Cat Dinding Bergelembung

Hasil Cat Tidak Sempurna? Berikut Cara Memperbaikinya – Mengecat adalah kegiatan yang paling cepat dan paling murah untuk mengubah rumah menjadi sesuatu yang berbeda. Sekedar mengecatnya saja sudah bisa mengubah ruang lain, menyembunyikan kekurangannya, menonjolkan detail arsitektur dan lain sebagainya. Jika kamu mengikuti teknik dasar mengecat dinding rumah dengan benar, tentu hasil cat setidaknya cukup memuaskan. Namun meski demikian, kesalahan dan masalah tetap saja mungkin terjadi. Jika kamu mengalaminya, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan :

Hasil Cat Dinding Bergelembung
Hasil Cat Dinding Bergelembung | Gbr : bobvila.com

Hasil Cat Bergelembung
Dinding yang telah dicat hasilnya bergelembung cukup mengganggu bagi yang melihatnya. Hal ini terjadi ketika cat dasar terangkat dari permukaan. Penyebab bergelembungnya dinding ini biasanya karena dinding yang dicat belum sepenuhnya kering, artinya hal ini terkait dengan kelembaban yang menyebabkan cat tidak menempel sempurna yang mengakibatkan gelembung dan mudah terkelupas.

Cara Memperbaiki Dinding Bergelembung
Kikis dinding yang bergelembung, lalu amplas bagian tersebut hingga bersih dan rata lalu biarkan dinding sampai benar-benar kering. Oleskan plamur tipis saja, lalu keringkan. Kemudian cat seperti biasa seperti sebelumnya pada area yang bermasalah tadi dengan menggunakan cat dasar dan cat dinding warna yang sama dengan sebelumnya.

Hasil Cat Retak/Mengelupas
Saat melihat dinding dan terdapat retak rambut, sebaiknya jangan kamu abaikan. Retak rambut mungkin terlihat sepele namun akan semakin memburuk jika tidak diperbaiki. Retak ini dapat disebabkan oleh berbagai hal misalnya saat persiapan pengecatan tidak dilakukan dengan benar, bisa juga karena menggunakan cat yang tidak berkualitas sehingga cat tidak melekat dengan baik saat diaplikasikan ke dinding. Alasan lain juga bisa disebabkan oleh hal lain misalnya cat sudah tua (akan kadaluarsa), cat kering terlalu cepat, dan sebagainya. Untuk retak yang ekstrem biasanya disebabkan oleh lapisan cat kedua atau ketiga diaplikasikan sebelum lapisan awal benar-benar kering.

Cara Memperbaiki Cat Retak
Bersihkan retakan di tembok yang kadang terdapat debu dan sebagainya bisa dengan menggunakan benda tajam, kuas hingga vacuum cleaner. Tambal tembok yang retak dengan semen dan keringkan. Lalu amplas hingga halus dan lakukan pengecatan seperti sebelumnya.

Hasil Warna Cat Terlalu Tipis
Dinding akan terlihat indah jika dicat dengan warna yang tepat, namun warna cat ini akan terlihat maksimal jika teknik mengecatnya juga tepat. Salah satu kesalahan umum yang dilakukan saat mengecat adalah lapisannya terlalu tipis. Unt uk menghindari hal ini, pastikan kamu menggunakan kuas berkualitas yang dapat rapat dan merata saat digunakan. Pastikan juga untuk mengikuti instruksi pengaplikasian cat seperti yang tertera di wadahnya.

Memperbaiki Kesalahan Cat
Terkadang, kamu tak ingin mengecat keseluruhan ruangan namun hanya sedikit area saja, misalnya sekedar memperbaiki satu spot yang kamu rasa kurang. Itulah kenapa tak jarang kita melihat perbedaan yang mencolok antara warna cat pada dinding satu dengan lainnya. Hal ini tak masalah jika warna keduanya memang dimaksudkan berbeda karena seolah menjadi aksen. Namun bagaimana jika cat lama dan baru kamu maksudkan sama, hanya saja lupa seri warna cat terdahulu? Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggores cat lama sedikit saja, lalu serahkan contoh hasil cat ini ke toko cat yang sama saat kamu membelinya dulu.

Tetesan Cat Mengenai Interior
Tak hanya dinding terkait yang bisa mengalami kesalahan pengecatan, namun interior rumahmu-pun bisa menjadi korbannya. Hal ini disebabkan kamu tak cukup detail menjauhkan benda-benda dari area dinding yang dicat. Bisa juga karena cat belum kering namun furnitur sudah dimasukan kedalam rumah. Untuk mengatasinya, sebaiknya sesegera mungkin bersihkan cat yang terkena benda misalnya kursi selagi masih basah karena jika masih dalam tahap ini, cukup mengelapnya saja mungkin masalah sudah teratasi. Namun jika noda cat sudah kering, kamu bisa menggunakan aseton (cairan untuk menghapus cat kuku) yang dicampur air. Celupkan kain ke cairan tadi lalu usapkan kain ke area furnitur yang kena cat, lalu gunakan sikat dicampur detergen cair dan air hangat untuk menggosok area terkena noda, bilas dengan air hangat dan keringkan. Cara ini bisa kamu gunakan bila benda yang terkena cat berbahan kain. Akan berbeda jika yang terkena cat adalah bahan lain misalnya plastik, marmer dan sebagainya. Intinya sesuaikan bahan yang terkena noda dengan cairan pembersih yang cocok untuk bahan tersebut.

Sumber : freshome.com

Itulah artikel mengenai Hasil Cat Tidak Sempurna? Berikut Cara Memperbaikinya . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.