan kamar mandi dalam mungkin fasilitas utama yang cukup dilihat oleh para calon penghuni kos. Untuk fasilitas tambahan lainnya seperti furniture tergantung pada siapa yang akan menyewa kos tersebut, oleh karena itu Anda sudah harus tahu pasar dulu sebelum masuk pada area fasilitas ini. Misalnya kos dengan target pasar mahasiswa, mungkin fasilitas standar tanpa furniture sudah cukup bagi mereka karena akan berpengaruh pada harga sewa. Bila kos untuk karyawan, mungkin Anda harus membuatnya menjadi kos eksklusif dengan segala fasilitas tambahan seperti tv kabel, ac, kamar mandi dengan shower air panas, dan sebagainya yang tentu harga sewanya lebih mahal dibanding kos mahasiswa biasa.

Modal

Setelah mempertimbangkan 3 poin diatas, Anda perlu menentukan modal yang akan Anda keluarkan untuk investasi kos ini. Karena tentu kita sadari bahwa terjun di investasi kos membutuhkan modal besar yang harus dikeluarkan di awal yaitu modal untuk pembangunannya. Tentukan darimana biaya tersebut akan Anda dapatkan, apakah dari uang tabungan, dari hutang bank, dan sebagainya. Setelah modal ditangan, batasi penggunaannya agar tak berlebihan mengalokasikannya. Karena, semakin besar modal, semakin besar pula tanggungjawab yang harus Anda emban dan pikirkan karena hal ini terkait dengan kerugian yang bisa ditimbulkan bila salah menganalisis pasar. Oleh karena itu, teliti dan berhati-hatilah menggunakan modal tersebut.

Setelah mempertimbangkan berbagai hal diatas, yang perlu Anda pertimbangkan selanjutnya adalah perencanaan pembangunan hingga pelaksanaannya. Berikut ini perlu Anda pertimbangkan juga :

Struktur Bangunan

Saat merencanakan pembangunan, lihat berapa luas lahan yang Anda miliki. Pertimbangkan akan dibuat berapa lantai bangunan kos Anda tersebut. Jika luas lahan Anda tak terlalu besar, sebaiknya rencanakan untuk membuat bangunan tersebut memiliki 2 atau 3 lantai.

Komunikasikan dengan jasa kontraktor yang Anda percaya misalnya jasa kontraktor jogja Reka Persada agar struktur bangunan yang dibuat juga menggunakan kekuatan untuk bangunan bertingkat lebih dari 2 lantai. Mengapa? Hal ini untuk mengantisipasi bila Anda nantinya punya rejeki dan ingin menambahkan ruang lagi untuk penyewa kos yang makin banyak, haruslah konstruksi bangunan kuat menampungnya untuk dibuat lantai tambahan diatasnya.

Style Bangunan

Desain kos terkadang memang tak terlalu menjadi pertimbangan para peminat indekos, namun tak ada salahnya kan membuat tampilan bangunan lebih baik, agar berbeda dan memiliki nilai tambah dibanding kos-kosan lainnya. Mengingat daerah yang strategis tentu sudah ada saingan yang membuka usaha serupa namun bagaimana kos Anda yang baru dibuat lebih menarik dan stand out, tentu tetap banyak peminat yang datang meski banyak saingan.

Membangun kos dengan penghuni yang banyak dan berasal dari beragam tempat tentu tiap penghuni sebenarnya memiliki style berbeda-beda, tak perlu melulu menyasar pada selera bangunan kaum muda yang biasa nge-kos, jika mau aman pilih saja style desain kos minimalis yang terlihat nyaman dan bersih, selain itu tidak membutuhkan perawatan ekstra yang tentunya hal ini sangat pas bila dilihat kebanyakan penghuni kos tentu tak serajin yang memiliki rumah. Tinggal berikan beberapa aksen di bagian eksterior akan membuat kos Anda lebih menarik.

Area Cuci

Area cuci tentu harus dipikirkan oleh Anda, mengingat orang yang tinggal disana bukan hanya satu atau dua orang saja. Jika rumah sendiri kadang area cuci dibuat kecil selain untuk menghemat space, juga merupakan area yang tak terlalu sering dipakai, terlebih bagi Anda yang lebih suka jasa laundry, sepertinya hal ini berbeda dengan bangunan indekos. Penghuni kos-kosan biasanya hidup berhemat, maka untuk urusan mencuci dilakukan sendiri (untuk kos biasa – non eksklusif). Oleh karena itu area cuci sebaiknya dibuat cukup besar untuk beberapa penghuni kos.

Canopy pada Carport Untuk Area Parkir
Area Parkir yang lega disukai penghuni kos | Gbr : Proyek RekaPersada

Area Parkir

Salah satu alasan pula yang menjadi poin plus bagi para calon penghuni kos tertarik untuk menyewa ditempat Anda adalah tersedia area parkir yang luas. Mereka tak perlu khawatir akan diletakkan dimana kendaraannya ketika mereka tidur atau ketika teman dan saudara mereka berkunjung. Sediakan area parkir yang cukup untuk banyaknya kamar kos yang Anda sewakan.

Area Terbuka

Area ini mungkin bukan yang utama, namun cukup baik bila Anda memikirkannya. Alasannya karna penghuni kos seumuran mahasiswa dan karyawan biasanya suka nongkrong, yang tentu merupakan hal wajar, khas naluri anak muda. Area terbuka di depan atau belakang bangunan atau mungkin di area rooftop bisa jadi tempat mereka refreshing dari segala tugas kuliah dan tuntutan kerja. Para penghuni kos bisa memanfaatkan area ini untuk sekedar kumpul, bercakap-cakap, belajar atau mengerjakan tugas kuliah bersama.

Selain berbagai poin diatas yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membangun kos, rupanya ketika sudah jadi Bapak/Ibu Kos, selain memiliki income dari uang sewa para penyewa kos, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mendapat income tambahan dari usaha lain. Misalnya dengan membuka usaha baru disekitar indekos Anda. Beberapa tempat usaha tersebut contohnya sebagai berikut:

– Jasa laundry
Usaha ini cocok karena meski anak kos terkesan irit, ada juga mereka yang memiliki uang lebih dan malas untuk harus mencuci pakaiannya sendiri. Ini menjadi peluang bagi Anda.

– Kedai kopi
Kedai kopi sering menjadi tempat favorit para anak kos saat malam. Sambil mengerjakan tugas kuliah, atau sekedar nongkrong, minuman pilihan mereka biasanya adalah kopi.

– Warung makan atau sekedar warung makan indomie
Selain tempat usaha diatas, warung indomie menjadi salah satu paling favorit. Alasannya satu, harganya yang murah. Warung makan indomie memang identik bagi para anak kos yang tak kunjung dikirimi uang saku oleh orangtua mereka atau yang belum sampai akhir bulan namun uang saku telah menipis.

– Toko alat tulis/foto copy, dsb
Toko alat tulis terutama foto copy-an dibutuhkan siapapun termasuk penghuni kos, disebabkan mereka yang mayoritas mahasiswa terkadang butuh menggandakan materi kuliah atau tugas-tugas yang diberikan dosen.

Diatas adalah contoh kecil saja, Anda bisa mencari ide usaha lain yang relevan dan memang dibutuhkan oleh kalangan mahasiswa dan karyawan. Nah itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk berinvestasi properti khususnya pada pembangunan investasi kos-kosan.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana bangunan kos tersebut akan dibangun, sebaiknya melakukan konsultasi pada ahlinya, misalnya berkonsultasi pada jasa kontraktor Jogja Reka Persada yang menyediakan konsultasi gratis dengan arsitek berpengalaman. Konsultasikan keinginan Anda terkait pembangunan rumah kos ini, mereka akan memberikan solusi terbaik bagi Anda.

Itulah artikel mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum terjun pada bisnis atau investasi properti khususnya investasi kos. Anda punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar ya.. Ingin bangun rumah, kos di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah, desain interior di Jogja dengan Arsitek Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

5 Thoughts on “Ingin Investasi Kos? Yuk Simak Hal Ini Sebelum Melakukannya”

  • Biasanya yang paling dicari berdasarkan lokasi, fasilitas & kebersihan, tentunya yang sepadan dengan harganya.
    Tp kalau syarat diatas udah terpenuhi, tapi tetap belum banyak peminatnya juga, bisa dipasarkan dgn berbagai cara cara, contohnya :
    1. Promo masuk ke kampus (pasang di papan pengumuman kampus, letakkan brosur di parkiran motor/mobil)
    2. Tp kalau tidak diperbolehkan iklan di kampus setidaknya taruh brosur di sekitaran kampus aja misalnya di warung makan/warmindo dekat kampus, tempat fotocopyan
    3. Kerjasama dengan warung/tetangga terdekat (dengan imbalan) biar mereka rekomendasiin kost-an mu ke calon penghuni kos, karena mahasiswa baru kan kadang cari kos dengan tanya ke warung/tetangga yang rumahnya dekat jalan.
    4. Iklan di instagram (by influencer di instagram)
    5. Kerjasama dengan penghuni kos yang sudah ada (dengan memberi bonus/hadiah bila ada temannya yang sewa kos krn mereka)

Leave a Reply

Your email address will not be published.